Ragam ManfaatSharing Santai

7 Tips Agar Murai Batu Punya Mental Tarung Dengan Cepat!

Tips Agar Murai Batu Punya Mental Tarung – Burung murai batu merupakan burung yang banyak sekali peminatnya, burung ini banyak disukai para pecinta burung karena memiliki suara kicauan yang merdu. Dan memiliki tubuh yang cantik dan mempesona.

Akan tetapi jika bicara tentang mental, burung murai batu ini tidak semua memiliki mental untuk bertarung. Meskipun burung murai batu ini terkenal dengan burung kicau petarung burung murai batu ini juga memiliki kemampuan dalam mengikuti suara suara yang beragam.

Burung murai batu ini sering sekali menjadi burung paling digemari dan sering diikutkan berbagai macam kontes kontes yang sering diadakan. Saat kamu memelihara burung murai batu yang telah mempunyai mental yang baik dan bagus. Maka, burung murai batu cukup kuat ketika diadu dengan burung murai batu yang lainnya. Jadi burung tersebut akan membanggakan untuk pemiliknya.

Jika kamu memiliki burung murai batu yang memiliki masalah dalam mental tarung, cobalah cara dan tips agar murai batu punya mental tarung berikut ini.

Cara Membuat Burung Murai Batu Punya Mental Tarung!

murai batu punya mental tarung
murai batu punya mental tarung

Ada beberapa tips yang bisa sobat lakukan agar burung murai batu memiliki mental tarung yang bagus, antara lain sebagai berikut :

1. Melatih Mental Bertarung

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah perlu menyiapkan mental agar burung tersebut mempunyai mental sebagai petarung. Pelatihan yang perlu kamu lakukan untuk burung tersebut adalah menaruh burung murai batu didalam sangkar yang tertutup kerodong

Baca juga:  10 Tips Agar Makeup Menempel Sempurna, Wajib Kamu Pahami!

Lalu kamu menyiapkan burung murai lainya dan letakan di samping burung murai batu yang kamu miliki. Lalu bukalah krodong sedikit dan tunggulah sampai burung murai batu mengeluarkan trek. Jika sudah, kamu bisa menutup kerodong dan biarkan burung murai batu ini berkicau dalam kerodong selama beberapa menit. Yang kemudian pindahkan sangkar burung ke tempat yang sepi.

Lalu buka kembali kerodong beberapa detik dan kemudian yang terakhir pindahkan sangkar burung ke tempat yang sepi. Dan kemudian lakukan latihan untuk burung murai ini secara rutin seperti seminggu dua kali guna untuk membuat murai lebih aktif dan agresif.

2. Memberikan Pakan Yang Berkualitas

Salah satu hal yang mendukung mental bertarung burung ini adalah memberikan makanan ekstra food yang sesuai dengan karakter burung murai batu milik mu.

Pemberian pakan ekstra food yang kurang tepat bisa juga mengakibatkan kualitas yang tidak baik juga pada burung murai batu. Untuk pemberian pakan kamu bisa menggunakan kroto atau jangkrik di pagi dan sore hari.

Selain itu, kamu juga memberikan pakan ulat hongkong seminggu sekali. Apalagi di musim penghujan, tidak hanya pakan ekstra food. Kamu juga bisa memberikan pakan berupa voer yang mengandung banyak nutrisi untuk burung murai batu.

3. Pemberian Vitamin Pada Burung Murai Batu

Salah satu hal yang mengakibatkan burung murai batu kurang aktif dan agresif, adalah karena kurangnya stamina yang jarang memberikan vitamin pada burung. Kamu bisa memberikan vitamin pada burung secara rutin guna untuk menjaga kesehatan pada burung murai batu.

Dan pemberian vitamin pada burung murai batu ini akan membuat burung tetap fit dan terjaga kesehatannya.

4. Penjemuran Pada Burung Murai Batu 

Penjemuran pada burung murai batu ini juga sangat diperlukan untuk membuat burung murai batu lebih fit dan rileks. Kamu bisa melakukan penjemuran burung di bawah sinar matahari sekitar jam 07.00 sampai jam 09.00 dan setelah burung dimandikan. Kamu juga bisa menjemur burung murai batu di sore hari dengan didinginkan selama beberapa menit.

Baca juga:  Implementasi Adalah: Pengertian, Tujuan dan Cara Membuat

5. Pengembunan Pada Burung Murai Batu

Selain kamu melakukan penjemuran, burung murai batu ini juga perlu diembunkan untuk mendapatkan oksigen, yang bisa membuat burung murai batu berkicau dengan baik. Pengembunan bisa kamu lakukan pada pagi hari sekitar jam 5 sebelum kamu memandikan burung tersebut.

6. Olah Raga

Kurangnya olahraga juga bisa menjadikan penyebab burung murai batu bertarung kurang baik. Olahraga bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan serta kelincahan dengan membuat kandang yang lebih luas.

Adapun beberapa hal yang menyebabkan burung murai batu kurang memiliki mental bertarung. Yakni kurang olahraga, kondisi tubuh yang kurang sehat, dan jarang dijemur.

Cara mengatasi burung murai batu ini adalah dengan memasukan burung murai batu kedalam kandang tersebut selama dua kali seminggu untuk meningkatkan kekuatan nafas burung murai tersebut. Lakukan pelatihan pelatihan secara rutin agar burung murai bisa berkicau dengan lantang, baik dirumah maupun sata mengikuti kontes.

7. Jaga Kebersihan Kandang Burung

Menjaga kebersihan kandang burung ini juga bisa memicu burung murai batu memiliki mental bertarung yang baik. Bahwasannya jika kandang burung bersih akan membuat burung murai batu menjadi nyaman.

Maka dari itu rajinlah membersihkan kotoran burung di kandang agar tidak menumpuk,  supaya burung murai di dalam kandang merasa nyaman.

Lalu Jika Burung Murai Batu Stres dan Bagaimana Cara Memulihkan Mental Burung 

Faktor Usia Pada Burung Murai

Faktor usia pada burung juga bisa mempengaruhi mental burung, karena biasa nya burung yang masih muda memiliki mental yang sangat labil. Sebab burung murai batu yang masih muda memerlukan perawatan sebelum burung tersebut jadi burung yang berkualitas. Jadi sang pemilik memiliki peranan penting dalam perawatan burung tersebut.

Baca juga:  Ini Dia 5 Tips Jitu Agar Sapi Mau Minum Komboran

Untuk kamu juga jangan pernah asal dalam memberikan perawatan, jadi hasil burung mau sebagus apapun itu jika kamu memberikan perawatan dengan asal maka akan membuat burung menjadi drop dan kamu akan menyesal dalam melakukannya.

Persiapan Melatih Mental Pada Burung

Buat kamu yang merasa sebagai pecinta burung kicau yang belum memahami cara perawatan burung murai batu. Sebaiknya kamu jangan terlalu terburu buru untuk mendekatkan burung murai batu milikmu dengan burung murai batu yang lainya.

Kamu juga perlu mengetahui kondisi mental dan fisik pada burung yang kamu miliki. Apakah burung yang kamu miliki sudah siap untuk mengikuti lomba. Jika kamu memaksakan burung yang belum siap maka justru akan membuat burung milikmu stress.

Teknik Kerodong Yang Tepat

Hal awal yang kamu lakukan ketika burung berada di rumah cobalah untuk kamu latih dengan teknik krodong. Cobalah kerodong full supaya burung tersebut tenang, dan cobalah menggantung burung di tempat yang lebih tenang. 

Jauhkan juga dari burung yang lainnya saat berada dirumah sampai beberapa hari. Tak lupa juga untuk melakukan perawatan pada burung, cobalah dengan kamu memanjakan burung tersebut dengan memberikan pakan yang disukai. Seperti contohnya jangkrik ataupun kroto sebanyak 2 kali lebih banyak dari takaran akan biasanya.

Dan saat masa perawatan mental burung ini, cobalah kamu mandikan terlebih burung tersebut. Lalu berikan vitamin atau suplemen untuk menjaga stamina burung tetap stabil. Jika dilihat kondisi burung murai sudah normal dan stabil, barulah kamu memberikan perawatan seperti biasannya. 

Demikianlah ulasan tentang tips agar burung murai batu punya mental bertarung, semoga setelah adanya artikel ini kamu bisa melatih burung yang kamu miliki dengan baik. Sehingga membuat burung murai batu dapat berkicau dengan lantang baik saat dirumah maupun di arena kompetisi. Salam sukses dari blog prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button