Ragam Manfaat

Trust Issue Adalah: Pengertian, Penyebab dan Dampak

trust-issue-adalah
Sumber Foto: Freepik

Sekarang ini, seringkali kita mendengar berbagai istilah atau bahasa gaul yang beredar di media sosial. Istilah atau bahasa gaul tersebut salah satunya seperti trust issue. Meskipun, bagi beberapa orang ini bukanlah suatu hal yang asing. Tetapi, mungkin bagi kalian masih mempertanyakan arti dari trust issue adalah dan beberapa pertanyaan umum lainnya. 

Penggunaan trust issue itu sendiri dapat digunakan secara luas, baik itu ditujukan kepada keluarga, teman, pasangan atau lain sebagainya. Meskipun mungkin tadinya kamu beranggapan bahwa ini adalah hal sepele. Namun, perlu kamu garis bawahi bahwa permasalahan trust issue bukanlah hal yang sepele.

Para penderitanya perlu melakukan beberapa tindakan, seperti memahami berbagai penyebab hingga cara mengatasinya. Terlepas dari itu, bagi kamu yang penasaran dengan pembahasan trus issue secara mendalam, pastikan untuk mengikuti pembahasan menarik berikut ini. 

Arti trust issue adalah?

Sebenarnya, trust issue ini berasal dari bahasa Inggris yang mana jika kita artikan dalam bahasa Indonesia memiliki arti masalah kepercayaan. Secara pengertian, trust issue adalah situasi ketika seseorang mengalami rasa sulit percaya pada orang lain yang disebabkan oleh beberapa faktor tertentu, baik itu seperti pengkhianatan, kecewa, tersakiti, dan lain sebagainya. 

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, trust issue itu sendiri dapat terjadi kepada seseorang yang ditujukan secara luas bisa kepada keluarga, teman, pasangan, dan lainnya. Dengan demikian, tentunya dengan persoalan yang luas tersebut seseorang yang mengalami permasalahan kepercayaan ini perlu tindakan yang berbeda-beda. 

Meskipun terdengar ini seperti masalah biasa, tetapi jika dibiarkan maka dapat menimbulkan masalah-masalah serius pada mental orang tersebut. Pasalnya, dikhawatirkan orang yang mengalami permasalahan ini dan larut dalam masalah tersebut, justru akan memberikan dampak buruk bagi dirinya sendiri. 

Baca juga: Posesif Adalah Sifat yang Bisa Merusak Hubungan? Kenali Ciri-ciri dan Penyebabnya

Gejala Trust Issue

Perlu kamu ketahui, mungkin setiap orang yang mengalami permasalahan trus issue ini mengalami gejala yang bahkan mungkin tidak sama. Namun, secara umum ada beberapa gejala yang biasanya terjadi kepada seseorang yang mengalami masalah kepercayaan tersebut. Adapun beberapa gejala trust issue seperti berikut ini:

1. Mudah Curiga Kepada Orang Lain

Seperti yang sudah kita ketahui, masalah trust issue ini merupakan sebuah masalah yang serius. Umumnya terjadinya karena beberapa faktor penyebab salah satunya seperti pernah dikhianati atau dikecewakan yang umumnya dilakukan oleh pasangan atau teman. 

Seseorang yang mengalami permasalahan ini cenderung lebih curiga kepada orang baru yang ingin mendekati mereka. Pasalnya, mereka menganggap bahwa semua orang berniat atau memiliki tujuan yang sama dan bisa menyakiti atau mengkhianati mereka. Oleh karena itu, tak jarang meskipun sudah membuktikan keseriusan mereka masih menyimpan rasa curiga kepada orang lain. 

2. Tidak Mudah Percaya Kepada Orang Lain

Selain memiliki rasa curiga yang berlebihan kepada orang lain, biasanya seseorang yang mengalami masalah atau menyimpan trust issue ini cenderung tidak mudah percaya kepada orang lain bahkan orang yang sudah lama mereka kenal. Biasanya, meskipun mereka menjalin hubungan tetapi mereka tidak menyertakan rasa kepercayaan di dalamnya. 

Selain itu, orang yang memiliki permasalahan trust issue ini lebih membatasi dalam hal berkomunikasi dengan orang lain. Pasalnya, mereka tidak mudah percaya kepada orang baru. Dengan demikian, mereka hanya membicarakan hal-hal yang mereka anggap perlu saja. Mereka akan menutup orang-orang yang belum mereka percayai untuk masuk ke ranah kehidupan mereka lebih jauh lagi. 

3. Sering Merasakan Kesepian dan Hampa

Seseorang yang mengalami permasalahan trust issue umumnya akan lebih memilih menyendiri dan memilih tertutup dari lingkungannya, dengan demikian mereka akan asing dengan orang lain. Mereka terkadang merasa kesepian dan hampa. Meskipun sebenarnya, mereka enggan mengasingkan diri mereka kepada orang lain, akan tetapi rasa ketakutan mereka menutupinya. Hal tersebutlah yang menjadikan alasan mengapa mereka lebih memilih sendiri. 

Baca juga: Insecure Adalah: Gejala, Penyabab, dan Tips Mengatasinya

4. Protektif Kepada Orang yang Mereka Sayang

Selain beberapa gejala sebelumnya, seseorang yang memiliki trust issue ini cenderung lebih protektif kepada orang yang mereka sayang baik itu teman, keluarga atau bahkan pasangan. Ketika mereka sudah benar-benar percaya kepada seseorang, cenderung mereka akan protektif. Namun, perlu kamu ketahui tidak semua orang yang memiliki trust issue seperti ini. Ada juga mereka-mereka yang bahkan cuek atau tidak protektif kepada orang yang mereka sayang. 

5. Sulit Memaafkan Orang Lain

Mungkin kamu juga sudah tidak asing mengapa mereka mengalami permasalahan trust issue ini. Pastinya, sebagian dari mereka akan menyimpan trauma bahkan dendam kepada orang-orang yang sangat menyakitinya. Tak heran, jika seseorang yang memiliki trust issue mengalami gejala sulit memaafkan orang lain. 

Penyebab trust issue adalah?

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan terjadinya trust issue kepada seseorang. Umumnya karena pengalaman dari masa lampau. Sebagian dari mereka cenderung mengalami kekecewaan, penghianatan atau hal lainnya yang membuat mereka menjadi trauma ketika mengingatnya. Hal inilah yang menyebabkan seseorang mengalami trust issue. 

Selain itu, adapun faktor lain yang menyebabkan mereka terkena trust issue yaitu karena kejadian menyedihkan atau menyakitkan yang membuat mereka selalu teringat dan terbayang tentang hal tersebut. Tidak hanya beberapa faktor tersebut, ada juga faktor lain yaitu karena hubungan asmara.

Sebagian besar orang yang mengalami trust issue tersebut yaitu karena hubungan asmara. Umumnya dalam hubungan seseorang menaruh ekspektasi kepada pasangannya yang baik-baik dan tidak mungkin mereka menyakitinya. Namun, pada akhirnya ekspektasi tersebut tidak sesuai dengan realita. Maka dari itu, mereka merasakan kekecewaan, penghianatan dan lain sebagainya.

Baca juga: Manipulatif Adalah Sifat yang Berbahaya? Kenali Ciri-Cirinya

Dampak Trust Issue

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, jika kamu terkena atau orang terdekat kamu mengalami permasalahan ini, jangan dianggap sepele. Pasalnya, trust issue ini dapat menyebabkan permasalahan pada mental seseorang jika dibiarkan. Adapun beberapa dampak dari trust issue seperti berikut ini:

  • Sering merasa overthinking terhadap semua hal, terlebih jika mereka mengalami masalah ini karena pasangan. Maka mereka akan merasakan overthinking kepada pasangan. 
  • Hidup terasa sepi, hal ini terjadi sebab tidak sedikit dari mereka yang mengalami permasalahan trust issue cenderung menutup diri mereka dari lingkungan. Hal tersebutlah yang menyebabkan hidup mereka terasa sepi. 
  • Merenggangnya hubungan. Hal ini dapat terjadi baik itu pada hubungan pasangan, pertemanan, dan lain sebagainya. Pasalnya, setelah seseorang mengalami trust issue mereka susah untuk percaya kepada orang lain meskipun orang tersebut sudah lama mereka kenal.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button