Ragam Manfaat

5 Tips Agar Labu Berbuah Banyak, Ini Yang Harus Dilakukan

Tips Agar Labu Berbuah Banyak – Menanam sayuran dan buah buahan merupakan hal sangat menyenangkan bukan?? Tentu saja sangat menyenangkan! Apalagi untuk kalangan ibu ibu rumah tangga di rumah. Dan jika kamu hidup di lingkungan pedesaan yang memiliki lahan kosong yang tidak terpakai. 

Tentu saja hal ini cukup membantumu untuk melakukan penanaman seperti sayuran, buah buahan atau yang lainnya. Nah, dalam artikel ini yang akan kita bahas adalah tentang labu. Siapa Sih yang tidak tahu labu?? Ya labu ada 2, tentu saja yang sering kita temui adalah labu siam dan labu Kuning (waluh).

Kita akan bahas tentang labu kuning, tentu saja kita masih bingung apakah labu kuning termasuk sayuran atau buah?? Akan tetapi banyak yang sudah menafsirkan bahwa labu kuning adalah labu yang tergolong sebagai sayuran. Bahkan labu ini sering kali kita jumpai digunakan untuk Mpasi pada bayi.

Terkadang juga orang jawa mengolah labu kuning menjadi santapan yang lezat seperti kolak waluh. Menanam labu kuning ini pun cukup mudah, serta tidak membutuhkan banyak perawatan seperti tanaman tanaman yang lainnya. 

Ini Dia Tips Agar Labu Berbuah Banyak

tips agar labu berbuah banyak
tips agar labu berbuah banyak

Tanaman labu kuning merupakan tanaman pangan yang sudah banyak sekali dibudidayakan di indonesia. Lalu bagaimana cara menanam labu agar tumbuh berbuah dengan banyak?? Yuk simak penjelasan berikut ini :

1. Perhatikan Syarat Menanam Labu

Tips agar labu berbuah banyak yang pertama adalah perhatikan syarat menanamnya terlebih dahulu.

Baca juga:  7 Tips Foto Di Pantai Yang Keren Dan Instagramable

Untuk menanam labu kuning ini merupakan hal yang sangat mudah, karena labu kuning ini merupakan tanaman yang mudah sekali untuk tumbuh. Tanaman ini bisa tumbuh didaerah dengan ketinggian 800 sampai 1200 m diatas permukaan laut. 

Dan untuk curah hujan yang diperlukan 700 mm hingga 1000 mm per tahun dengan kelembaban sekitar 75% hingga 80%. Labu kuning ini merupakan tanaman yang sangat bagus sekali di tanah yang humus, tanah merah, atau sisa rawa dengan tingkat keasaman tanah 5,0 hingga 6,5. 

Labu kuning atau waluh adalah tanaman yang sangat bagus tumbuh di atas tanah aluvial humus, sisa rawa, tanah gembur, tanah merah, andosol, dan grumosol dengan tingkat keasaman atau pH tanah 5.0 – 6.5.

2. Pembibitan Labu Kuning

Pembibitan labu kuning memiliki sifat yang generatif melalui bijinya, pastikan juga biji labu bening memiliki kualitas yang terbaik. Sehingga memiliki pertumbuhan yang bagus dan tahan dengan adanya hama yang menyerang selama pertumbuhan.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa mengetahui bibit yang berkualitas?? Berikut ini cara memilih bibit labu kuning yang berkualitas :

  1. Untuk bibit yang berkualitas, pilihlah bibit dari buah yang besar dan memiliki warna kulit yang terlihat segar.
  2. Kalau kamu sudah menemukan buah yang sesuai dengan kualitas, lalu diamkan labu tersebut di pohon sampai matang sempurna.
  3. Jika buah labu sudah matang, kamu bisa memetiknya dan simpanlah labu tersebut selama 7 hari
  4. Kemudian setelah 7 hari labu kuning didiamkan, potonglah labu kuning dan kemudian ambil semua bijinya.
  5. Setelah kamu mengambil biji bersihkan dan biarkan biji tersebut mengering, di bawah sinar matahari selama 3 hari sampai 4 hari. 
  6. Jika sudah melalui proses pengeringan, baru kamu bisa melakukan penanaman biji tersebut.
Baca juga:  5 Tips Packing Ngekos Sederhana, Rapi Dan Tidak Ribet

Itulah proses cara penyiapan bibit labu yang bagus dan memiliki kualitas untuk penanaman dengan hasil terbaik. Jadi, kamu bisa menyiapkan bibit sendiri dari labu tanpa perlu kamu membeli bibit yang sudah.

3. Penyiapan Tempat untuk Tanaman Labu Kuning

Tips selanjutnya adalah kamu perlu menyiapkan tempat untuk menanam labu kuning. Biasanya orang melakukan penanaman labu di tanah karena proses penanamannya menyebar dan membutuhkan lahan yang cukup luas.

Lahan yang luas juga mempengaruhi perkembangan dari labu kuning ini. oleh karena itu, terkadang petani menanam labu kuning ini dilahan yang luas. Nah, untuk proses ini ada beberapa penyiapan tempan lahan yang harus dilakukan sebelum kamu memulai penanaman labu. Diantaranya berikut ini :

  1. Pastikan lahan yang akan kamu gunakan sudah bersih, cabut semua rumput jika ada lalu bakar sisa rumput atau tampilannya. Karena dikhawatirkan bisa menjadi sarang penyakit.
  2. Pastikan juga lahan yang akan kamu gunakan tidak ada pepohonan atau bangunan yang menghalangi sinar matahari
  3. Lalu tanah yang perlu kamu siapkan harus memiliki penyerapan air yang baik.
  4. Tanah yang akan digunakan harus sudah dicangkul kemudian buatlah bedengan dengan ukuran 1m dengan ketinggian 30 cm
  5. Dan untuk bedengan 1m kamu bisa membuatkan 2 lubang tanam dengan jarak setiap lubang 40cm.

4. Menanam Labu Kuning

Setelah kamu membuat lubang untuk menanam, berikan pupuk kandang di setiap lubang. Ukuran lubang tanam dan bedengan sama seperti yang sudah dijelaskan diatas. Dan kemudian tambahkan pupuk kandang 5kg perlubang tanam, lalu diamkan hingga 7 hari. Setelah 7 hari kamu bisa menanam labu kuning dalam lubang yang sudah disediakan.

Untuk mencegah hewan yang bisa membunuh atau merusak tanaman kamu bisa menggunakan abu sekam pada setiap lubang tanam labu.

Baca juga:  Implementasi Adalah: Pengertian, Tujuan dan Cara Membuat

4. Perawatan Labu Kuning

Selanjutnya untuk tips agar labu berbuah banyak adalah melakukan perawatan dengan maksimal. Pada umumnya labu kuning tidak membutuhkan banyak perawatan, tanaman labu ini bisa tumbuh dengan sendirinya. Dan bisa mencari jalan untuk menjalar ke lahan lahan yang sudah ada, dengan adanya lahan yang luas juga membuat labu ini lebih banyak untuk berbuah. 

Jadi tips agar labu bisa berbuah dengan banyak adalah dengan tetap melakukan perawatan yang baik ada tanaman labu kuning ini. Nah, berikut ada beberapa tips yang dilakukan saat melakukan perawatan pada tanaman labu kuning sebagai berikut :

  • Penyiraman
  • Pemupukan
  • Penyulaman
  • Penyiangan
  • Pemberian Ajir

Nah perawatan seperti diatas bisa kamu lakukan dengan mudah, pada dasarnya perawatan labu kuning sangat mudah untuk kamu lakukan.

5. Proses Panen Labu Kuning

Tips yang terakhir merupakan tips yang ditunggu tunggu oleh para petani atau penanam labu kuning ini yaitu tahap pemanenan. 

Labu kuning terbilang tanaman yang mudah sekali berkembang dan berbuah, labu kuning akan memulai berbunga setelah 60 hari setelah ditanam. Dan buah akan matang ketika umur 80 hari setelah bibit ditanam. 

Berikut ini ciri-ciri labu kuning yang telah siap panen :

  1. Batang mengering
  2. Buah labu Berwarna Kuning ke oren orenan yang cerah.
  3. Buah labu memiliki kulit yang keras

Proses pemanenan labu kuning di bisa dilakukan secara bertahap. Lebih baiknya sebulan atau dua bulan sekali.

Cukup mudah bukan?? Tentu saja! Nah, cara cara diatas bisa kamu lakukan sendiri untuk kamu praktekkan. Jika kamu tidak memiliki lahan yang luas, untuk mencobanya kamu bisa melakukan penanaman di pot atau lahan yang ada disekitar rumahmu. Lakukan seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel ini. 

Sekian penjelasan tentang tips agar labu kuning cepat berbuah dengan banyak, semoga artikel ini cukup bermanfaat. Dan selamat mencobanya. Salam sukses dari blog prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button