Bisnis

15 Tips Memulai Usaha Pangkas Rambut Pemula Agar Ramai Pelanggan

Tahukah Anda jika membuka usaha ini sangat menguntungkan? Usaha pangkas rambut pemula adalah jasa yang dibutuhkan laki-laki setidaknya sebulan sekali. Walaupun persaingannya tergolong cukup ketat, tetapi dengan pelayanan yang memuaskan Anda dapat menarik banyak pelanggan.

Dilansir dari Howtostartanllc, tempat pangkas rambut menjadi tempat para lelaki untuk berinteraksi dan terhubung dengan orang lain. Kelola peluang usaha ini dengan optimal, pasti hasil yang Anda dapatkan lebih maksimal. Meskipun keuntungan membuka usaha ini  banyak, resiko usaha pangkas rambut tetap ada.

Tips Usaha Pangkas Rambut Pemula

usaha pangkas rambut
usaha pangkas rambut

Sebagai pelaku usaha atau bisnis, tentu Anda menginginkan usaha yang Anda bangun semakin sukses berkembang. Nah, apabila Anda ingin membuka usaha pangkas rambut, mengikuti tips-tips untuk mengelola usaha ini akan sangat membantu bukan? Berikut tips yang dapat Anda coba agar bisa menarik banyak pelanggan.

1. Tentukan Konsep Usaha Pangkas  Rambut 

Konsep yang bagus akan memikat banyak pelanggan lho. Hingga saat ini cukup banyak usaha potong rambut yang mengangkat konsep menarik sehingga banyak orang yang ingin menggunakan jasanya. Beberapa diantara mengangkat konsep balap motor dengan pernak pernik unik, seperti aksesori motor dan tempat duduk pembalap.

Baca juga:  9 Cara Memulai Bisnis Jilbab Produksi Sendiri, Simak Panduan Lengkap!

2. Membuat Brand yang Mudah Diingat Pelanggan 

Perlu diketahui adanya logo dan nama yang bagus untuk usaha pangkas rambut Anda menjadi representasi brand Anda. Lebih baik lagi mendesain logo sesuai konsep bisnis potong rambut Anda sehingga menjadi suatu keunikan tersendiri.

3. Memperluas Skill Pangkas Rambut 

Sebagai pengusaha pangkas rambut pemula, menguasai skill potong rambut terkini menjadi nilai tambahan Anda sehingga tidak bergantung dengan orang lain. Jika bekerja sama dengan sahabat atau kerabat yang mempunyai skill tersebut menjadi pertimbangan Anda, perkembangan bisnis Anda akan bergantung dengan mereka. 

Baca juga : bisnis sewa paling laris

4. Tingkatkan Kenyamanan Pelanggan

Sikap ramah, sopan, dan murah senyum dapat membuat pelanggan betah menggunakan jasa cukur Anda. Selain itu, Anda juga bisa menyediakan ruang tunggu yang nyaman dengan fasilitas pendingin ruangan, menyalakan stereo set, dan koneksi Wifi 

5. Pasang Harga yang Bersahabat 

Tahukah Anda jika konsumen cenderung membandingkan harga? Dengan harga relatif murah tidak berarti kualitas hasil cukur rambut Anda murahan. Hal tersebut bisa membuat usaha pangkas rambut Anda kebanjiran pelanggan bahkan mereka aktif berlangganan. Usaha Anda akan tetap bertahan, walau banyak saingan.

6. Model Rambut 

Perkembangan gaya rambut di Indonesia memang sering berubah-ubah. Seiring dengan perubahan zaman, gaya rambut dulu tak sepopuler sekarang. Tak heran jika banyak gerai pangkas rambut yang sepi karena hanya bisa mencukur rambut dengan gaya sekadarnya saja. Solusinya dengan menyediakan jasa pangkas rambut gaya terkini.

7. Miliki Tempat yang Strategis 

Setiap usaha pasti memerlukan tempat strategis agar mudah dijangkau pelanggan. Begitu pula dengan usaha pangkas rambut ini. Anda dapat membuka usaha ini di pusat keramaian khalayak umum, sekitar universitas atau sekolah, dekat jalan raya, dan tempat strategis lainnya.

Baca juga:  Untung Besar! 28 Macam Bisnis Sewa Paling Laris Di Indonesia

8. Memberikan Pelayanan yang Cepat

Usaha pangkas rambut merupakan salah satu usaha yang bergerak di bidang jasa dan juga bisnis tak kenal musim. Dengan memperhatikan kualitas jasa Anda, pasti usaha Anda lebih unggul dari yang lain. Terlebih Anda mampu memberikan pelayanan maksimal dengan cepat. Tentu banyak pelanggan yang tidak perlu mengantre lama.

9. Jaga Kebersihan Gerai Anda

Para pelanggan tentu tidak akan menyukai gerai yang kotor. Sebab kenyamanan dapat terganggu karena hal sepele tersebut. Untuk itu, Anda perlu menjaga kebersihan gerai pangkas rambut Anda agar pelanggan betah. Bila perlu sediakan tempat sampah yang menarik.

10. Berikan Pelayanan Lengkap 

Cara yang tepat untuk memperluas jangkauan usaha Anda adalah dengan menyediakan pelayanan yang lengkap, seperti massage kepala, keriting, meluruskan, dan mewarnai rambut. Anda juga bisa membuka usaha pangkas rambut mulai dari anak-anak, laki-laki, lansia, hingga wanita.

11. Rekrut Karyawan yang Terampil 

Dengan mempekerjakan karyawan yang terampil, proses memangkas rambut lebih cepat dilakukan dengan hasil yang memuaskan. Oleh sebab itu, jika Anda ingin membuka cabang usaha pangkas rambut di daerah lain pastikan mencari karyawan yang benar-benar ahli.

12. Gunakan Modal yang Memadai 

Hal yang harus Anda miliki sebelum membuka usaha pangkas rambut, yakni modal dan keterampilan memangkas rambut yang rapi. Modal yang Anda keluarkan bisa sangat kecil, apabila rumah Anda terletak di lingkungan yang strategis memanfaatkan teras rumah/garasi Anda. Dengan begitu lebih menghemat pengeluaran awal usaha.

13. Pastikan Peralatan Pangkas Rambut Anda Lengkap 

Dengan peralatan pangkas rambut yang lengkap, Anda dapat memanjakan pelanggan dengan berbagai layanan. Peralatan apa saja yang harus Anda miliki? Mulai dari kursi yang nyaman, cermin, kipas, mesin cukur rambut, gunting sesak, handuk kecil, dan perlengkapan lainnya.

Baca juga:  Menjanjikan, Ini 8 Tips Memulai Bisnis Jemputan Karyawan Untuk Pemula

14. Rajin Mempromosikan Usaha Anda

Promosi usaha pangkas rambut adalah hal yang tidak boleh Anda lupakan. Berbagai cara dapat Anda lakukan untuk mempromosikan usaha agar dikenal banyak orang. Misalnya dengan membagikan informasi melalui media sosial atau brosur, memasang iklan, dan pamflet.

15. Memberikan Sentuhan Personal 

Membuka usaha pangkas rambut berkaitan erat dengan pelanggan dan barbernya. Pastikan Anda bisa memberikan sentuhan personal saat melayani pelanggan. Anda dapat menyapa nama mereka atau melakukan perbincangan ringan sehingga menyenangkan hati pelanggan.

Baca juga : bisnis sayuran potong

Menariknya Profit Usaha Pangkas Rambut

Setiap usaha pasti memiliki keuntungan yang berbeda. Ada menghasilkan keuntungan lebih tinggi dan lebih rendah. Semua bergantung dengan kualitas layanan jasa atau produk Anda. Berikut profit membuka usaha ini:

Termasuk Jasa yang Selalu Dibutuhkan 

Usaha pangkas rambut bisa dibilang usaha yang menjanjikan saat ini. Sebab kepedulian laki-laki terhadap penampilannya juga semakin meningkat. Apabila rambut sudah terlalu susah diatur dan terlalu panjang, Anda bisa pergi ke gerai pangkas rambut.

Tidak Menghabiskan Waktu Lama

Aktivitas memotong rambut tidak akan menghabiskan waktu hingga berjam-jam. Anda hanya memerlukan 15-20 menit saja. Anda juga harus meningkatkan skill memotong rambut agar penampilan pelanggan lebih memukau dalam waktu yang singkat.

Cara Menggunakan Peralatannya Cukup Mudah

Alat yang dibutuhkan barbershop memang cukup banyak. Namun, cara menggunakannya tidak terlalu susah. Kini Anda bisa menonton tutorial menggunakannya di YouTube.

Bisa Dijadikan Bisnis Sampingan 

Usaha pangkas rambut bisa dijadikan bisnis sampingan apabila Anda pekerja kantoran. Jam operasionalnya bisa disesuaikan dengan jam pulang kantor Anda.

Modal Secukupnya 

Ingin membuka usaha pangkas rambut menghasilkan? Anda hanya membutuhkan tempat, skill, dan perlengkapan memangkas rambut yang terjangkau. Dengan begitu, Anda mendapat pengalaman merintis usaha.

Kesimpulan:

Usaha pangkas rambut pemula adalah salah satu jenis usaha yang paling banyak diminati oleh laki-laki. Terlebih peluang usaha ini sangat bagus. Usaha ini juga dikenal dengan nama lain barbershop. Apabila Anda tertarik untuk mencoba membuka usaha ini, Anda bisa menerapkan beberapa tips di atas. Dijamin lebih menarik dan ramai.

Demikianlah penjelasan tentang usaha pangkas rambut untuk pemula. Semoga bisa menjadi inspirasi bisnis Anda dan menghasilkan cuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Salam sukses dari prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button