Cryptocurrency

Belajar Investasi Dari Nol Untuk Pemula

Belajar Investasi Dari Nol – Menyimpan uang dalam bentuk investasi sangat penting untuk kita lakukan sejak dini. Karena dengan begitu kita lebih cepat tanggap dalam mempersiapkan kondisi keuangan kita di masa depan nanti. Investasi bisa kita mulai sekarang juga, dengan modal yang kecil dan dari tempat sobat berada sekarang. Apalagi sekarang semuanya sudah bisa diakses secara online. Jadi investasi bahkan berada di jari sobat semuanya karena bisa langsung dilakukan dari handphone.

Tunggu dulu, sebelum kita melangkah lebih jauh, barangkali sobat disini masih pemula. Bahkan ada yang masih awam mengenai dunia investasi. Maka sobat bisa melakukan pembelajaran terlebih dahulu dengan baik. Karena tentu saja di dalam investasi akan ada resiko yang perlu sobat ketahui. Untuk belajar investasi dari nol sobat bisa menyimak materi pada kesempatan kali ini sampai dengan selesai.

Belajar Investasi Dari Nol Untuk Pemula

belajar investasi dari nol
belajar investasi dari nol

Belajar melakukan investasi dari nol untuk pemula bukanlah hal yang sulit. Disini saya akan menjelaskan beberapa hal yang berkaitan dengan investasi. Dan disini saya juga sudah merangkum beberapa pertanyaan yang sering diajukan dari seorang pemula. Beberapa hal penting tersebut antara lain :

1. Apa Itu Investasi?

Investasi adalah kegiatan menyimpan uang sekaligus menanam modal agar mendapatkan keuntungan atau return. Investasi sebenarnya hampir sama dengan menabung. Bedanya ketika kita melakukan investasi juga sekaligus membuat uang kita berkembang.

Baca juga:  6 Aplikasi Investasi Emas Terdaftar Di OJK

Investasi adalah kegiatan menanam modal pada instrumen investasi tertentu agar mendapatkan keuntungan. Yakni dengan membeli sebuah produk investasi yang kemudian hari kita jual jika sudah mendapatkan keuntungan atau return.

Sampai disini pasti sobat sudah memiliki gambaran bagaimana sebuah investasi bekerja. Jadi kita membiarkan uang kita untuk menghasilkan uang lebih untuk kita. Dengan arti lain membiarkan uang bekerja untuk diri kita.

2. Apakah Ada Resiko Dalam Investasi?

Perlu sobat ketahui, dalam investasi ada keuntungan dan juga ada resikonya. Jika produk atau instrumen investasi sobat mengalami kenaikan harga maka akan mendapatkan keuntungan. Sebaliknya jika produk atau instrumen investasi kita mengalami penurunan harga maka kita akan mengalami kerugian.

Maka dari itu penting untuk belajar investasi dengan baik dan benar. Dengan tujuan bisa mempunyai pertimbangan yang matang. Serta kemudian kita bisa menganalisa dan menemukan sebuah investasi yang menguntungkan serta rendah resiko.

3. Apa Saja Jenis-jenis Investasi?

Baiklah, sebagai gambaran saya disini akan menjelaskan beberapa jenis investasi yang ada di Indonesia. Beberapa jenis investasi tersebut antara lain :

  • Investasi Reksadana
  • Investasi Saham
  • Investasi Emas / Logam Mulia
  • Investasi Obligasi
  • Investasi Deposito Berjangka
  • Investasi Properti
  • Investasi Asuransi
  • Investasi Peer To Peer Landing

Untuk pembahasan lengkap mengenai jenis jenis investasi silahkan simak materi : Mengenal jenis-jenis investasi.

4. Dimana Bisa Melakukan Investasi?

Lalu dimakah kita bisa melakukan investasi? Menjawab pertanyaan tersebut, sekarang investasi sudah serba mudah. Melakukan investasi sudah bisa diakses secara online. Banyak aplikasi investasi online yang bisa kita gunakan untuk melakukan investasi. Jadi sobat tidak perlu bingung untuk dimana saja bisa melakukan investasi, karena investasi bisa sobat lakukan langsung dari handphone yang sobat miliki.

Baca juga:  FUD Crypto Adalah : Pengertian Dan Cara Menyikapinya

Untuk mengetahui daftar aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan investasi secara online, sobat bisa simak materi : Aplikasi Investasi Online.

5. Kapan Kita Bisa Mulai Berinvestasi?

Pertanyaan lain lagi muncul, yakni kapan bisa mulai melakukan investasi? Kalau hal ini sebenarnya menyesuaikan dengan kondisi keuangan sobat. Namun saya bisa bilang kalau investasi lebih cepat dimulai akan lebih baik. Lagi pula sekarang semuanya serba praktis dan murah. Jadi tidak ada alasan untuk menunda-nunda melakukan investasi.

6. Berapa Modal Untuk Melakukan Investasi?

Pertanyaan selanjutnya adalah berapa modal untuk melakukan investasi? Ini yang kadang masyarakat awam belum paham. Banyak yang masih mengira kalau melakukan investasi harus bermodal besar. Banyak yang mengira harus memiliki modal jutaan, puluhan juta dan ratusan juta.

Padahal melakukan investasi bisa kita mulai dengan modal kecil. Misalkan saja sobat memiliki gaji UMR, maka bisa melakukan investasi mulai dari modal ratusan ribu rupiah saja. Bahkan ada beberapa instrumen investasi khusus yang hanya perlu modal puluhan ribu rupiah saja.

7. Bagaimana Cara Memulai Investasi?

Sekarang kita akan mulai bahas mengenai bagaimana cara memulai investasi. Ini nantinya akan berhubungan dengan masalah teknis yang akan saya bahas detailnya dalam materi yang terpisah. Namun secara garis besarnya mengenai cara memulai investasi bisa meyimak beberapa langkah dibawah ini :

  • Menentukan tujuan melakukan investasi
  • Membuat perencanaan keuangan
  • Memilih jenis dan instrumen investasi
  • Memilih platform investasi
  • Mulai mendaftar dan melakukan investasi

Kemudian didalam melakukan investasi secara berkala atau rutin, pastinya ada godaan dan halangan. Jadi disitulah tantangan untuk kita tetap menjadi konsisten dengan tujuan awal kita dalam melakukan investasi. Agar di kemudian hari kita benar-benar akan merasakan yang namanya manfaat investasi dan bisa menikmati hasilnya.

Baca juga:  Petinggi EAEU Mendorong BRICS dan SCO Menggunakan Mata Uang Digital Bersama

Demikian sobat materi dasar yang dapat saya sampaikan mengenai belajar investasi dari nol untuk seorang pemula. Dan semoga informasi ini bisa memberikan manfaat untuk sobat semuanya. Kemudian saya ucapkan terima kasih buat sobat yang sudah berkunjung di blog prayoga.id.

Download modul belajar investasi dari nol : Download Modul Belajar Investasi Pemula

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button