Bisnis

14 Alasan Menjadi Pengusaha (Wirausaha) Yang Membuat Semakin Yakin

Jika Anda masih ragu untuk menjadi pengusaha atau berwirausaha, silahkan simak beberapa alasan menjadi pengusaha berikut ini. Karena menjadi pengusaha bisa memberikan banyak benefit bagi Anda, baik itu secara financial, kualitas hidup sampai dengan benefit dalam kehidupan masyarakat.

Mungkin diantara sobat memiliki beberapa pertanyaan berikut ini :

Kenapa juga harus menjadi pengusaha? Untungnya apa, Apa sebanding dengan resiko yang ditanggung?

Saya masih ragu untuk memulai wirausaha? Alasan apa yang bisa membuat saya semakin yakin?

Kenapa hanya sedikit orang di dunia yang menjadi pengusaha? Padahal banyak alasan menarik didalamnya?

Beberapa pertanyaan diatas akan kami jawab secara tuntas pada pembahasan kali ini.

Pertama, memang resiko menjadi pengusaha itu sangat besar. Gagal ditanggung sendiri, resiko kehilangan uang, ditipu dan banyak resiko lainnya.

Namun sebanding dengan apa yang akan didapatkan. Karena untuk kesuksesan besar, harus ada harga dan pengorbanan mahal yang harus kita persembahkan.

Alasan Menjadi Pengusaha (Wirausaha)

alasan menjadi pengusaha
alasan menjadi pengusaha

Langsung saja sobat, kita akan membahas beberapa alasan kenapa seseorang harus memilih menjadi pengusaha atau wirausaha sukses. Beberapa alasan ini akan membuat Anda semakin yakin dan tertarik untuk terjun kedalamnya. Beberapa alasan tersebut antara lain :

1. Menjadi Pengusaha Demi Penghasilan Besar

90% persen orang yang menjadi pengusaha karena mereka tertarik dengan peluang penghasilan yang akan didapatkan. Ya, memang benar begitu karena menjadi pengusaha berpeluang mendapatkan banyak uang.

Motivasi seperti ini boleh-boleh saja, karena kita punya hak untuk meningkatkan taraf hidup kita dalam hal ekonomi. Alasan menjadi pengusaha demi pengusaha adalah hal logis dan masuk akal.

Banyak juga karyawan yang memilih risegn dan terjun kedalam dunia usaha. Alasannya juga sama, karena gaji di perusahaan relatif kecil dan ingin merubah nilai penghasilan mereka.

Saya berikan contoh :

  • Gaji UMK di jarkata tahun 2023 bisa sekitar 6 juta rupiah
  • Namun, jika menjadi pengusaha Anda bisa mendapatkan 8 juta, 9 juta, 12 juta, 50 juta, 60 juta, 100 juta dan seterusnya

Ini hanya sekedar motivasi saja. Untuk mendapatkan hal tersebut bukan tidak mungkin, akan tetapi ada proses berat yang harus dilalui seorang pengusaha pemula.

2. Demi Terbebas Dari Telunjuk Orang Lain

bebas dari telunjuk orang lain
bebas dari telunjuk orang lain

70% orang yang memilih menjadi pengusaha karena mereka ingin terbebas dari telunjuk orang lain. Sudah merasa gerah setiap hari di perintah orang lain, dan seringkali harus mengerjakan apa yang tidak disukai.

Baca juga:  7 Motivasi Bisnis Untuk Kamu Calon Pengusaha Sukses

Memang sudah kodratnya begitu, ketika menjadi karyawan harus nuruti semua perintah atasan. Tapi tidak semua atasan baik dalam hal memerintah, ada yang kasar, ada yang semena-mena. Dan inilah yang membuat banyak orang tidak betah menjadi karyawan.

Dengan menjadi pengusaha, Anda akan terbebas dari hal tersebut. Semua kendali dan perintah Anda di tangan sendiri. Tidak akan ada yang memaksa diri Anda melakukan hal yang tidak disukai.

Semuanya bebas sesuai dengan kehendak diri kita sendiri. Namun kita sendiri juga harus disiplin agar tidak terlena dengan kebebasan yang kita dapatkan.

Baca juga : kesuksesan berawal dari mimpi

3. Mendapatkan Kebebasan Waktu

kebebasan waktu bersama keluarga
kebebasan waktu bersama keluarga

80% pekerja atau seseorang karyawan kesusahan untuk mendapatkan kebebasan waktu. Bahkan ketika ada acara penting pun tidak bisa izin dan harus tetap berada di tempat kerja.

Inilah alasan menjadi pengusaha yang sangat penting, yakni demi kebebasan waktu. Bebas mengatur waktu kapan kita harus bekerja, kapan istirahat, waktu bersama teman, waktu bersama keluarga dan termasuk waktu untuk ibadah.

Dalam hidup kita, ada banyak waktu yang lebih penting daripada menghasilkan uang. Salah satunya adalah acara bersama keluarga kita tercinta. Kita tidak tahu sampai kapan hidup di dunia ini, sayang sekali jika melewatkan waktu terbaik dengan orang-orang terdekat.

Menjadi pengusaha adalah menjadi seroang Time Manajer. Seorang pengendali dan pengatur waktu, meskipun bebas namun kita harus melakukan pengaturan dengan baik agar usaha kita berjalan maksimal dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

4. Menjadi Ahli Risk Manajer

risk manajer
risk manajer

Selain seorang time manajer, seorang pengusaha juga harus menjadi seorang ahli Risk Manajer. Yakni orang yang ahli dalam mengelola resiko dalam menjalankan usaha.

Jangan dikira gampang, menjadi seorang ahli risk manajer adalah orang hebat. Ada sederet rintangan dalam usaha seperti kerugian material, kerugian uang, bahkan kehabisan uang, juga resiko internal dan eksternal yang lainnya.

Maka dari itu, jika sobat memutuskan untuk menjadi pengusaha. Maka Anda memutuskan untuk menjadi orang yang hebat, terutama hebat dalam mengelola resiko.

Jika suatu hari Anda menjadi pengusaha sukses. Maka Anda akan memiliki perhitungan dan pertimbangan matang dalam segala hal. Karena Anda sudah terlatih menjadi risk manajer selama menjalankan usaha tersebut.

5. Menjadi Pengusaha Demi Investasi Jangka Panjang

investasi jangka panjang
investasi jangka panjang

Tahukah sobat kalau membagun sebuah usaha sama dengan melakukan sebuah investasi jangka panjang. Dimana hari demi hari, bulan demi bulan dan tahun demi tahun usaha tersebut bisa berkembang semakin besar.

Fakta dilapangan, jika Anda melihat pengusaha sukses dan kaya raya. Awalnya dia selalu berinvestasi lagi dan lagi untuk membuka cabang usaha baru. Keuangannya menjadi seperti bola salju yang semakin membesar, tahun demi tahun terus berkembang.

Bagi saya pribadi, usaha merupakan investasi jangka panjang terbaik saat ini. Meskipun termasuk jenis investasi yang high risk alias resiko tinggi.

Jika punya modal, tidak ada salahnya mulai mendirikan usaha sejak dini. Dengan begitu uang Anda akan jauh lebih produktif. Demi banyaknya tujuan dalam hidup kita di masa depan, memiliki usaha sendiri merupakan aset investasi yang terbaik.

Baca juga:  6 Cara Memulai Usaha Menjahit di Rumah, Modal Minim Cuan Besar

6. Mengembangkan Potensi Diri

Setiap orang memiliki bakat dan potensi diri yang luar biasa. Namun tidak jarang bakat dan potensi tersebut terpendam karena mereka harus bekerja bukan pada tempatnya.

Untuk bekerja sesuai dengan potensi diri pun tidak mudah. Terkadang harus melalui seleksi yang sangat ketat, belum lagi jika kalah dengan refrensi dalam perekrutan karyawan.

Nah, salah satu jalan terbaik untuk mengembangkan potensi diri kita adalah menjadi pengusaha. Dengan menjadi pengusaha Anda bebas melakukan banyak hal besar sesuai dengan kemampuan Anda.

Apakah sobat bekerja tidak sesuai dengan potensi kalian?

Ruang gerak di tempat kerja membatasi Anda untuk berkembang?

Maka tidak salah lagi, menjadi pengusaha adalah pilihan terbaik yang harus Anda ambil

7. Untuk Menjadi 5% Teratas

menjadi 5% teratas
menjadi 5% teratas

95% usia produktif orang didunia ini memilih untuk bekerja, menjadi karyawan dan sebagian ada yang menganngur.  Hanya 5% orang di dunia ini yang menjadi pengusaha atau wirausaha. Dengan menjadi pengusaha kita akan menjadi 5% orang spesial di dunia ini.

Tidak usaha jauh-jauh lingkup dunia, Anda bisa melihat fakta di desa Anda saja. Ada berapa jumlah pengusaha, rata-rata di setiap desa hanya beberapa orang saja, dan sebagian besar memilih bekerja.

Inilah alasan hebat untuk menjadi pengusaha atau wirausaha. Yakni menjadi orang-orang spesial, orang khusus dan memiliki ruang lingkup mereka sendiri.

8. Menjadi Wirausaha karena Hobi

Alasan menjadi pengusaha lainnya adalah karena hobi yang dia miliki. Banyak hlo, orang yang memutuskan berhenti bekerja dan berwirausaha karena hobi mereka.

Contoh sederhana :

Prayoga adalah orang hobi memelihara ikan, dan sudah tahu mengenai seluk beluk ternak ikan. Dan dia memutuskan untuk menjadi pengusaha ternak ikan.

Nah, apakah sobat memiliki hobi khusus yang bisa dijadikan penghasilan? Itu bisa menjadi jalan terbaik bagi sobat menjadi pengusaha.

Selain menghasilkan uang, menjadi pengusaha karena hobi akan jauh lebih menyenangkan. Karena kita bisa bebas melakukan hobi kita setiap hari dan kita dibayar dari kegiatan tersebut.

9. Untuk Membuka Lapangan Pekerjaan

membuka lapangan pekerjaan
membuka lapangan pekerjaan

Alasan menjadi pengusaha yang cukup mulia, yakni demi membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang. Jika Anda sudah memiliki niat ini, maka saya acungi Anda seribu jempol.

Ditengah hiruk pikuk orang sibuk mencari kerja, hanya sedikit sekali orang memikirkan hal ini. Hanya sedikit sekali orang yang inisiatif membuka usaha sendiri demi mengurangi pengannguran.

Menjadi pengusaha sukses memang tidak mudah, namun tidak ada yang tidak mungkin. Selama kita bekerja keras, maka keberhasilan suatu saat akan kita raih.

Apalagi kita memiliki sebuah tujuan yang mulai seperti mengurangi pengannguran. Tuhan pasti akan membantu melancarkan usaha kita, jangan khawatir lagi.

10. Memperbaiki Status Sosial

Ada yang bilang kalau hidup biasa saja gak papa asalkan bahagia, termasuk tidak memiliki status sosial yang baik ditengah masyarakat. Tapi memiliki status sosial yang bagus juga tidak ada yang melarang, bahkan menjadikan kita mampu mengangkat derajat keluarga, dan bisa membahagiakan orang-orang yang kita sayang.

Baca juga:  7 Tips Memulai Budidaya Tanaman Hias Untuk Pemula

Sebuah fakta dilapangan, kalau seorang pengusaha sukses akan dipandang oleh banyak orang dan tidak direndahkan. Bahkan ucapannya akan lebih didengar oleh orang-orang.

Menjadi pengusaha sukses juga membuat orang-orang segan dan tidak semena-mena. Dan akhirnya memberikan kenyamanan tersendiri dalam menjalani hidup sehari-hari.

11. Demi Hari Tua Yang Lebih Baik

sejahtera di hari tua
sejahtera di hari tua

Membangun usaha sejak dini sama dengan mempersiapkan hari tua yang lebih baik. Bekerja juga begitu, dengan rajin bekerja akan mempersiapkan hari tua yang lebih baik.

Namun ada perbedaan cukup besar antara bekerja dan berwirausaha. Terutama saat menginjak usia tua, kita tidak lagi sekuat saat muda, fisik semakin lemah dan pikiran mulai pikun. Jadi, kita tidak bisa terus bekerja sampai tua, harus ada jaminan yang cukup baik.

Begitu juga dengan uang pensiun atau pesangon dari sebuah perusahaan. Tidak semua memberikan hitungan yang layak, dan tidak semua bisa mencukupi sampai hari tua kita. Dengan menjadi wirausaha akan mampu mengatasi hal tersebut.

Dengan membangun usaha sejak dini, Anda akan memiliki usaha yang besar di masa depan. Tidak perlu bekerja saat hari tua dan memiliki tabungan yang jauh lebih besar. Inilah manfaat luar biasa menjadi pengusaha, yakni memberikan jaminan hari tua yang lebih baik.

12. Menjadi Pengusaha Demi Ibadah Yang Lancar

demi ibadah yang lancar
demi ibadah yang lancar

Pernahkah sobat mendengar kisah orang yang ibadahnya sulit karena pekerjaan mereka. Ada yang ibadahnya terburu-baru karena waktu istirahat terbatas, ada yang bahkan tidak bisa ibadah karena sistem kerja di perusahaan.

Jika pekerjaan Anda mengganggu ibadah Anda, jangan ragu untuk meninggalkannya. Masih banyak kok pekerjaan lain yang pastinya lebih baik dan tidak menggangu ibadah kita.

Karena hal tersebutlah alasan menjadi pengusaha semakin kuat. Yakni demi kebebasan waktu dan kelancaran kita dalam beribadah.

Bahkan menjadi pengusaha bisa menjalankan ibadah dengan tenang tanpa terburu-buru alarm pabrik, jam kantor dan sejenisnya. Belum lagi kalau Anda jadi pengusaha sukses, bahkan bisa naik haji dan menghajikan keluarga, manfaatnya besar sekali.

13. Ingin Dikenal Banyak Orang (Relasi)

Alasan menjadi pengusaha lainnya adalah agar memiliki banyak relasi dan dikenal oleh banyak orang. Berbeda dengan bekerja yang terkadang ruang lingkup kita terbatas, namun menjadi pengusaha bisa memiliki relasi seluas-luasnya.

Seorang pengusaha memang harus memiliki relasi bisnis yang bagus. Dengan begitu bisnis akan lebih lancar, mulai dari pasokan barang, kerjasama sampai dengan penjualan.

Hal ini membuat seorang pengusaha memiliki banyak teman dan relasi. Bahkan tidak jarang pengusaha sukses memiliki banyak relasi hebat, banyak orang sukses, orang kaya, orang terkenal, pejabat dan kenalan-kenalan hebat lainnya.

14. Demi Memajukan Bangsa Dan Negara

Tanpa disadari seseorang yang menjadi pengusaha juga turut memajukan bangsa dan negara ini. Karena kita juga berperan memajukan prekonomian sebuah negara.

Dari sisi lain juga membantu mengurangi pengangguran yang ada ditengah masyarakat. Andai saja lebih banyak anak muda zaman sekarang memilih menjadi pengusaha daripada bekerja. Pasti negara ini akan jauh lebih maju bahkan bisa saja kekurangan tenaga kerja.

Apapun alasan menjadi pengusaha yang Anda utarakan sekarang. Semoga saja itu menjadi sebuah motivasi terbaik untuk Anda menjadi seorang pengusaha sukses di masa depan. Cukup sekian sobat informasi kali ini, dan salam sukses dari admin prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button