Cryptocurrency

9 Jenis Investasi Yang Menguntungkan Di Indonesia Yang Perlu Kamu Tahu

Investasi yang menguntungkan – Jika sobat sudah mulai belajar mengenai dunia investasi saat ini. Maka saat ini juga sobat sedang mempersiapkan kondisi keuangan yang baik di masa depan. Karena dengan upaya investasi inilah salah satu upaya yang tepat untuk mensejahterakan keuangan kita dimasa depan. Kemudian belajar investasi juga harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Agar sobat semua tidak salah jalan, dan benar-benar bisa menghasilkan di kemudian hari nanti.

Investasi adalah sebuah kegiatan membeli produk atau instrumen investasi tertentu demi mendapatkan return atau keuntungan. Jadi sampai disini berarti sobat harus mengenal dulu semua instrumen investasi yang ada. Dari situlah kemudian sobat bisa membandingkan dan kemudian memilih jenis investasi yang terbaik. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa jenis investasi yang paling populer dan menguntungkan di Indonesia untuk sobatku semuanya.

9 Jenis Investasi Yang Menguntungkan Di Indonesia

investasi yang menguntungkan
investasi yang menguntungkan

Ada beberapa jenis dan instrumen investasi yang populer di Indonesia. Ini menjadi populer karena memang sudah banyak yang merasakan keuntungan yang bagus dari jenis-jenis investasi tersebut. Baiklah untuk jenis dan instrumen investasi tersebut antara lain :

1. Investasi Reksadana

Investasi reksadana adalah melakukan investasi kepada pihak perusahaan manajer investasi. Ketika kita melakukan investasi rekasadana berarti tidak melakukan pembelian investasi secara langsung. Melainkan uang yang kita investasikan akan dikelola oleh manajer investasi untuk melakukan pembelian investasi.

Baca juga:  5 Penyebab Kegagalan Investasi Crypto Pemula Yang Sering Terjadi

Investasi reksadana akan cocok untuk seorang investor pemula. Karena melakukan investasi reksadana tidak perlu memilih sendiri untuk produk investasi yang kita dapatkan. Kita akan dipilihkan oleh pihak manajer investasi yang sudah berpengalaman. Kemudian untuk bisa melakukan investasi reksadana juga modalnya lebih murah sehingga bisa dimulai siapapun dengan modal rendah.

2. Investasi Saham

Jenis investasi yang selanjutnya adalah investasi saham. Investasi saham adalah membeli saham perusahaan tertentu yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Investasi saham merupakan sebuah investasi yang menguntungkan. Sobat bisa melakukan pembelian saham juga dengan modal kecil. Kemudian untuk bisa melakukan investasi saham ini juga butuh pembelajaran khusus agar menghindari resiko kerugian.

Investasi saham banyak dilakukan oleh para profesional. Namun buat sobat yang masih pemula tentu saja bisa belajar untuk melakukannya. Banyak aplikasi jual beli saham online sekarang yang bisa sobat gunakan untuk belajar investasi saham seperti aplikasi Ajaib, IPOT dan beberapa aplikasi investasi saham lainnya.

3. Investasi Emas / Logam mulia

Jenis investasi yang selanjutnya juga bisa melakukan investasi emas. Yakni dengan membeli produk emas dan kemudian menjualnya kembali ketika sudah mendapatkan keuntungan. Investasi jenis ini bisa dilakukan dengan membeli emas secara fisik maupun secara online. Banyak juga sekarang aplikasi yang menyediakan instrumen investasi emas dan sobat bisa mulai belajar menggunakannya.

Investasi emas merupakan salah satu instrumen investasi yang cukup bagus untuk jangka panjang. Karena rata-rata emas mengalami peningkatan harga yang lumayan dalam 5 tahun. Investasi emas juga bisa dilakukan dengan modal kecil di aplikasi investasi online. Bahkan sobat bisa melakukan menabung investasi emas mulai dari puluhan ribu rupiah saja.

4. Investasi Obligasi

Yang selanjutnya adalah investasi obligasi. Investasi Obligasi sama dengan kita meminjamkan modal kepada penerbit seperti perusahaan dan juga pemerintah. Investasi ini sama dengan kita membeli surat utang atau memberikan piutang kepada pihak tertentu.

Baca juga:  Cara Trading Di Bybit Dari 0 Sampai Profit !

Agar lebih jelas, mengenai investasi obligasi ini akan berbeda dengan investasi saham. Jika itu adalah saham maka pemilik saham sama dengan memiliki perusahaan. Namun jika itu onligasi, investor hanya memberikan suntikan dana saja dan tidak ikut memiliki perusahaan.

5. Investasi Deposito

Jenis investasi yang kelima adalah investasi deposito. Sobat pastinya sudah mendengar yang namnaya deposito. Yakni melakukan menyimpan uang di bank dengan kurun waktu tertentu dan dengan perjanjian tertentu.

Untuk investasi jenis deposito bank ini akan lebih cocok jika dilakukan dengan modal besar. Karena memang prosentase returnnya jauh lebih kecil. Namun dari segi resikonya juga sangat rendah. Apalagi jika itu dilakukan di bank yang tentunya aman dan terpercaya.

6. Investasi Properti

Jenis investasi yang selanjutnya adalah melakukan investasi properti. Yakni melakukan pembelian real estate baik itu tanah maupun bangunan. Keuntungan yang ditargetkan bisa berupa return penjualan dan juga penyewaan dari real estate yang sudah dibeli tersebut.

Untuk jenis investasi ke 6 ini tentu saja membutuhkan modal besar jika ingin melakukan pembelian real estate. Atau bisa juga jika sobat mau melakukan patungan investasi real estate secara online juga ada aplikasinya. Namun pastikan sobat memilih aplikasi yang benar-benar terpercaya dan memiliki izin dari OJK agar investasi sobat aman.

7. Investasi Asuransi

Oke sobat kita lanjut pada jenis investasi yang selanjutnya yakni investasi asuransi. Investasi asuransi adalah melakukan pembelian produk asuransi dan sekaligus investasi secara bersamaan. Biasanya kita akan mendapatkan asuransi untuk keuangan kita di masa depan dan sekaligus kita mendapatkan return dalam jangka waktu tertentu. Jenis investasi asuransi yang paling populer di Indonesia untuk saat ini adalah investasi prudential dan kawan-kawannya.

Baca juga:  Apa Itu Bitcoin? Kenali Lebih Jauh Cara Kerjanya.

8. Investasi Peer To Peer Landing

Jenis investasi yang selanjutnya adalah investasi peer to peer lending. Investasi jenis ini adalah melakukan investasi pada sebuah platform yang mempertemukan investor dengan peminjam. Secara contohnya sekarang ini banyak aplikasi pinjaman online. Dan disitu sobat juga bisa menjadi pendana atau memberikan pinjaman.

Investasi jenis ini tentu saja memiliki resiko yang lumayan tinggi. Apalagi sekarang ini banyak kasus yang nunggak dalam membayar angsuran pinjaman online. Jadi buat sobat yang ingin melakukan investasi jenis ini harap berhati-hati dan banyak melakukan analisa terlebih dahulu.

9. Investasi Cryptocurrency

Jenis investasi ke 9 ini merupakan investasi yang mulai populer dalam 3-4 tahun terakhir. Yakni melakukan pembelian aset crypto dan menjualnya kembali ketika sudah mendapatkan keuntungan. Jenis investasi ini adalah investasi yang memberikan cuan besar. Namun sobat juga harus tahu kalau melakukan investasi crypto sendiri sangat beresiko tinggi. Jadi disarankan untuk berhati-hati dan melakukan analisa market dengan benar. Untuk pemula tentu saja harus banyak belajar terlebih dahulu.

Baiklah sobat diatas adalah penjelasan singkat saya dari beberapa jenis investasi yang menguntungkan yang ada di Indonesia. Semoga informasi diatas bisa memberikan manfaat, khususnya untuk sobat investor pemula yang masih belajar. Kemudian saya ucapkan terima kasih karena sobat sudah berkunjung di blog prayoga.id.

Download modal jenis-jenis investasi : Download pdf dan Download PPT.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button