Bisnis

Bisnis Untuk Pelajar SMP Yang Bisa Jadi Sambilan

Bisnis untuk pelajar SMP, apakah ada? Jawabannya tentu saja ada. Apalagi saat ini zaman semakin berkembang. Dunia bisnis pun ikut berkembang luas. Bisnis sudah tak lagi untuk kalangan tertentu. Bisnis sudah merambah dunia anak kecil.

Benarkah demikian? Secara tidak sadar, saat ini sudak banyak anak2 yang berbisnis dan memiliki penghasilan sendiri. Dengan penghasilannya mereka bisa membantu meringankan beban orang tuanya. Lalu apa saja jenis bisnis tersebut? Simak ulasan ini sampai selesai.

Peluang Bisnis Untuk Pelajar SMP Yang Bisa Jadi Sambilan

Bisnis untuk pelajar smp
Bisnis untuk pelajar smp

Sebenarnya seorang anak yang berumur di bawah 18 tahun tidak boleh melakukan pekerjaan apapun. Mereka harus mengutamakan sekolah dan pelajaran terlebih dahulu. Namun tak dapat dipungkiri, keadaan sering tak sesuai dengan harapan. Anak-anak di bawah umur tetap saja bekerja dengan alasan membantu orang tua.

Jika anak yang masih di bawah umur ini bekerja, sebaiknya mereka harus memilih pekerjaan yang tak mengganggu waktu belajarnya. Seperti halnya seorang pelajar SMP. Ada beberapa bisnis untuk pelajar SMP tanpa modal, sehingga para pelajar ini bisa mengerjakannya tanpa harus khawatir masalah dana.

Beberapa contoh bisnis untuk pelajar SMP yang tanpa modal ini misalnya menerima jasa ketik. Atau bisa juga membuka les untuk anak SD. Lalu bagaimana bagi pelajar SMP yang punya otak pas-pasan. Otomatis tidak bisa memberikan bimbingan belajar pada anak SD.

Di google masih banyak contoh bisnis untuk anak SMP yang bisa dicoba. Beberapa bisnis tersebut antara lain:

  1. Menjadi Reseller 

Reseller merupakan bisnis yang cocok untuk pelajar SMP. Tugas reseller yang cukup mudah akan membuat para pelajar ini melakukan pekerjaan tanpa khawatir mengganggu waktu belajar. Selain itu peluang usaha reseller ini juga tak membutuhkan modal. 

Baca juga:  8 Perbedaan Pemasaran Luring dan Bisnis Online, Wajib Tahu

Karena itu bisnis reseller untuk anak SMP merupakan bisnis yang pas bagi pelajar SMP yang ingin memiliki penghasilan sendiri. Untuk menjadi seorang reseller, sang pelajar SMP ini hanya perlu mencari agen atau penjual produk yang mau bekerja sama. 

Dalam hal ini, pelajar SMP bisa membantu menjualkan produk dari agen tanpa mengeluarkan modal sama sekali. Caranya adalah dengan melakukan promo secara online.

Ketika ada pembeli datang, maka si pelajar hanya perlu menghubungi agen lalu mengambil barang dan mengirimkannya pada pembeli. Perolehan keuntungan berasal dari selisih penjualan antara harga agen dan harga reseller.

  1. Jual Pulsa

Bisnis untuk pelajar SMP yang kedua adalah menjual pulsa. Usaha ini memang perlu modal namun tidak besar. Si pelajar bisa memanfaatkan ponselnya untuk menjual pulsa. Mulailah dengan target pembeli yang dekat dahulu. Misalnya teman sekolah, keluarga dan tetangga sekitar rumah.

Pastikan semua pelanggan ini membayar pulsanya dengan benar. Jangan sampai ada yang beli pulsa dengan menganut paham beli sekarang bayar nanti. Bila ini terjadi maka bisnis tidak akan berkembang.

  1. Bisnis Untuk Pelajar SMP Yakni Menjual Camilan

Seorang pelajar SMP juga bisa memilih bisnis menjual makanan ringan atau camilan. Misalnya saja menjual cemilan yang bahan dasarnya dari singkong seperti tela-tela atau kripik. Atau yang berbahan tepung kanji seperti cilok. Bahan untuk camilan ini tidak mahal dan proses membuatnya juga mudah.

Untuk menjual produk ini, pelajar SMP bisa memanfaatkan ponselnya. Caranya adalah dengan melakukan promosi lewat WA, facebook atau media sosial lainnya. Setelah melakukan promo selanjutnya bisa lakukan open order. Ini juga merupakan contoh bisnis online untuk pelajar SMP. 

  1. Menjadi Youtuber Atau Content Creator

Bila pelajar SMP memiliki kemampuan berbicara dan punya kepercayaan diri yang tinggi, ada satu lagi bisnis yang layak mereka coba. Contohnya adalah menjadi youtuber atau content creator.

Bisnis ini memang memerlukan modal seperti koneksi internet dan lainnya. Namun jika berhasil, bisnis ini bisa memberikan keuntungan yang sangat luar biasa. Bila ingin mencoba bisnis ini, tak perlu memiliki fasilitas lengkap saat memulai. Sebaiknya mulailah dengan perlengkapan seadanya. 

Baca juga:  Pahami 12 Resiko Bisnis Sarang Burung Walet Sebelum Memulainya

Seperti, gunakan saja ponsel untuk membuat konten. Lalu post di media sosial atau youtube. Ingatlah untuk memilih konten yang kreatif dan bermanfaat. Sehingga para penonton akan mendapatkan manfaat dari konten tersebut.

Saat ini youtuber merupakan profesi yang menjanjikan. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun sudah banyak yang mencoba menjalani profesi ini. Konten youtube yang biasanya mereka pilih adalah bermain game online.

  1. Membuat Souvenir Atau Kerajinan Tangan

Bagi pelajar SMP yang kreatif, bisa mencoba membuat souvenir atau kerajinan tangan. Gunakan bahan yang murah meriah untuk membuat kerajinan ini. Misalnya adalah sedotan. Atau bisa juga memanfaatkan barang bekas seperti stik es krim, kardus bekas atau kantong plastik bekas warna warni.

Semua bahan untuk membuat souvenir atau kerajinan tangan ini tersedia di mana-mana. Jadi bila ingin melakukan bisnis tersebut, cobalah salah satu dari usaha ini.

Sejatinya seorang pelajar tidak boleh melakukan pekerjaan jika masih terhitung sebagai anak-anak. Namun pada kenyataannya ada beberapa hal yang tak bisa para pelajar ini hindari. Seperti keterbatasan ekonomi orang tuanya sehingga memaksanya melakukan pekerjaan sambilan. 

Poin penting adalah para pelajar ini melakukan pekerjaan mereka tanpa mengganggu proses belajarnya. Demikianlah ulasan mengenai bisnis untuk pelajar SMP. Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih. Salam sukses dari blog Cara Menghasilkan Uang Dari Internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button