Bisnis

7 Cara Menjadi Reseller Online, Hasilkan Uang Tanpa Modal

Menghasilkan uang secara online tanpa modal, salah satunya dengan cara menjadi reseller online. Yakni berjualan tanpa melakukan stock barang. Ini bisa dimulai tanpa mengeluarkan uang dan menggunakan handphone saja bisa.

Sebuah solusi bagi sobat yang sedang butuh penghasilan sampingan. Atau memang sedang menganggur tidak ada pekerjaan. Menjadi reseller bisa menjadi pilihan peluang usaha yang bagus bisa memberikan penghasilan yang besar bahkan tidak terbatas nilainya.

Kok bisa sebesar itu peluangnya?

Begini, Anda lihat sendiri sekarang di online shop dan marketplace di Indonesia. Setiap hari ada jutaan orang yang berjual beli didalamnya. Dan sobat bisa turut ambil bagian dalam keramaian pasar tersebut. Jangkauannya adalah se Indonesia, bahkan international.

Cara Menjadi Reseller Online

cara menjadi reseller online
cara menjadi reseller online

Reseller adalah sistem berjualan tanpa melakukan stock barang, atau ikut berjualan barang milik orang lain (supplier). Makanya tidak perlu modal untuk stock barang, hanya bertugas mencari pembeli dan orderan saja.

Sedangkan reseller online adalah melakukan aktivitas tersebut diatas secara online. Untuk caranya Anda bisa simak beberapa langkah dibawah ini :

1. Menentukan Produk Yang Ingin Dijual

Langkah awal dalam cara menjadi reseller online adalah menentukan produk yang ingin dijual. Anda harus menentukan terlebih dahulu barang apa yang ingin dijual secara online.

Dalam memilih produk ini harus dilakukan dengan baik dan maksimal. Bisa dimulai dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu. Yakni mencari barang yang potensial, menarik dan tentu memberikan keuntungan.

Bagi seorang reseller pemula, lebih baik tidak menjual banyak jenis barang terlebih dahulu. Bisa memilih beberapa barang yang bisa Anda pelajari secara mendalam.

Baca juga:  Ini Dia Beberapa Aspek Ekonomi Dalam Studi Kelayakan Bisnis

Misalkan saja memilih produk berjualan baju, maka bisa melakukan riset terlebih dahulu. Baju apa yang sedang tren, yang mudah laku, dan segmen pasar seperti apa yang Anda pilih. Apakah baju anak-anak, baju orang tua, baju koko, atau yang lainnya.

Dengan menargetkan pasar khusus akan lebih mudah mengembangkan brand bisnis milik Anda. Misalkan saja brand bisnis anda adalah “jual baju kekinian” dan sejenisnya.

Dengan fokus ke target pasar tertentu akan lebih mudah brand Anda terkenal dalam pasar tersebut. Berbeda dengan Anda yang menjual barang secara acak dan tidak memiliki nilai brand khusus pada toko yang Anda jalankan.

2. Mencari Supplier

Langkah selanjutnya untuk menjadi reseller online adalah mencari Supplier atau pemasok barang. Dalam hal ini Anda bisa mencari kerjasama dengan pedagang besar, pabrik, atau distributor barang yang Anda jual tersebut.

Untuk mencari supplier seperti ini ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan, antara lain :

  • Cari supplier yang besar dan terpercaya, dan sudah terbukti pelayanannya
  • Mencari supplier dengan harga yang lebih murah agar memudahkan kita dalam menentukan harga jual dan mengambil keuntungan
  • Mencari supplier yang cocok dalam sistem kerjasama yang dilakukan

Dalam mencari supplier ini bisa Anda lakukan dari beberapa tempat. Apalagi sekarang internet juga mudah diakses. Sobat bisa mulai mencari di pencarian google, atau bisa juga mencari di marketplace.

Misalkan Anda ingin menjadi reseller baju. Maka bisa mencari supplier baju besar, misal dari tanah abang, mencari pedagang besar di marketplace seperti shopee dan sejenisnya.

Setahu saya akan ada banyak yang bersedia menerima reseller untuk bergabung. Karena dengan adanya reseller juga akan membantu mempercepat penjualan mereka.

Baca juga:  Angkringan Modern Minimalis. Berikut 6 Konsep Terbaiknya

3. Strategi Pemasaran Yang Tepat

Langkah selanjutnya dalam cara menjadi reseller online adalah menetapkan strategi pemasaran. Ini adalah bagian yang sangat penting dan Anda harus menggunakan strategi yang jitu.

Ada beberapa strategi pemasaran yang bisa dilakukan oleh seorang reseller online, yakni melalui :

  • Pemasaran melalui media sosial seperti facebook, tik tok, youtube, instagram, twitter dan yang lainnya
  • Membuka toko di marketplace seperti shopee, tokopedia, lazada, bukalapak dan yang lainnya
  • Membuat website toko online sendiri

Ketika 3 poin diatas mampu Anda jalankan semuanya dengan baik. Maka akan mampu menjamah bayak calon pembeli yang ada di internet.

Selain dari media pemasarannya, dari strategi juga harus di fikirkan beberapa hal berikut ini :

  • Pembuatan brand nama toko online yang bagus, menarik, dan mudah diingat
  • Memiliki teknik bahasa pemasaran yang asik dan menarik perhatian banyak orang
  • Penggunaan gambar-gambar dalam display yang menarik mata banyak orang
  • Pemberian promo dan diskon yang bisa menarik pembeli
  • Konsisten dalam melakukan promosi

Ketika Anda melakukan secara maksimal dalam banyak sisi. Maka akan membuahkan hasil yang maksimal, karena pemasaran ini seperti tombak awal bisnis reseller yang Anda lakukan.

4. Cepat Tanggap Dalam Melayani Pembeli

Salah satu poin penting dalam melayani pembelian secara online adalah kecepatan. Banyak sekali reseller pemula yang masih menyepelekan hal ini.

Mentang-mentang masih sepi, ada satu orang pembeli saja balasnya lama, respond lama, bahkan pengiriman lama. Inilah yang menyebabkan sebuah toko tidak laku lagi.

Pelayanan dalam jualan online menjadi sangat penting. Usahakan Anda online 24 jam dalam seminggu agar bisa terus memberikan balasan kepada para pembeli, meskipun itu baru sekedar bertanya.

Baca juga:  9 Tips Jualan Bakso Supaya Laris Manis Bagi Pemula!

Kemudian kecepatan dalam penanganan produk dan pengiriman juga menjadi hal penting. Ketika Anda mampu menyelesaikan setiap orderan secara cepat maka akan mendapatkan banyak penilaian positif.

Ingat ya, di zaman online ini penilaian atau rating dari para pengguna sangat penting. Bahkan ini menjadi senjata promosi yang sangat ampuh. Para pembeli baru akan terus datang apabila toko Anda memiliki rating yang bagus dari para pembeli yang sebelumnya.

5. Menangkan Persaingan Pasar

Dalam cara menjadi reseller online, yang paling sulit adalah memenangkan persaingan pasar. Anda sendiri tahu pasti ada ribuan bahkan puluhan ribu penjual di online saat ini yang mungkin produknya sama dengan Anda.

Anda harus bisa bersaing dengan banyak kompetitor yang ada. Beberapa tips agar bisa memenangkan persaingan pasar tersebut antara lain :

  • Memberikan harga yang murah dan bersaing
  • Mencoba lebih baik dalam pengemasan
  • Lebih cepat tanggap dalam melayani customer
  • Mempercepat proses pengemasan dan pengiriman
  • Memberikan kualitas produk sesuai
  • Memberikan pelayanan purna jual yang bagus kepada para pembeli

Jika Anda mampu melakukan beberapa hal diatas secara terus menerus apalagi terus meningkat. Maka perlahan Anda akan bisa memenangkan persaingan pasar.

Menjadi seorang reseller online memang mudah untuk memulainya, selain itu juga murah bahkan bisa tanpa modal. Namun Anda harus ingat sangat sulit untuk bersaing karena jumlah reseller banyak sekali. Jadi harus ada usaha dan proses yang konsisten agar sukses.

Baiklah sobat, sekian dulu sharing dari saya pada kesempatan kali ini mengenai cara menjadi reseller online. Semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda dan salam sukses dari admin prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button