Sharing Santai

3 Cara Menggunakan NFC di iPhone: Panduan Lengkap untuk Pemula

Cara menggunakan NFC di iPhone sangatlah mudah dan akan kita bahas disini. Near Field Communication (NFC) adalah teknologi komunikasi nirkabel jarak dekat yang memungkinkan perangkat, seperti smartphone, untuk berinteraksi satu sama lain dengan aman dan cepat. Dalam beberapa tahun terakhir, NFC telah menjadi semakin populer, terutama di kalangan pengguna iPhone.

Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran nirkabel, berbagi konten, dan bahkan menggunakan perangkat mereka sebagai kartu akses. Dengan memahami cara kerja NFC dan bagaimana menggunakannya secara efektif, Anda akan dapat memaksimalkan potensi perangkat iPhone Anda dan menikmati berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi ini.

Mengenal NFC pada iPhone

NFC pertama kali diperkenalkan pada iPhone 6 dan iPhone 6 Plus pada tahun 2014. Sejak itu, Apple telah menyertakan teknologi NFC pada hampir semua model iPhone terbarunya. Beberapa fitur utama NFC di iPhone meliputi Apple Pay, penggunaan kartu akses, serta berbagi konten melalui aplikasi dan aksesori. Untuk menggunakan NFC di iPhone, Anda harus memiliki model iPhone yang kompatibel dengan teknologi ini. Berikut ini daftar beberapa model iPhone yang mendukung NFC:

  • iPhone 6 dan 6 Plus
  • iPhone 6s dan 6s Plus
  • iPhone SE (generasi pertama dan kedua)
  • iPhone 7 dan 7 Plus
  • iPhone 8 dan 8 Plus
  • iPhone X, XR, XS, dan XS Max
  • iPhone 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max
  • iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro, dan 12 Pro Max
  • iPhone 13, 13 Mini, 13 Pro, dan 13 Pro Max

Perlu diperhatikan bahwa fitur dan kemampuan NFC mungkin berbeda antara model iPhone yang berbeda. cara menggunakan NFC di iPhone

Mengaktifkan dan Mengatur NFC pada iPhone

Untuk mulai menggunakan NFC di iPhone, Anda harus mengaktifkan dan mengatur fitur ini pada perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan dan mengatur NFC di iPhone:

  • Pastikan perangkat Anda menjalankan sistem operasi iOS terbaru. Untuk memeriksa pembaruan, buka “Pengaturan” > “Umum” > “Pembaruan Perangkat Lunak” dan ikuti petunjuk yang diberikan jika ada pembaruan yang tersedia.
  • Aktifkan Apple Pay (jika Anda ingin menggunakan NFC untuk pembayaran nirkabel). Buka aplikasi “Wallet” pada iPhone Anda, kemudian ikuti petunjuk yang diberikan untuk menambahkan kartu kredit atau debit Anda. Anda juga bisa menambahkan kartu hadiah, tiket, dan kartu anggota ke Wallet. cara menggunakan NFC di iPhone
  • Aktifkan fitur “Express Transit” (jika Anda ingin menggunakan NFC untuk kartu akses). Buka “Pengaturan” > “Wallet & Apple Pay” > “Express Transit Card” dan pilih kartu yang ingin Anda gunakan sebagai kartu akses default.
Baca juga:  10 Cara Memilih Universitas untuk SNMPTN: Cara Cerdas dalam Menentukan Pilihan

Cara Menggunakan NFC untuk Membayar dengan iPhone

Salah satu penggunaan utama NFC di iPhone adalah untuk melakukan pembayaran nirkabel melalui Apple Pay. Berikut cara menggunakan NFC di iPhone untuk prmbayaran nirkabel:

  1. Pastikan Anda berada di dekat terminal pembayaran yang mendukung Apple Pay atau memiliki logo NFC.
  2. Aktifkan layar iPhone Anda dengan mengangkat perangkat atau menekan tombol samping.
  3. Tempatkan bagian atas iPhone Anda dekat dengan terminal pembayaran. Jika Anda menggunakan iPhone X atau model yang lebih baru, pastikan Anda melihat jendela kartu Apple Pay muncul di layar Anda.
  4. Untuk mengautentikasi pembayaran, gunakan Face ID atau Touch ID, tergantung pada model iPhone Anda. Jika diminta, masukkan PIN atau kata sandi Anda.
  5. Tunggu hingga transaksi selesai dan terminal pembayaran mengonfirmasi pembayaran berhasil.

Menggunakan NFC untuk Berbagi Konten dan Informasi

NFC juga dapat digunakan untuk berbagi konten dan informasi dengan perangkat lain yang mendukung NFC. Berikut beberapa cara menggunakan NFC di iPhone untuk berbagi konten:

  • Aksesoris NFC: Anda bisa menggunakan tag NFC atau aksesoris yang kompatibel dengan iPhone untuk mengatur dan berbagi informasi. Misalnya, Anda dapat menggunakan tag NFC untuk membagikan kartu bisnis digital, menghubungkan ke jaringan Wi-Fi, atau meluncurkan aplikasi tertentu.
  • Penggunaan aplikasi pihak ketiga: Beberapa aplikasi pihak ketiga, seperti NFC Tools, memungkinkan Anda untuk membaca dan menulis tag NFC dengan iPhone Anda. Download dan instal aplikasi yang sesuai dari App Store, lalu ikuti petunjuk yang diberikan untuk berbagi konten melalui NFC. cara menggunakan NFC di iPhone

Cara Menggunakan NFC di Iphone untuk Kartu Akses

NFC di iPhone juga bisa digunakan untuk mengakses bangunan atau sistem transportasi publik dengan fitur Express Transit. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menggunakan kartu akses dengan iPhone Anda:

  • Pastikan Anda telah mengaktifkan fitur “Express Transit” dan menambahkan kartu yang sesuai ke Wallet Anda, seperti yang dijelaskan pada Bagian 2.
  • Ketika Anda mendekati pembaca kartu akses, seperti di pintu masuk bangunan atau stasiun transportasi publik, tempatkan bagian atas iPhone Anda dekat dengan pembaca kartu.
  • Tunggu hingga iPhone Anda mengeluarkan suara dan/atau getaran untuk mengonfirmasi akses telah berhasil. cara menggunakan NFC di iPhone
Baca juga:  10 Tips Memilih Jurusan Kuliah untuk Anak SMK yang Tepat, Simak!

Tips Menggunakan NFC di iPhone yang Efektif dan Aman

Berikut beberapa tips untuk menggunakan NFC di iPhone dengan efektif dan aman:

  • Pastikan iPhone Anda mendukung NFC: Untuk menggunakan NFC, Anda harus memiliki model iPhone yang kompatibel. NFC tersedia pada iPhone 6 dan model yang lebih baru. Periksa spesifikasi perangkat Anda untuk memastikan bahwa teknologi ini didukung.
  • Perbarui iOS Anda: Sebelum menggunakan NFC, pastikan iPhone Anda menjalankan versi iOS terbaru. Apple terus memperbarui dan meningkatkan fitur NFC, sehingga menjaga perangkat Anda up-to-date akan membantu memastikan kinerja dan keamanan yang optimal.
  • Kenali simbol NFC: Ketika Anda berada di toko atau tempat umum lainnya, perhatikan simbol NFC yang menunjukkan bahwa terminal atau perangkat yang Anda hadapi mendukung teknologi ini. Simbol ini umumnya berbentuk gelombang atau huruf “N” dengan gelombang.
  • Gunakan Apple Pay: Salah satu cara paling populer untuk menggunakan NFC di iPhone adalah melalui Apple Pay. Pastikan Anda mengatur Apple Pay dengan menambahkan kartu kredit atau debit ke aplikasi Wallet Anda. Ingat untuk mengaktifkan Face ID atau Touch ID untuk keamanan tambahan saat melakukan pembayaran. cara menggunakan NFC di iPhone
  • Manfaatkan fitur Express Transit: Dengan mengaktifkan fitur Express Transit pada iPhone Anda, Anda dapat menggunakan perangkat Anda sebagai kartu akses untuk transportasi umum dan bangunan tertentu. Pastikan untuk menambahkan kartu yang kompatibel ke Wallet Anda dan mengaktifkan fitur ini dalam pengaturan.
  • Berbagi konten dengan tag NFC: Anda dapat menggunakan tag NFC untuk berbagi informasi atau konten dengan mudah. Pertimbangkan untuk membeli tag NFC yang dapat diprogram dan menggunakannya untuk membagikan kontak, menghubungkan ke jaringan Wi-Fi, atau meluncurkan aplikasi.
  • Gunakan aplikasi pihak ketiga: Beberapa aplikasi pihak ketiga, seperti NFC Tools, memungkinkan Anda untuk membaca dan menulis tag NFC dengan iPhone Anda. Pertimbangkan untuk mencoba aplikasi ini untuk mengakses fitur NFC yang lebih canggih.
  • Jaga keamanan informasi Anda: Saat menggunakan NFC, pastikan Anda menjaga keamanan informasi Anda. Jangan membagikan informasi sensitif melalui NFC kecuali Anda yakin bahwa perangkat yang Anda komunikasikan dengannya aman dan tepercaya.
  • Pertahankan jarak yang tepat: Untuk menggunakan NFC dengan sukses, pastikan iPhone Anda berada dalam jarak dekat (biasanya beberapa sentimeter) dari perangkat atau terminal yang ingin Anda komunikasikan dengannya. Jika Anda terlalu jauh, komunikasi mungkin tidak berhasil. cara menggunakan NFC di iPhone
Baca juga:  11 Manfaat Luar Biasa Dari Sifat Dan Perilaku Amanah (Patut Ditiru)

Dengan mengikuti tips ini, Anda akan dapat memanfaatkan fitur NFC di iPhone Anda secara efisien dan aman. NFC dapat memberikan banyak kemudahan dan keuntungan, jadi jangan ragu untuk menjelajahi berbagai cara menggunakan NFC di iPhone ini untuk meningkatkan pengalaman Anda dengan perangkat iPhone Anda.

Dengan mengetahui cara menggunakan NFC di iPhone memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai tugas, seperti pembayaran nirkabel, berbagi konten, dan mengakses bangunan atau sistem transportasi. Dengan mengikuti panduan lengkap ini, Anda akan bisa memanfaatkan teknologi NFC pada iPhone Anda dengan mudah dan efisien. Pastikan Anda selalu menjaga keamanan informasi Anda dan menggunakan fitur NFC dengan bijaksana untuk mengoptimalkan pengalaman penggunaan iPhone Anda.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button