Keuangan

8 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Yang Sederhana Dan Efektif

Dengan mengetahui cara mengatur keuangan pribadi yang baik. Maka diri kita akan menjadi orang yang kaya di masa depan. Minimal kita bisa memiliki kondisi keuangan yang lebih baik.

Karena di dunia ini sebenarnya banyak orang yang pandai mencari uang. Namun sedikit orang yang pandai mengelola keuangan itu sendiri.

Mungkin sobat adalah salah satunya? Sebenarnya bisa mencari uang, bahkan sering punya banyak uang. Akan tetapi selalu habis karena tidak bisa mengaturnya dengan baik.

Jadi selain bisa menghasilkan uang, kita juga harus bisa mengelolanya secara baik. Agar uang tersebut berguna secara efektif, awet dan bahkan menjadikan diri kita lebih sukses lagi.

Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak Boros

cara mengatur keuangan pribadi
pic pixabay

Agar tidak boros, sobat perlu melakukan beberapa cara dalam mengatur keuangan pribadi yang baik dan benar. Beberapa cara tersebut akan kita bahas tuntas kali ini, antara lain sebagai berikut :

Berperilaku Hidup Hemat

Sebelum memikirkan cara mengatur keuangan yang baik. Kita harus bisa berperilaku hemat terlebih dahulu. Yakni bisa mengatur pengeluaran secara tepat. Mendahulukan kebutuhan pokok dan utamakan menyisihkan uang untuk menabung adalah hal yang paling penting.

1. Menekan pengeluaran yang tidak perlu

Untuk berhemat, yang pertama yang harus kita lakukan adalah menekan pengeluaran yang tidak perlu. Bukan berarti kita tidak boleh bersenang-senang dengan uang. Namun harus lebih memikirkan efektifitas dari setiap uang yang kita keluarkan.

Baca juga:  Google Adsense : Pengertian, Cara Daftar Dan Cara Menghasilkan Uang Dari Adsense

Contoh sederhana adalah mengurangi untuk pengeluaran yang tidak perlu. Seperti beli barang mewah berlebihan, makan makanan mahal yang berlebihan. Dan apapun itu yang berlebihan akan memberikan dampak yang tidak baik.

Anda bisa membuat penargetan yang tepat dalam setiap pengeluaran. Misalkan saja mengutamakan kebutuhan pokok dan menyisihkan uang untuk menabung.

2. Berpola hidup sederhana

Pola hidup yang sederhana adalah salah satu cara berhemat yang paling efektif. Yakni tidak bergaya hidup mewah dengan keuangan yang pas-pasan.

Dari cara kita makan sebenarnya sudah terlihat, apakah kita orang yang sederhana atau bermewah-mewahan. Dan makanan yang sehat justru kebanyakan memiliki harga murah. Jadi selain berhemat, kita juga bisa mengeluarkan uang hemat untuk kesehatan kita.

Jangan memaksakan diri untuk membeli sesuatu yang belum butuh. Dan hindari mengeluarkan banyak uang hanya karena gengsi, karena hal tersebut hanya akan merugikan diri kita sendiri di kemudian hari nanti.

3. Mengurangi kegiatan yang boros biaya

Tahukah sobat, banyak orang yang menjadi boros karena sering nongkrong dan melakukan banyak kegiatan yang tidak perlu. Dari sini kita bisa belajar, bahwa mengurangi kegiatan yang tidak penting membantu kita untuk lebih hemat.

Banyak orang yang uangnya sering habis karena hobi hang out, healing dan main bersama teman-temannya. Bukan berarti tidak boleh, namun kita harus menjadwalkannya secara tepat agar tidak melakukan pemborosan keuangan.

Perencanaan Keuangan

Setelah sobat sudah belajar untuk hemat, maka tahapan mengatur keuangan pribadi yang selanjutnya adalah membuat perencanaan keuangan yang jelas. Ini sangat penting, guna merencanakan semua pengeluaran kita lebih produktif di masa depan. Kita bisa mulai dengan 2 hal dibawah ini, antara lain :

Baca juga:  Menabung Atau Investasi, Lebih Penting Yang Mana Di Tahun 2022 ?

1. Membuat catatan keuangan pribadi

Yang pertama adalah membuat catatan keuangan pribadi, sobat bisa menuliskannya di sebuah buku atau notepad kalian. Sobat bisa merencanakan pengeluaran apa saja yang dibutuhkan di masa depan secara tepat.

Dengan membuat catatan keuangan ini, sobat akan melihat semua angka antara pemasukan dan pengeluaran. Dengan begitu akan mengetahui bagaimana alur keuangan serta melakukan evaluasi dengan baik.

2. Planning keuangan jangka pendek dan jangka panjang

Cobalah untuk membuat perencanaan keuangan untuk jangka pendek dan jangka panjang. Hal itu meliputi 2 hal yakni :

  • Target pengeluaran
  • Target menabung

Dengan menargetkan kedua hal diatas, keuangan sobat akan menjadi lebih teratur. Terutama jika sobat mampu disiplin menepati target menabung yang sudah ditetapkan.

Berusaha Rajin Menabung Dan Investasi

Belajar untuk rajin menabung dan investasi merupakan cara mengatur keuangan pribadi yang sangat efektif. Karena kita akan dipaksa untuk lebih disiplin dalam mengelola keuangan.

Sobat bisa rencanakan menabung dan investasi secara rutin. Bisa dijadwalkan setiap seminggu sekali, atau setiap sebulan sekali saat gajian. Dengan menabung dan investasi wajib akan sangat membantu sobat. Karena sobat akan lebih teratur dalam menyisihkan uang secara rutin.

Disiplin adalah kunci sukses dalam mengatur keuangan pribadi. Disiplin dalam berperilaku hemat, membuat rencana keuangan yang tepat dan juga melakukannya secara konsisten.

Intinya itu saja sobat bagaimana cara mengatur keuangan pribadi yang baik. Jika sobat mampu melakukan beberapa hal diatas, maka sobat akan memiliki kondisi keuangan yang lebih baik di masa depan. Cukup sekian informasi kali ini, semoga bisa memberikan manfaat dan salam sukses dari admin prayoga.id.

Baca juga :

Baca juga:  5 Cara Menambah Saldo Rekening Tanpa Menabung

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button