9 Tips Memilih Keramik Dinding Dapur Terbaik Agar Tidak Menyesal

Tips Memilih Keramik Dinding Dapur – Terkadang saat seseorang akan merenovasi rumahnya tentu saja banyak sekali yang perlu disiapkan untuk memulai membangun rumah tersebut. tentu saja juga semua orang ingin menghasilkan rumah yang sederhana elegan dan nyaman ditempati. 

Hal tersebut bisa anda dapatkan ketika anda benar benar dapat menyiapkan semua kebutuhan saat akan dilakukannya pembangunan rumah tersebut. Nah, saat akan melakukan pembelian apa saja yang perlu anda beli sebaiknya anda juga perlu memperhatikan beberapa hal. 

Yakni terkait pemilihan batu bata, besi, semen, pasir, keramik lantai, serta keramik dinding dapur. Dalam artikel ini kita akan bahas mengenai pemilihan keramik dinding dapur yang tepat. Salah satu faktor yang bisa menentukan kenyamanan pada sebuah dapur yakni keramik dinding. Oleh sebab itu, untuk anda yang menginginkan dapur yang unik, nyaman dan membuat betah jika memasak.

Tips Memilih Keramik Dinding Dapur

Tips Memilih Keramik Dinding Dapur
Tips Memilih Keramik Dinding Dapur pic : rumah123.com

Tips memilih keramik dinding dapur ini sangat penting. Sebaiknya juga anda memilih keramik dinding yang tepat dan benar di antara lain yaitu pemilihan warna yang tepat, motif keramik yang tepat.

Tips yang perlu anda perhatikan juga saat penentuan keramik pada bagian bawah kompor. Ada baiknya jika keramik yang anda gunakan keramik yang tahan dengan panas sehingga keramik tersebut tidak mudah retak.

Dan pada bagian yang lain anda bisa menggunakan keramik yang mengkilap agar mudah untuk dibersihkan ketika kotor. Nah, berikut ini ada beberapa hal yang perlu anda ikuti dalam tips memilih keramik dinding dapur, antara lain :

Baca juga:  7 Tips Foto Di Pantai Yang Keren Dan Instagramable

1. Perhatikan Warna dan Ukuran Keramik

Tips pertama yang bisa anda dapatkan yakni anda memilih material keramik yang akan anda gunakan. Terutama anda juga perlu memilih keramik yang tahan dengan panas api agar tidak mudah pecah.

Nah untuk lokasi dapur lainnya anda bisa memilih keramik yang memiliki lapisan yang mengkilap. Karena dengan lapisan yang mengkilap memiliki tujuan agar mudah dibersihkan ketika terkena noda kotoran. Ada Pula beberapa jenis material keramik yang perlu anda ketahui dan bisa anda jadikan pilihan, antara lain :

  • Batu Alam Jenis Marmer
  • Batu Alam Jenis Batu Tulis 
  • Batu Alam Batu kapur 

Lalu, jangan pernah sesekali anda menyepelekan penentuan warna dan ukuran keramik disaat anda akan membelinya. Lakukanlah pemilihan yang tepat beserta ukurannya, agar tidak mengakibatkan keramik berlebihan dan tidak terpakai. 

Jika anda menginginkan dapur yang terlihat luas maka anda bisa memilih keramik dapur yang berukuran besar. Dan jika anda menginginkan dapur yang terkesan sempit anda bisa menggunakan keramik yang berukuran kecil. 

3. Memilih Motif Keramik yang Sesuai dengan Desain 

Untuk menambah kesan dapur agar terlihat lebih menarik dan unik anda bisa gunakan keramik yang sesuai dengan tema desain ruangan. Contohnya jika anda menginginkan dapur yang meriah ceria anda bisa memilih keramik dinding dapur yang bermotif buah atau bunga bunga. 

Bisa juga anda menggunakan dapur yang memiliki gaya ruangan minimalis dengan keramik dinding yang minimalis juga. Hindari pemakaian keramik yang tidak cocok dengan tema desain yang ada di ruangan tersebut. Fungsi dan manfaat keramik memang secara umum adalah untuk melindungi dinding dari noda kotoran ataupun kerusakan pada dinding tersebut.

Baca juga:  5 Tips Packing Ngekos Sederhana, Rapi Dan Tidak Ribet

Untuk menambah kesan yang lebih menarik dan cantik. Anda bisa menambahkan atau memasang fasilitas kitchen set, meja kursi makan atau yang lainnya.

4. Menambahkan Ornamen Yang Tertentu

Penambahan ornamen atau pernak pernik dapur itu sangat penting untuk menambah kesan yang apik cantik pada dapur. Maka dari itu, anda perlu memilih ornamen yang sesuai dengan tema dapur. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan warna dengan keramik agar terlihat semakin cocok.

5. Memilih Permukaan Lantai Yang Sesuai

Selain pemilihan keramik untuk dinding dapur, anda perlu juga untuk menentukan lantai dapur. Anda perlu memilih keramik lantai yang tepat agar lebih mudah membantumu ketika membersihkan lantai dapur. Selain itu, usahakan pemilihan keramik untuk lantai disesuaikan dengan tema dapur atau desain dapur.

6. Menyesuaikan Harga

Tips selanjutnya juga perlu anda perhatikan, untuk penyesuaian jenis keramik dengan biaya yang sudah anda siapkan. Jadi lakukan pembelian keramik sesuai dengan kebutuhan dan pilihlah keramik dengan harga yang tidak terlalu mahal. Dan juga tidak terlalu murah lakukan pemilihan keramik dengan kualitas yang baik.

7. Membeli Sesuai dengan Kebutuhan

Pembelian keramik tidak hanya berdasarkan mahal murahnya, akan tetapi juga dengan kebutuhan. Oleh sebab itu, pilihlah keramik yang anda butuhkan saat ini, jangan sampai anda membeli secara berlebihan karena akan membuat pengeluaran akan semakin membengkak. 

Untuk mengurangi resiko seperti itu anda bisa melakukan pembelian sesuai dengan kebutuhan saja. jangan sampai berlebih karena akan membuat keramik tersebut nganggur dan tak terpakai. Sayang sekali bukan??? 

8. Mencari Keramik Yang Bergaransi

Tips yang terakhir ini sangat perlu juga untuk anda perhatikan, karena saat pembelian keramik tentunya keramik tersebut terbungkus dengan kartus. Jangan pernah ragu untuk bertanya kepada penjual keramik, apakah keramik yang anda akan beli memiliki garansi???

Baca juga:  4 Tips Jitu Agar Pohon Jambu Air Berbuah Lebat Lebih Cepat

Jika anda ragu berarti anda siap untuk menanggung resiko ketika membeli keramik tanpa garansi. Apabila anda bertanya dan keramik tersebut memiliki garansi, hal ini akan mempermudahkan anda untuk mengembalikan keramik jika ada kerusakan pada keramik tersebut.

9. Perhatikan Keseimbangan Warna Keramik

Faktor yang ada ketika anda melakukan pemilihan keramik. Yaitu, anda perlu bisa memperhatikan perpaduan warna yang ada pada keramik dinding serta keramik lantai. Contoh halnya jika warna pada cat dinding yang tidak tertutup keramik berwarna terang, maka pilihlah keramik dinding yang lebih kalem. 

Begitupun sebaliknya, jika elemen lain pada dapur berwarna gelap anda bisa pilih keramik dengan warna yang terang. Jika ruangan dapur sudah terpasang adanya kitchen set ada baiknya juga anda menyesuaikan warna dengan lemari kitchen set tersebut. 

Nah, itulah beberapa tips pemilihan keramik dinding dapur yang bisa anda contoh dan ikuti. Pastikan anda tidak salah pilih ketika akan memilih keramik untuk di ruangan dapur yang anda akan miliki. Pilih dan pertimbangkan dengan benar benar agar anda dapat mempunyai dapur yang sesuai dengan ekspektasi anda. 

Jika anda sudah berkeluarga anda juga bisa memperundingkan pemilihan keramik ini dengan suami atau istri. Atau bisa juga anda mempercayakan kepada para tukang bangunan atau ahli dalam desain rumah agar bisa menentukan mana yang terbaik untuk menghasilkan dapur yang apik, cantik dan bisa membuat kita nyaman saat memasak. 

Demikianlah penjelasan tentang tips memilih keramik dinding dapur yang terbaik, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda yang baru merencanakan pembelian keramik untuk dirumah. Salam sukses dari admin prayoga.id.

Tinggalkan komentar