Bisnis

8 Ide Bisnis di Bulan Ramadhan 2023 yang Menggiurkan, Yuk Intip!

Sebentar lagi ramadhan nih, Anda harus mencari ide bisnis di bulan Ramadhan mengingat kebutuhan bulan puasa lebih tinggi dibanding bulan-bulan biasanya. Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim di Dunia.

Daripada bingung mau apa saat puasa lebih baik Anda memanfaatkan peluang bisnis di bulan ini. Mumpung masih ada waktu kurang lebih satu bulan lagi, Anda bisa mempersiapkannya mulai dari sekarang. Lalu, usaha apa sih yang dapat memberikan Anda sebuah keuntungan di bulan Ramadhan nanti yang akan datang? Intip ide usaha di bulan ramadhan berikut ini!

ide bisnis di bulan ramadhan

Inilah Ide Bisnis di Bulan Ramadhan Tahun 2023

Berikut adalah ide usaha di bulan ramadhan yang bisa meraih keuntungan berlipat:

Bisnis Jualan Takjil Berbuka Puasa

Ide bisnis di bulan Ramadhan pertama yang dapat anda jalankan untuk mendapatkan cuan yang melimpah yakni memulai berjualan takjil berbuka puasa. Tentu dalam bisnis ini sudah tidak asing lagi bahkan sudah sering diketahui banyak sekali penjual takjil di pinggir jalan.

Anda bisa sekali untuk mencoba ide bisnis ini untuk mendapatkan cuan saat bulan puasa nanti. Anda bisa mencoba memulai usaha ini di depan rumah atau di sekitar lingkungan tempat tinggal anda. Untuk memulai hal awal cobalah untuk menawarkannya kepada tetangga sekitar terlebih dahulu.

Anda bisa mencoba menjual makanan takjil berbuka puasa seperti aneka bubur, aneka minuman, kolak pisang, gorengan atau yang lainnya. Carilah menu makanan yang lebih sering diburu para pembeli ketika akan tiba waktunya berbuka puasa. Maka dari itu, pertimbangkan menu makanan takji berbuka puasa yang akan anda jual nantinya.

Baca juga:  6 Cara Ternak Ayam Modal 1 Juta, Cocok Untuk Pemula!

Berjualan Es Buah atau Es Campur

Kedua, ide usaha di bulan Ramadhan yang menggiurkan berikutnya yakni berjualan es buah ataupun es campur, tentu hal ini menjadi peluang besar bagi anda. Setelah semua orang menjalankan puasa seharian penuh tentu es buah ataupun es campur ini menjadi buruan oleh banyak orang.

Anda bisa menjual aneka minuman seperti Es buah, es campur, es teler atau es jus buah, atau es yang segar lainnya. Untuk menarik para pembeli di awal jualan anda bisa membuka sebuah promo dengan harga yang miring. Tak lupa juga gunakanlah tempat plastik yang dapat digunakan untuk sekali pakai saja.

Kue Kering

Selanjutnya, ide bisnis di bulan Ramadhan yakni anda bisa mencoba untuk berjualan kue kering. Usaha kali ini tentu juga sangat cocok untuk anda jalankan terlebih jika anda memiliki hobi dalam memasak. Apabila anda belum menguasai dalam bidang satu ini anda bisa mengajak saudara yang lebih ahli dalam bidang baking ini.

Untuk memulai dalam penjualan kali ini anda bisa menawarkan dagangan kue kering ini terlebih dahulu kepada tetangga, keluarga, maupun rekan kerja. Jika perlu anda bisa meminta bantuan oleh teman maupun saudara untuk ikut mempromosikan atau menjualkan produk kue kering milik anda.

Kue kering yang dapat anda jual yakni : Kue putri salju, kue dahlia, Nastar, atau kue-kue kering yang lainnya. Untuk memulai usaha bisnis ini anda juga tidak akan mengeluarkan banyak biaya yang besar. Anda hanya memerlukan modal awal. Bahan-bahan roti, oven, hingga toples untuk tempat kue.

Bingkisan Parcel

Membuka bisnis parcel juga termasuk ide usaha di bulan Ramadhan yang menggiurkan. Pada bulan ramadhan tentunya selain makanan takjil pasti banyak sekali orang yang menjajakan bingkisan parcel dengan berbagai jenis. Bingkisan parsel tersebut bisa berisi kue kering, sembako maupun yang lainnya.

Baca juga:  Cara Bisnis Properti Modal 10 Juta: Panduan Lengkap

Bingkisan parsel ini tentu banyak sekali diburu para costumer saat akan mendekati hari raya tiba, jadi tidak ada salahnya jika anda membuka jasa satu ini. Harga dalam bingkisan parsel ini juga beragam tergantung dari isian dalam parsel tersebut. Anda bisa mencoba memulai usaha ini dengan harga yang paling rendah mulai dari Rp.100.000,- hingga seterusnya.

Lontong Ketupat

Catering lontong dan ketupat juga bisa menjadi ide bisnis di bulan Ramadhan menjelang lebaran. Lontong Ketupat ini seringkali dijadikan santapan saat hari raya tiba. Bukan saat hari raya saja bulan ramadhan pun lontong ketupat ini menjadi santapan yang nikmat yang dapat dinikmati. Lontong ketupat ini biasanya disajikan dengan adanya opor ayam atau sayur yang lainnya.

Sehingga lontong ketupat ini banyak diburu orang ketika bulan ramadhan tiba bahkan hingga menjelang hari raya. Anda bisa mencoba menjalankan bisnis berjualan ini dengan modal yang kecil, biasanya lontong ketupat ini dijual dengan harga Rp.1000/ketupat. Untuk harga anda bisa juga menyesuaikan sesuai dengan daerah setempat.

Berjualan Busana Muslim atau Baju Lebaran

Jangan lupakan ide bisnis di bulan Ramadhan yang satu ini yaitu jualan baju lebaran. Tidak dapat dipungkiri, jika usaha bisnis satu ini sangat menguntungkan selama bulan ramadhan tiba. Hal ini dikarenakan saat bulan ramadhan tiba baik wanita maupun pria berbondong-bondong dalam memburu pakaian tertutup. Baik dikenakan waktu hari raya tiba maupun dalam keseharian.

Jika usaha berjualan bisa ini berjalan dengan baik maka, bisa menjadi salah satu peluang sangat tepat untuk anda terus jalankan. Tidak perlu mengeluarkan modal yang besar jika anda tidak memiliki modal, anda bisa berjualan busana dengan menjadi reseller maupun dropship.

Baca juga:  Cara Memulai Bisnis Online Pemula Tahun 2022

Bisnis Jastip

Anda juga bisa membuka bisnis jastip atau jasa membelanjakan orang-orang sebagai ide bisnis di bulan ramadhan. Biasanya pada bulan puasa, banyak orang yang malas ke pasar atau belanja kebutuhan pokok. Nah, Anda bisa membuka bisnis jastip ini dengan modal hp dan promosi di sosmed. Untuk harga jastip, sesuaikan saja dengan banyaknya belanjaan dan jarak pengantaran.

Bisnis Katering Makanan

Membuka pesanan katering makanan berbuka dan sahur juga merupakan salah satu ide bisnis di bulan Ramadhan. Biasanya saat bulan Ramadhan tiba usaha bisnis ini banyak sekali diburu oleh banyak orang. Terkadang banyak orang juga yang tidak sempat untuk mempersiapkan menu baik untuk berbuka maupun sahur.

Nah, dengan anda memulai usaha ini untuk mengambil peluang guna mendapatkan cuan, cobalah untuk membuka usaha catering makanan ini. Anda bisa dapat menawarkan catering anda kepada tetangga, teman, maupun lingkungan sekitar. Usaha catering makanan ini biasa diburu para pembeli yang memiliki kesibukan tersendiri.

Guna mempermudah seseorang tersebut maka penjual catering ini menjadi salah satu buruan mereka. Sebelum anda mulai menjalankan bisnis kali ini, anda bisa melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk menentukan harga yang sesuai. Lalu, cobalah untuk membuat sebuat paket catering makanan baik untuk mingguan maupun bulanan. Buatlah menu yang tidak membuat para pelanggan bosan ya!

Nah, itulah 8 ide bisnis di bulan ramadhan 2023 yang bisa anda coba lakukan. Buatlah perencanaan yang cukup matang untuk menjalankan usaha bisnis dadakan ini saat bulan ramadhan tiba. Terlihat sederhana namun hal ini perlu untuk anda pertimbangkan sesuai riset pasar yang baik.

Janganlah menjual dengan harga yang diluar dari penjual yang lain, karena hal tersebut dapat membuat bisnis anda tak berkembang dengan baik. Semoga ide usaha di bulan ramadhan diatas dapat bermanfaat, selamat untuk mencobanya!

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button