Bisnis

10 Cara Bisnis Kelapa Tua, Jarang Dilirik Padahal Menghasilkan

Bisnis kelapa tua masih jarang dilirik calon pebisnis pemula karena tidak begitu populer. Padahal peluang usaha kelapa tua ini begitu prospek, khususnya sebagai bisnis jangka panjang.

Buah kelapa tua sendiri diklasifikasikan ke dalam beberapa grade berdasarkan kualitasnya. Grade A (lingkar 40-45cm berat 1-1.2Kg), grade B (35-40cm berat 0.8-1Kg), dan grade C (35cm – 0,6-0,8Kg).

Jenis-jenis Bisnis Kelapa Tua, Offline / Online Pasti Untung!

bisnis kelapa tua
bisnis kelapa tua

Sebagai negara dengan lahan kebun kelapa paling luas di dunia, sangat disayangkan volume ekspor hasil olahan kelapa Indonesia tergolong rendah. Padahal, ada begitu banyak peluang bisnis olahan kelapa tua maupun segar yang bisa dijalankan.

Sebagai pohon dengan sejuta manfaat, semua bagian dari kelapa dapat digunakan, seperti akar, batang, daun juga buahnya. Dimana buah kelapa sendiri dapat dimanfaatkan baik saat muda ataupun ketika sudah cukup tua. 

Terlebih lagi dengan perkembangan teknologi saat ini, bisnis kelapa tua bisa mendapatkan hasil yang lebih menguntungkan. Berikut beberapa olahan kelapa tua yang dapat untuk digunakan:

1. Sabut Kelapa (Cocofiber)

Serat sabut kelapa (coco fiber) sebenarnya termasuk salah satu jenis limbah, namun dengan kemajuan teknologi, dapat diolah menjadi banyak hal berguna.

Peluang bisnis memproduksi sofa dari bahan serabut kelapa (coco fiber). Kelompok usaha ini mampu memproduksi 25 set sofa setiap bulannya. Bagaimana, bisnis kelapa tua ini cukup menarik, bukan?

  • Bahan Bakar

Sifat dasar sabut kelapa yang kering dan kasar menjadikan benda ini mudah terbakar, sehingga kemudian dimanfaatkan sebagai bahan bakar.

Baca juga:  6 Cara Ternak Kambing Tanpa Ngarit Rumput, Wajib Disimak!

Contohnya, pengganti bahan bakar kayu di tungku tradisional rumah dan rumah makan. Bahan bakar dalam proses pembuatan arang batok kelapa, dan industri pembuatan keramik atau genteng.

  • Bahan Baku Kerajinan

Bisnis kelapa tua lainnya yaitu penyedia bahan baku produksi aneka kerajinan yang aesthetic berdaya seni tinggi. Dengan bantuan mesin, sabut kelapa dapat diolah menjadi berbagai bahan baku kerajinan. 

Contohnya, peralatan rumah tangga seperti sapu ijuk dan keset, barang keperluan sehari-hari seperti tas, dompet, pajangan, springbed, bantal, atau karpet. Aksesoris atau hiasan, serta lain sebagainya.

  • Penetralisir Aroma Semen Pada Kolam Ikan

Aroma campuran semen dengan air pada kolam air yang baru selesai dibuat, cukup kuat bagi ikan. Apabila kolam langsung diisi ikan, aroma tersebut bisa menyebabkan ikan mati. Atasi hal tersebut dengan merendam sabut selama 3 hari dalam kolam penuh air.

Setelah itu kuras air dan ulang dua kali atau sampai bau semen hilang. Cara lainnya yaitu dengan menggosokan sabut ke seluruh bagian kolam, kemudian rendam kolam hingga penuh dengan air selama 24 jam. Setelah itu kuras kolam hingga bersih, lakukan beberapa kali hingga bau semen benar-benar hilang.

  • Alat Penyaring Air Sederhana

Struktur sabut kelapa yang padat dan berserat dapat digunakan untuk menyaring air yang keruh. Buang kulit ari sabut terlebih dahulu, lalu pasang di ujung pipa yang dilewati air. Tempatkan sabut di beberapa titik, hingga hasil air yang tersaring benar-benar jernih dan bersih.

  • Pupuk Organik

Sabut kelapa dapat diolah menjadi pupuk organik yang dapat mencadangkan air 60% lebih banyak dibandingkan jenis pupuk lainnya. Hal ini dapat mengatasi masalah air bagi daerah yang memiliki curah hujan minim.

Baca juga:  Untung Besar! 28 Macam Bisnis Sewa Paling Laris Di Indonesia

Selain itu, sabut kelapa memiliki kandungan unsur hara dan mineral yang sangat bagus untuk pertumbuhan tanaman.

  • Bahan Baku Briket

Briket dari sabut kelapa bersifat ramah lingkungan dan ekonomis, karena biaya produksi yang kecil sehingga harga jual menjadi lebih murah. Dengan demikian biaya produksi lebih rendah, dan hal ini akan menguntungkan pengusaha.

Baca juga : bisnis sewa paling laris

2. Batok (Tempurung Kelapa)

Batok dapat dijadikan bahan baku pembuatan alat-alat rumah tangga dan barang kerajinan. Bisa juga diolah menjadi arang tempurung kelapa yang menjanjikan untuk kelas karya industri dan menjadi komoditas ekonomi yang tinggi.

Selain itu arang batok juga sangat berguna untuk kebutuhan hidup. Kini penjualan arang batok bahkan sudah merambah ke pasar Eropa. Kementerian pun gencar mensosialisasikan  masyarakat Indonesia untuk mengolah batok kelapa dan mengubahnya menjadi arang yang bermanfaat.

Dengan demikian, ketika kesempatan dan pasar terbuka, bukan tidak mungkin kalau batok kelapa menjadi komoditas ekspor favorit ke mancanegara.

3. Air Kelapa

Air kelapa digunakan pada industri makanan seperti jelly, nata de coco, juga ahan campuran pada ayam pop atau masakan lainnya. Air kelapa yang manis dan segar biasanya didapat dari kelapa muda, yang juga sering digunakan sebagai pengobatan. 

Sedangkan air kelapa tua masih dapat dikonsumsi, hanya rasa dan kesegarannya sudah jauh berkurang.

4. Daging buah kelapa

Daging buah kelapa biasa disebut ‘kelapa saja’ ketika membeli di gerobak sayur, juga bisa dijadikan bisnis kelapa tua yang potensial. Kelapa dapat langsung dikonsumsi dengan gula merah, penganan pengganti nasi yang cukup mengenyangkan, perpaduan gurih dan manisnya begitu istimewa.

Begitu pula dengan hasil parutannya, bisa digunakan sebagai topping kue-kue basah, atau pun jajanan pasar seperti gandos dan kue kelapa.

Baca juga:  Mengenal Daqu Bisnis Nusantara Dan 10 Keuntungannya

Apabila menginginkan santan, cari kelapa tua, yang kulitnya keras ketika di ketok. Setelah cangkang kelapa dipisahkan, maka terpampanglah kelapa parut. Kualitas kelapa parut yang bagus adalah kelapa benar-benar terpisah dari kulitnya, dan bersih. Kukus terlebih dahulu kelapa setelah dibeli, agar lebih awet dan tahan lama.

Santan kelapa (coconut milk) sangat dicari kaum ibu dan penggiat kuliner. Oleh karena merupakan salah satu bahan utama pembuatan beragam menu masakan seperti rendang dan gulai juga menu modern seperti fooding.

Sebab itu, usaha kelapa parut pun cukup menjanjikan, terlebih, mesin parut kelapa sudah cukup banyak beredar. Dengan demikian harganya akan jauh lebih murah dari mesin pengolah kelapa lainnya.

5. Ampas Daging Buah Kelapa

Terakhir, ampas daging buah kelapa (ampas santan), ternyata masih bisa dimanfaatkan. Beberapa diantaranya diolah kembali sebagai tepung kelapa, makanan ringan (keripik), pelengkap masakan, pakan ternak, atau pupuk alami. Selain itu, ampas santan juga bisa diolah menjadi pembersih lantai.

Peluang usaha kelapa tua cukup besar, terlebih lagi jika membeli dalam jumlah banyak, harga kelapa tua  akan menjadi lebih murah. Aneka ragam olahannya membuat Anda bisa mengembangkan usaha dari satu jenis bisnis kelapa tua, ke bisnis yang lain, kelak. Potensi usaha pun dapat diperluas dengan bantuan internet. 

Begitu juga promosi di marketplace melalui berbagai promo yang menguntungkan pembeli namun tidak merugikan penjual. Pemasaran dengan dukungan teknologi modern tentu akan mampu meluaskan pasar dalam waktu yang lebih singkat.

Bisnis kelapa tua sangat menjanjikan, baik untuk pasar offline, maupun online. Dengan banyaknya industri beralih ke pasar online ketika mencari bahan baku usaha, maka Anda dapat masuk dan memenuhi permintaan tersebut.

Demikianlah penjelasan tentang macam-macam bisnis kelapa tua yang bisa menjadi inspirasi Anda untuk berwirausaha. Salam sukses dari prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button