4 Tips Jitu Agar Pohon Jambu Air Berbuah Lebat Lebih Cepat

Tips Agar Pohon Jambu Air Berbuah LebatJambu air merupakan salah satu buah yang banyak digemari oleh masyarakat indonesia. Jambu air memiliki rasa yang khas manis manis asam segar dan mempunyai banyak kandungan air yang sangat melimpah. 

Buah jambu air ini juga sangat cocok untuk menikmati ketika cuaca sedang panas karena buah ini sangat terkenal dengan adanya kandungan air yang cukup banyak. Maka, tak bisa dipungkiri jika banyak orang yang membudidayakan tanaman buah jambu air ini.

Seperti yang sudah terbilang di luaran sana bahwa tanaman buah jambu air ini sangat begitu mudah perawatannya. Selain itu pohon jambu air juga sudah dikenal dengan pohon yang cepat sekali berbuah. Sehingga anda tidak memerlukan waktu yang lama untuk memanen atau menikmati buah jambu air ini.

Nah, untuk anda yang ingin menanam atau membudidayakan tanaman ini, atau malah sudah memiliki pohon jambu air dirumah. Anda perlu mengetahui bagaimana cara menanam pohon ini serta merawat pohon ini agar cepat berbuah dengan lebat. Yuk simak penjelasan lengkapnya dibawah ini : 

Cara Dan Tips Agar Pohon Jambu Air Berbuah Lebat

jambu air berbuah lebat
jambu air berbuah lebat foto : Instagram.com/@dowizzie

Cara dan tips yang tepat agar pohon jambu air berbuah lebat lebih cepat. Anda perlu pastikan dahulu jenis pohon jambu air apa yang akan anda tanam, karena dipastikan ada banyak jenis pohon jambu. Dengan adanya bibit pohon jambu air yang berbeda beda tentu saja memiliki perawatan yang berbeda beda juga.

Baca juga:  5 Tips Agar Kue Lapis Tidak Cepat Basi, Perlu Kamu Ketahui!

Untuk menanam pohon jenis apapun jika ingin mendapatkan hasil yang bagus dan berkualitas. Tentunya anda juga tidak asal menanam dan asal pilih bibit. Berikut ini cara yang tepat untuk anda yang akan melakukan penanaman pohon buah jambu air agar cepat berbuah dengan lebat.

1. Pemupukan Pada Buah Jambu Air

Tips agar buah jambu air berbuah lebat yang pertama, yakni anda perlu melakukan pemupukan secara rutin. Lakukan pemupukan pada pohon buah jambu air yang telah berusia dua bulan setelah bibit pohon tersebut ditanam. 

Pupuk yang bisa anda gunakan adalah pupuk organik yang terbuat dari kotoran hewan kambing yang sudah terfermentasi atau sudah diolah. Usahakan berikan pemupukan pohon tersebut dengan takaran 15 kg buat satu pohon, dan lakukan secara rutin setiap 3 bulan sekali.

Dan lakukan juga pemupukan dengan pupuk kimia pada setiap satu bulan sekali. Walaupun pemupukan memakai pupuk kimia lebih cepat prosesnya tetapi anda perlu membatasi penggunaannya.

Dan perlu anda ketahui juga bahwa pemupukan memakai pupuk kimia dapat merusak tanah. Dan nutrisi yang ada dalam tanah akan hilang serta akan membuat tanah tersebut tidak bisa untuk digunakan penanaman kembali.

Cara Pemberian Pupuk Pada Pohon Jambu Air

  • Jika anda menggunakan pupuk kandang, hal yang perlu anda lakukan adalah mengubur atau membenamkan pupuk kedalam tanah.
  • Pastikan juga agar pupuk kandang yang anda berikan pada pohon tersebut yang sudah diolah atau ter terfermentasi
  • Setelah anda mengubur atau membenamkan tutupi dengan tanah yang ada di sekitar dan sirami bibit pohon jambu air.
  • Atau bisa juga anda membuat lubang biopori untuk memasukkan pupuk ke dalamnya
  • Lalu sirami atau semprot dengan air sedkit demi sedikit.
Baca juga:  9 Tips Memakai Tunik Untuk Orang Pendek Agar Lebih Keren

Lakukan pemupukan secara tepat dan benar agar menghasilkan pohon dengan buah yang lebat. Tentu saja melakukan pemupukan dengan benar bisa menjadi faktor utama pertumbuhan pada pohon jambu air tersebut. Lakukan secara teratur dengan proses yang tertata.

2. Penyiraman dan Penggemburan Media Tanam

Bagian terpenting dalam melakukan penanaman pohon buah jambu air ini adalah bagian pada saat penyiraman. Tentu saja pada proses penyiraman pada pohon jambu air ini sangat diperlukan dan penting.

Penyiraman ini sangat penting karena berguna agar jambu air cepat berbuah. Lakukan penyiraman satu kali setiap hari, apalagi saat memasuki bulan kemarau. Penyiraman harus selalu dilakukan agar media tanam tidak mudah kering serta dehidrasi.

Jika anda melakukan penyiraman tanaman dengan menggunakan air yang mempunyai kandungan kaporit. Sebelum anda melakukan penyiraman sebaiknya anda perlu mendiamkan air tersebut selama semalam. Setelah kandungan kaporit mengendap barulah kamu menyiramkan air tersebut kepada pohon jambu air yang anda tanam.

Lalu anda juga perlu memperhatikan ketika musim penghujan turun, selalu perhatikan agar batang pada pohon jambu tidak terendam. Pastikan jika terendam batang pohon jangan sampai melebihi dari 12 jam. Karena batang pohon yang tergenang dengan air dapat mudah sekali busuk dan terserang penyakit. 

3. Mengurangi Daun jambu Air Atau Perontokan

Mengurangi daun atau merontokan daun jambu air ini dilakukan guna untuk mengatur arah pertumbuhan pohon. Setelah daun dirontokan biasanya akan tumbuh daun yang baru pada bagian yang telah dipotong.

Mengurangi daun atau perontokan daun bisa dilakukan saat bibit jambu air sudah memasuki usia pada umur 6 hingga 8 bulan setelah penanaman. Cara mengurangi daun jambu air ini dilakukan dengan membuang daun yang terdapat dalam setiap ranting pohon. Perontokan daun harus dilakukan saat pohon sedang dalam kondisi sehat dan juga sedang subur. Waktu pemangkasan sebaiknya dilakukan saat pohon belum menginjak usia satu tahun dan tingginya memiliki kisaran 75 hingga 100 cm dari permukaan tanah.

Baca juga:  Arti Sukses Berawal Dari Mimpi Yang Sebenarnya

4. Penyemprotan ZPT

Zat penumbuh tubuh dapat disemprotkan apabila pohon jambu disemprotkan jika pohon jambu air sudah cukup kuat dalam kondisi yang sehat. Penyemprotan pertama dapat dilakukan pada saat pohon sudah diberikan pemupukan yang pertama. 

Semprotkan ZPT pada saat kondisi cuaca sedang tidak panas. Dan paling bagus adalah ketika sore hari. Tujuannya juga adalah agar ZPT tidak cepat menguap saat terkena matahari yang sangat terik. Zat pengatur tumbuh atau ZPT ini diberikan pada pohon jambu air. 

Berikan Zat pengatur tumbuh ini diberikan pada pohon jambu air agar dapat berbuah dengan cepat dan menghasilkan buah yang sangat lebat. Dan kamu juga bisa memberikan ZPT setiap dua minggu sekali jika kondisi pohon dan cuaca memungkinkan.

Dosis zat penumbuh tumbuh yang baik akan diberikan sekitar 1 cc atonik dengan campuran 1 hingga 2 liter air. Lalu aplikasikan dengan cara penyiraman ke batang pohon jambu air, semprotkan juga insektisida dengan takaran 2 cc dengan campuran 1 liter air.

Demikianlah penjelasan tentang cara dan tips agar pohon jambu air dapat berbuah dengan lebat serta cepat, dan mampu menghasilkan buah jambu air yang bagus. Siapa sih yang tidak ingin memiliki pohon yang berbuah dengan sangat lebat?? Tentu saja semua orang ingin memiliki pohon yang rimbun serta memiliki buah yang lebat. Maka, beberapa tips dan cara diatas bisa membantu anda untuk membudidayakan sebuah pohon buah. Salam sukses dari blog prayoga.id.

Tinggalkan komentar