2 Contoh Email Untuk Kepentingan Bisnis Terbaik Sesuai Etika
Kali ini akan kami berikan beberapa contoh email untuk kepentingan bisnis Anda. Di era digital ini email makin sering digunakan untuk berbagai kepentingan, termasuk bisnis. Bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis apapun, wajib untuk mengetahui cara menggunakan email dengan cara tepat. Karena itu, simak ulasan tentang contoh email untuk kepentingan bisnis terbaik pada pembahasan kali ini.
Penggunaan email dengan baik dan benar pada sebuah bisnis dapat menunjukkan bahwa perusahaan tersebut serius dalam mengelola manajemen. Namun, belum banyak perusahaan yang dapat mengaplikasikan hal tersebut. Tidak ada salahnya Anda mengetahui contoh email bisnis agar dapat menerapkannya pada usaha sendiri.
Pentingnya Menentukan Nama Email untuk Bisnis
Penting bagi Anda membuat nama email yang terbaik untuk bisnis. Karena nama email tersebut secara tidak langsung akan berhubungan dengan branding bisnis itu sendiri. Untuk itu, Anda dapat membuat nama berdasarkan contoh email untuk kepentingan bisnis terbaik berikut ini:
1. Menggunakan Nama Divisi/Departemen
Berikut ini adalah nama dari beberapa contoh email untuk kepentingan bisnis terbaik. Anda dapat menggunakan divisi ataupun departemen di dalam perusahaan sebagai nama email. Sehingga perusahaan dapat memanfaatkan email tersebut untuk kepentingan masing-masing divisi/departemen.
Contoh nama email yang menggunakan divisi ataupun departemen yaitu:
- hrd@email
- info@email
- marketing@email
2. Menggunakan Nama Asli Pegawai
Untuk email yang menggunakan nama asli pegawai ini Anda dapat memanfaatkannya sebagai akun personal. Dengan syarat pengawai yang bersangkutan hanya dapat menggunakan email tersebut untuk kepentingan pekerjaan saja. Email ini tergolong profesional karena merupakan akun resmi dari sebuah perusahaan.
Contoh email yang menggunakan nama asli pegawai sebagai berikut:
- rahayu@email
- dian@email
- handayani@email
3. Menggunakan Kalimat Sapaan
Anda juga dapat menggunakan kalimat sapaan untuk menjadi nama email. Perusahaan dapat menggunakan email ini untuk bagian informasi. Misalnya saja, menggunakan email untuk mengirimkan informasi kepada konsumen secara berkala. Contoh nama email tersebut seperti berikut ini:
- halo@email
- hi@email
- dan sebagainya
4. Menggunakan Format Bebas
Cara lainnya dalam menentukan nama email, Anda dapat menggunakan format bebas. Dalam hal ini, perusahaan bebas menggunakan nama apa saja. Pastikan untuk menggunakan nama yang baik dan sopan. Sebaiknya Anda menghindari nama-nama yang kurang lazim agar tidak menjadi masalah ke depannya.
Baca juga : perbedaan pemasaran luring dan bisnis online
Contoh Email Terbaik untuk Bisnis
Setelah membuat nama, selanjutnya Anda wajib mengetahui contoh email untuk kepentingan bisnis terbaik. Manajemen email ini bersifat penting karena dapat meyakinkan pihak lain bahwa perusahaan Anda merupakan bisnis yang profesional. Dalam membuat email Anda wajib memerhatikan beberapa hal penting, di antaranya:
- Menuliskan judul email yang jelas dan tegas
- Memperkenalkan diri dengan baik dan jelas
- Menyebutkan tujuan dari pengiriman email tersebut secara singkat
- Melakukan pemeriksaan kembali sebelum mengirimkan email
Berikut ini adalah contoh email untuk kepentingan bisnis terbaik yang dapat Anda gunakan. Anda dapat memodifikasi email sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Contoh Email Penawaran Kerja Sama
Judul: Kerja Sama BisnisÂ
Selamat Pagi!
Perkenalkan saya Isma, Content Marketer dari Perusahaan A.
Melalui email ini, saya ingin menawarkan kerja sama antara perusahaan Anda dan perusahaan A.
Sabagai informasi, perusahaan A merupakan bisnis yang menyediakan jasa promo untuk sistem belanja online dengan cara hemat. Sejak mendirikan perusahaan A pada tahun 2011, bisnis ini telah beroperasi di 10 kota besar Indonesia.
Saya ingin melakukan pertemuan secara langsung dengan pihak perusahaan Anda untuk membahas kerja sama. Mohon untuk mengabari saya jika berkenan berdiskusi lebih lanjut.
Terima kasih sebelumnya.
Silakan menghubungi saya secara langsung untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.
Salam,
Isma
Contoh Email Undangan Meeting
Judul: Undangan Meeting Kerja Sama
Kepada Yth. Tim Perusahaan Baik
Seperti penyampaian kami pada email sebelumnya terkait Kerja Sama Perusahaan Baik dan Perusahaan A, melalui email ini kami mengundang Anda:
Hari/Tanggal : Senin, 24 Oktober 2022
Tempat : Kedai Kopi Panas
Waktu : 13.00 – selesai
Demikian undangan ini kami sampaikan.
Silakan menghubungi kami secara langsung untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.
Best Regard,
Perusahaan A
Selain contoh email untuk kepentingan bisnis terbaik, Anda juga wajib mengetahui hal-hal yang perlu dihindari. Penting bagi Anda untuk menghindari hal ini karena tidak sesuai dengan etika penulisan email bisnis itu sendiri. Karena itu, saat mengirimkan email bisnis sebaiknya Anda menghindari hal-hal berikut:
- Menggunakan Huruf Besar Semua
Penggunaan huruf besar pada keseluruhan teks email hanya akan memberikan kesan yang kurang baik. Seolah-olah pengirim email sedang ‘berteriak’ pada pihak penerima. Sebaiknya Anda menuliskan email dengan teks yang teratur. Serta menempatkan huruf besar dan kecil sesuai dengan kebutuhan.
- Menggunakan Huruf yang Lucu
Menggunakan huruf yang lucu juga sebaiknya Anda hindari, karena email bisnis merupakan surat bersifat resmi. Dengan demikian, pemilihan jenis huruf sangat penting. Anda dapat menggunakan huruf Times New Roman ataupun Helvetica. Sebaiknya menghindari huruf Comic Sans ataupun sejenisnya.
- Salah Ketik Nama
Berdasarkan contoh email untuk kepentingan bisnis terbaik, Anda wajib menghindari kesalahan saat mengetik nama penerima. Karena ini merupakan kesalahan yang sangat fatal. Untuk menghindari kesalahan saat mengetik nama penerima email, Anda harus lebih teliti atau lakukan copy paste dari data yang ada.
- Menggunakan Emoticon
Penggunaan emoticon adalah hal biasa ketika dilakukan untuk keperluan pesan pribadi. Namun, emoticon tentunya kurang pas jika Anda gunakan pada email bisnis.
- Bahasa Informal
Selain tidak menyarankan penggunaan emoticon, pada contoh email yang benar adalah menghindari bahasa informal. Karena bahasa informal kurang cocok untuk email bisnis. Seperti yang Anda ketahui, email bisnis merupakan surat yang bersifat resmi. Anda wajib menggunakan bahasa formal dan memilih kata-kata yang baik.
- Bertele-tele
Ketika mengirimkan email bisnis Anda tidak perlu bertele-tele. Sebaiknya Anda langsung membahas pokok permasalahan. Aturan penyampaian inti surat yang benar yaitu cukup dengan menggunakan tiga kalimat saja. Dengan demikian, cara penyampaian inti masalah sesuai contoh email untuk kepentingan bisnis terbaik.
- Subyek Email Jelas dan Tegas
Pada kolom subyek email, Anda wajib menuliskan maksud yang jelas dan tegas. Pilih satu kalimat pendek yang dapat menggambarkan inti pembahasan email.
- Merongrong
Hindari mengirim email konfirmasi atas pembahasan yang sama dalam waktu kurang dari 24 jam. Walaupun Anda sangat menantikan email jawaban dari pihak penerima, namun menanyakan hal yang sama berulang kali bukan tindakan baik. Jika mendesak, Anda dapat menghubungi langsung melalui sambungan telepon.
Baca juga : aspek ekonomi dalam studi kelayakan bisnis
Kesimpulan
Membuat email bisnis bukan hal yang sulit dilakukan. Anda hanya perlu memilih kalimat singkat, padat dan jelas. Serta pastikan Anda menggunakan kata-kata yang baik. Pada umumnya, email yang sesuai dengan etika akan menggambarkan pribadi pihak pengirim. Di mana pihak pengirim tentu mengatasnamakan perusahaan.
Jika Anda ingin menjaga nama baik perusahaan, maka pelajari cara mengirim email yang baik dan benar. Bedakan cara berkomunikasi melalui pesan pribadi ataupun media sosial dengan email bisnis. Anda dapat mengikuti contoh email untuk kepentingan bisnis terbaik. Salam sukses dari blog prayoga.id.