Bisnis

Ini Dia Beberapa Aspek Ekonomi Dalam Studi Kelayakan Bisnis

Aspek ekonomi dalam studi kelayakan bisnis mempunyai peran yang sangat penting. Hal itu karena bisa mengetahui pengaruh proyek yang sedang pengusaha jalankan ke masyarakat setempat.

Jika ingin tahu lebih lanjut mengenai seberapa pentingnya aspek ekonomi ini, maka silakan simak penjelasan berikut. Dalam artikel ini akan menguraikan peran penting tersebut dengan mengungkapkan berbagai dampaknya dan hal terkait lainnya.

Pentingnya Aspek Ekonomi dalam Studi Kelayakan Bisnis

aspek ekonomi dalam studi kelayakan bisnis
aspek ekonomi dalam studi kelayakan bisnis

Kemungkinan sebagian besar pengusaha masih asing dengan istilah studi kelayakan bisnis. Padahal hal ini sangat penting karena berperan besar dalam kesuksesan bisnis nantinya. Maka dari itu, ketahui lebih dalam mengenai hal ini, terutama dalam aspek ekonominya.

Studi kelayakan bisnis sendiri merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk dapat menentukan apakah bisnis tersebut layak berlanjut atau tidak. Kegiatan tersebut terdiri dari identifikasi masalah, peluang, menilai berbagai manfaat, menentukan tujuan, dan lainnya.

Dengan begitu, pengusaha bisa mengambil keputusan yang tepat dan dapat menghindarkannya dari kerugian. Tujuan dari studi kelayakan bisnis sendiri ialah supaya bisa mengetahui keunggulan dan kelemahan proyek secara objektif dan rasional.

Selain itu, juga untuk mengetahui dampaknya terhadap masyarakat setempat, lingkungan, dan lain sebagainya. Sedangkan, aspek ekonomi dalam studi kelayakan bisnis berperan penting karena dapat mengetahui bagaimana perusahaan berkembang.

Tentu hal tersebut akan memberikan dampak yang positif pada pendapatan yang pengusaha peroleh. Tidak hanya itu dampak aspek ekonomi dan sosial dalam studi kelayakan bisnis. Akan tetapi ada beberapa hal lainnya seperti pada daftar berikut.

Baca juga:  9 Rekomendasi Bisnis Pelajar Modal 10k yang Mempunyai Keuntungan Besar

Proyek atau Usaha

Dengan adanya proyek atau usaha yang dijalankan, maka akan memiliki dampak yang cukup positif. Terutama pada lingkungan dan masyarakat yang ada di sekitarnya. Berikut salah satu dampak positif tersebut.

Terbukanya kesempatan lapangan pekerjaan untuk masyarakat sehingga bisa mengurangi jumlah pengangguran.
Adanya sarana dan prasarana umum. Jadi, nantinya bisa berguna untuk masyarakat dan juga pemerintah. Sarana dan prasarana tersebut bisa berupa jalan raya, sekolah, listrik, masjid dan lain sebagainya.

Tersedianya berbagai produk barang atau jasa di masyarakat. Dengan begitu, bisa meningkatkan persaingan untuk menciptakan serta memenuhi kebutuhan masyarakat.

Baca juga : peluang usaha menjanjikan

Sumber Daya Alam

Sebuah bisnis terkadang ada memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitar. Dengan begitu, akan bisa memakmurkan lingkungan yang sehingga menjadi bermanfaat. Biasanya yang dilakukan adalah menggali, mengatur, serta menggunakan sumber daya alam tersebut. Dalam hal ini akan memberikan dampak sebagai berikut.

  • Penggunaan lahan yang efisien dan juga efektif.
  • Bisa meningkatkan nilai tambah sumber daya alam.
  • Membangkitkan lahan tidur.
  • Perekonomian Pemerintah

Aspek ekonomi dalam studi kelayakan bisnis ternyata juga berperan penting pada peningkatan perekonomian pemerintah. Berikut beberapa dampak positifnya.

  • Menambah peluang dan kesempatan kerja untuk masyarakat.
  • Pemerataan pendistribusian pendapatan.
  • Meningkatkan devisa negara.
  • Memperoleh pendapatan berupa pajak. Asalnya pendapatan tersebut dari sumber-sumber yang perusahaan kelola.
  • Pengembangan Wilayah

Semakin lama berjalannya bisnis, tentu pengusaha ingin mengembangkan bisnisnya. Manfaat aspek ekonomi dalam studi kelayakan bisnis dalam hal ini adalah bisa meningkatkan pemerataan bangunan. Namun, dengan prioritas wilayah tertentu atau daerah yang menjadi cabang bisnis tersebut.

Selain itu, juga bisa membuka isolasi wilayah serta cakrawala pemikiran masyarakat dengan adanya pembangunan tersebut. Jadi, masyarakat akan bertambah pengetahuannya dan sebagian kebutuhan bisa terpenuhi dengan adanya produk dari bisnis tersebut.

Baca juga:  7 Cara Usaha Laundry Kiloan Untuk Pemula (Modal Kecil)

Aspek ekonomi tidak hanya memberikan dampak positif, melainkan juga bisa menimbulkan dampak negatif. Diantaranya adalah ketika terlalu berlebihan dalam mengeksploitasi sumber daya alam. Selain itu, juga saat banyaknya pekerja dari luar sehingga membuat peluang untuk masyarakat sekitar menipis.

Hal-Hal yang Perlu Dianalisis dalam Aspek Ekonomi

Riset pasar merupakan salah satu bagian penting pada aspek ekonomi dalam studi kelayakan bisnis. Hal itu karena bisa meneliti potensi pasar dari sebuah produk atau jasa yang akan pengusaha hasilkan dari proyek.

Jika potensi pasarnya tidak cukup besar, maka proyek tersebut bisa batal. Namun, biasanya studi pasar akan menilai seberapa besar potensi penjualan produk serta potensi pangsa pasar. Hasil dari studi kelayakan ialah laporan kelayakan.

Isinya berupa kriteria evaluasi, temuan studi, dan rekomendasi. Dari laporan tersebut, maka pengusaha bisa menganalisis beberapa hal pada aspek ekonomi dalam studi kelayakan bisnis ini. Berikut akan menjelaskan poin-poinnya secara terperinci sehingga akan mudah memahaminya.

Rencana Pembangunan

Analisis memang perlu pengusaha lakukan mulai tahap awal atau tahap perencanaan. Hal tersebut guna mendapatkan beberapa tujuan berikut.

  • Bisa memberikan kesempatan kerja untuk masyarakat.
  • Memakai sumber daya lokal.
  • Menghasilkan dan menghemat devisa.
  • Menyediakan kebutuhan konsumen.
  • Menumbuhkan industri lain.
  • Menambah pendapatan nasional.
  • Distribusi Nilai Tambah

Maksud dari poin ini adalah supaya proyek yang pengusaha bangun mempunyai nilai tambah. Namun, nilai tambah tersebut sebaiknya menghitungnya secara kuantitatif. Jika ingin lebih mudah perhitungannya, maka bisa mengasumsikan bahwa proyek bisa berproduksi dengan kapasitas normal.

Investasi Setiap Tenaga Kerja

Hal ini perlu pengusaha analisis karena bisa mengetahui apakah proyek tersebut mampu meningkat kesempatan kerja atau tidak. Cara mengukurnya adalah dengan melihat berbagai investasi yang ada, baik pada segi modal atau tenaga kerja.

Baca juga:  Cara Jual Foto Dapat Uang Di Internet Dengan 10 Aplikasi Berikut Ini

Hambatan di Bidang Ekonomi

Contoh aspek ekonomi dalam studi kelayakan bisnis adalah seperti investasi, pendapatan, dan lainnya yang berkaitan dengan ekonomi. Menjalani hal-hal tersebut tentu ada hambatan-hambatannya. Maka dari itu, perlu pengusaha ketahui lebih lanjut supaya bisa membuat strategi yang lebih baik. Berikut daftarnya.

Izin usaha dan legalitas lainnya yang dapat mendukung suatu bisnis. Selain itu, juga yang berkaitan dengan pajak. Hal itu karena badan usaha biasanya juga akan pemerintah tetapkan sebagai sesuatu yang wajib bayar pajak.

Pertumbuhan penduduk suatu daerah juga bisa berpengaruh. Hal itu bisa terlihat dari jumlah tenaga kerja yang tersedia. Silakan analisis dari perbedaan gender, tingkat pendidikan, dan umur produktif.

Adanya bisnis baru, tentu mengharapkan tumbuh industri pendukung yang lebih baik. Baik itu yang berhubungan dengan bahan baku atau sebagai respon positif terlaksananya kegiatan ekonomi pada daerah tersebut.
Kurs Valuta Asing. Pengertian Kurs Valuta Asing sendiri merupakan nilai tukar mata uang Asing dengan mata uang yang negara pakai. Misalnya dari dollar ke rupiah dan lain sebagainya.

Penganggaran pembangunan. Jika hal ini bermasalah, maka perjalanan bisnis bisa terganggu. Hal itu karena pengangguran pembangunan merupakan perencanaan keuangan, biasanya untuk proses pembangunan di suatu wilayah.

Perdagangan luar negeri yang rendah. Penyebab hal ini biasanya karena negara terlalu mengandalkan ekspor bahan mentah yang memiliki elastisitas penawaran. Jika hal ini berlaku dalam jangka panjang, maka bisa mengakibatkan kerugian.

Neraca Pembayaran. Ini merupakan suatu laporan keuangan terkait informasi keadaan posisi keuangan untuk memenuhi aktivitas. Perbandingannya adalah tingkat jumlah kepemilikan dan jumlah kewajiban.

Itulah penjelasan mengenai seberapa pentingnya aspek ekonomi dalam studi kelayakan bisnis. Jadi, dari dampaknya saja sudah terlihat bahwa banyak poin positif yang bisa pengusaha dan orang sekitar dapatkan. Salam sukses dari prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button