Keuangan

8 Dampak Negatif Gaya Hidup Boros Yang Merugikan Diri Sendiri

Memiliki gaya hidup boros akan memberikan banyak sekali dampak negatif. Yang paling parah adalah miskin uang di masa depan juga menderita di hari tua.

Ini adalah sebuah hal yang perlu Anda perhatikan dengan baik apabila masih punya kebiasaan hidup boros. Yakni akan mengalami beberapa kerugian bagi diri sendiri bahkan untuk orang disekitar kita.

Yang namanya keuangan, akan terus bertumbuh apabila pandai mengelolanya. Namun ketika berperilaku boros, maka uang sebanyak apapun tidak akan bisa berfungsi secara efektif, bahkan bisa menyusahkan pemiliknya.

Memahami Apa Itu Perilaku Hidup Boros

Perilaku boros adalah sebuah tindakan mengeluarkan uang berlebihan, bahkan tidak sewajarnya untuk sesuatu yang tidak begitu penting. Perilaku boros adalah tidak bisa mengatur pengeluaran sesuai dengan pemasukan dan kebutuhan yang dimiliki.

Boros adalah mengeluarkan uang tidak sesuai dengan porsinya atau berlebihan. Namun tidak semua yang mahal itu boros asalkan mengerti kegunaan dan juga menggunakan porsi pengeluaran dengan tepat.

Contoh :

Ahsan memiliki gaji 20 juta perbulan, untuk biaya hidup sebulan mengeluarkan uang 3 juta rupiah. Sedangkan Ali memiliki gaji 5 juta perbulan, untuk biaya hidup sebulan mengeluarkan uang 2.5 juta rupiah.

Meskipun Ali mengeluarkan uang jauh lebih sedikit, tapi Ahsan adalah orang yang lebih hemat. Karena dia hanya menggunakan uang gaji sebesar 15% untuk biaya hidup. Sedangkan Ali menggunakan total 50% untuk biaya hidup dari gaji yang didapatkan.

Disini bisa sobat artikan bahwa boros adalah masalah prosentase penggunaan uang yang tidak tepat, bukan masalah nominalnya.

Gimana cara sobat mengatur uang? Apakah sudah benar? Kalau belum, Yuk simak disini :

  • Cara mengatur keuangan pribadi
  • Cara mengatur keuangan rumah tangga, agar sobat tidak salah atur dan justru menjadi orang yang boros.
Baca juga:  5 Cara Menambah Saldo Rekening Tanpa Menabung

Dampak Negatif Gaya Hidup Boros

dampak negatif gaya hidup boros
dampak negatif gaya hidup boros

Orang yang berperilaku hidup boros, bisa jadi karena sengaja untuk boros. Sebagian karena mereka tidak terbiasa hidup hemat atau bahkan tidak tahu cara untuk hidup hemat. Apapun itu, hidup boros memiliki beberapa dampak negatif yang ditimbulkan antara lain sebagai berikut :

1. Hidup Boros Pangkal Miskin

Sebuah pepatah mengatakah bahwa hemat pangkal kaya sedangkan boros adalah pangkal miskin. Hal ini adalah benar adanya, yakni perilaku hidup boros bisa menjadikan orang miskin.

Seberapa banyak uang kita, kalau kita boros maka akan habis juga. Bahkan sebanyak apapun uang kita, bisa jadi miskin di kemudian hari kalau berperilaku boros.

Sebelumnya pernah kita bahas mengenai gaji besar tapi selalu kurang. Dan salah satunya karena hal ini, yakni boros. Seberapapun besar gaji Anda, maka akan selalu kekurangan apabila tidak bisa mengatur keuangan dengan baik.

Di kehidupan nyata juga sering kita temukan. Orang yang tadinya kaya raya dan berubah menjadi miskin, dan salah satu faktornya karena mereka tidak bisa berperilaku hemat saat memegang banyak uang.

2. Gagal Dalam Mencapai Impian

Mungkin banyak diantara sobat yang memiliki impian seperti mempunyai rumah sendiri, bisa membeli mobil, naik haji dan beberapa impian besar lainnya. Kalau kita berperilaku boros pastilah gagal untuk mencapai impian-impian tersebut.

Hanya karena kita tidak bisa menahan nafsu sesaat untuk makan enak-enak, belanja barang branded. Justru mengorbankan impian besar yang kita miliki di masa depan.

Bukan berarti tidak boleh mengeluarkan uang untuk memanjakan diri. Akan tetapi harus tahu porsi pengeluaran yang tepat agar tidak membatalkan hal penting seperti impian kita di masa depan.

3. Hari Tua Yang Menderita

Hari tua adalah hari dimana kita tidak bisa bekerja lagi. Enak kalau kita mendapatkan uang pensiun tiap bulan seperti Pegawai Negeri. Tapi, kalau kita pekerja biasa dan tidak memiliki jaminan hari tua apapun. Apa yang akan terjadi?

Baca juga:  8 Cara Investasi Tanpa Modal Hasil Jutaan Rupiah

Kalau kita rajin menabung dari sekarang, akan membuat keuangan hari tua kita lebih baik. Namun sebaliknya, kalau kita berperilaku boros terus menerus, maka akan menjadikan kita menderita di masa depan.

Banyak orang yang sudah tua namun harus terus banting tulang. Sebagian karena mereka tidak tahu bagaimana cara berhemat di masa lalu agar tidak perlu bekerja di hari tua.

4. Selalu Merasa Kurang

Orang yang terbiasa berperilaku boros hidupnya tidak akan tenang. Bahkan selalu merasa kurang dan tidak pernah puas. Hal seperti ini tentu akan membuat hidup Anda tidak nyaman.

Bisa dikatakan juga kalau orang yang terbiasa boros menjadi kurang bersyukur. Karena maunya beli lagi dan lagi, belanja lagi, keluar uang lagi dan lagi.

Orang yang terbiasa hidup hemat tentu hidupnya akan lebih tenang karena merasa puas dan cukup. Ketika membeli sesuatu ya seperlunya saja, tidak berlebihan dan sesuai dengan kepentingan.

5. Merugikan Diri Sendiri Dan Orang Disekitar

Tentu saja semua dampak negatif dari perilaku hidup boros akan merugikan diri kita sendiri. Bahkan lebih parahnya bisa merugikan orang lain di sekitar kita.

Untuk yang hidup sendirian tentu tidak berdampak ke orang lain. Namun bagi seorang kepala rumah tangga atau ibu rumah tangga yang boros bisa merugikan satu keluarga.

Bahkan bagi seorang anak pun begitu, kalau seorang anak berperilaku boros bisa merugikan keluarga dan orang tuanya.

Bagi seorang karyawan atau pelaku usaha pun sama. Ketika tidak mampu berperilaku hemat bisa berdampak pada usaha dan orang lain yang terkait. Jadi, dampak negatif dari perilaku hidup boros ini sangat besar.

6. Orang Boros Bisa Mempunyai Banyak Hutang

Karena sudah terbiasa hidup boros dan tidak bisa mengendalikan diri, maka orang boros berpotensi memiliki banyak hutang. Bahkan hutang untuk keperluan yang tidak produktif.

Baca juga:  Menabung Atau Investasi, Lebih Penting Yang Mana Di Tahun 2022 ?

Tahukah sobat kalau salah satu kebahagiaan hidup sejati adalah tidak dikejar-kejar oleh hutang. Tidak terlilit hutang yang bikin pusing kepala setiap hari. Jadi, hindari perilaku boros karena bisa menimbulkan hutang yang tidak produktif.

Hutang tentu boleh dilakukan asal tujuannya jelas untuk usaha dan sejenisnya. Tapi hutang karena kehabisan uang dampak dari kita boros, sebenarnya cukup keterlaluan.

7. Bahaya Tidak Ada Dana Darurat

Salah satu dampak negatif yang paling buruk dari perilaku hidup boros adalah tidak memiliki dana darurat. Saat sakit, saat ada keperluan mendadak dan penting, tidak memiliki cadangan uang yang mencukupi.

Seperti kita tahu bersama, dalam hidup selalu muncul kebutuhan yang tidak terduga. Apalagi hal tersebut berhubungan dengan musibah. Dan disinilah manfaat kita berhemat, yakni untuk memiliki dana darurat agar sewaktu-waktu bisa digunakan dengan baik.

8. Tidak Memiliki Kemampuan Mengendalikan Diri

Tahukah sobat kalau kebiasaan yang kita lakukan akan membentuk karakter dan sifat dalam diri kita. Kita berperilaku hemat atau boros juga akan membentuk karakter masing-masing.

Bagi orang yang terbiasa hidup boros akan lebih sulit dalam mengontrol diri mereka. Awalnya hanya tidak bisa mengontrol diri dalam pengeluaran, semakin lama tidak bisa mengontrol diri dalam banyak hal.

Karena boros juga berhubungan dengan nafsu, jika nafsu yang buruk dibiarkan berkembang. Maka akan membawa sifat buruk lain pada diri kita.

Jika kita berlatih hemat, sama dengan berlatih menahan diri dan berlaku semestinya. Yang mampu membuat diri kita memiliki pengendalian diri yang bagus dalam segala hal.

Kesimpulannya, ada banyak sekali dampak negatif dari perilaku hidup boros bagi diri kita. Dan kita harus berusaha menjauhi hal tersebut agar tidak merugi di masa depan. Semoga informasi ini memberikan manfaat dan salam sukses dari admin prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button