Cryptocurrency

7 Sisi Gelap Dunia Crypto Yang Wajib Diketahui

Sisi Gelap Dunia Crypto – Melakukan investasi atau membeli aset crypto pastinya menginginkan keuntungan. Bahkan tidak sedikit orang yang memimpikan untuk bisa kaya dalam waktu yang cepat. Padahal di dunia crypto ada sisi gelap atau resiko besar yang tidak boleh diabaikan begitu saja.

Sebenarnya ini pilihan masing-masing, apakah sobat ingin investasi dengan resiko yang besar atau kecil. Kalau menginginkan resiko kecil maka crypto bukanlah jalan yang tepat. Crypto adalah tempat untuk orang-orang yang berani melakukan spekulasi dengan resiko yang sangat besar.

Untuk sobat yang masih pemula, penting sekali untuk mengetahui dan paham akan resiko di dunia crypto. Artikel kali ini saya buat bukan untuk menakut-nakuti sobat semua. Melainkan agar sobat menjadi lebih berhati-hati dan selain itu agar bisa memiliki mental yang kuat jika sesuatu yang buruk terjadi.

7 Sisi Gelap Dunia Crypto Yang Wajib Diketahui

sisi gelap dunia crypto
sisi gelap dunia crypto

Langsung saja untuk beberapa hal yang menjadi sisi gelap dari dunia crypto atau resiko, antara lain sebagai berikut :

1. Uang akan habis 100%

Investor mana saja tidak mungkin mau bila dananya habis 100%. Namun ini bisa terjadi di dunia crypto dan jika membeli crypto harusnya siap akan hal tersebut.

Lalu, kenapa ada kemungkinan habis 100%? Bisa karena kehancuran harga atau banyak faktor lainnya yang akan kita bahas di poin-poin berikutnya. Jadi kalau sobat tidak siap akan hal satu ini maka lebih baik membatalkan niat untuk investasi crypto.

Baca juga:  4 Langkah Belajar Crypto Dari Nol, Mulailah Dari Sini!

Crypto bukanlah aset yang di backup dengan emas atau aset nyata berharga lainnya. Sebagus apapun projectnya sebuah aset crypto sepenuhnya hasil spekulasi dan supply demand. Jadi kemungkinan harga hancur akan selalu ada.

2. Tidak ada kepastian sama sekali

Ketika melakukan investasi crypto maka tidak akan ada kepastian sama sekali. Apakah ada yang bisa menjamin sebuah aset crypto akan naik di masa depan, tentu tidak.

Semua hal ada berupa prediksi dan juga analisa semata. Tidak ada yang bisa memastikan kita untuk di masa depan dari pembelian crypto yang kita lakukan.

Pola pikir seperti ini bukan membuat sobat menjadi takut. Justru ini membuat sobat tidak fomo dan melakukan research lebih lanjut dalam membeli sebuah aset crypto.

Membuat sobat menjadi realistis dan tidak kecewa karena sempat memiliki khayalan tinggi yang akhirnya tidak terwujud.

3. Tidak akan ada yang peduli saat Anda Rugi

Sisi gelap atau resiko investasi di crypto yang selanjutnya adalah tidak akan ada yang peduli dengan kerugian kita.

Ketika kita rugi atau bahkan kehilangan aset kita. Apakah ada yang bertanggungjawab? Tentu saja tidak!

Banyak pemula yang masih teriak dan memaki entah itu kepada developer atau pada exchange tertentu karena rugi.

Padahal sudah di kasih warning secara jelas. Di setiap exchange juga tertulis “Perdagangan crypto memiliki resiko yang sangat tinggi dan kami tidak bertanggungjawab atas semua akibat yang mungkin terjadi”.

Semua kerugian dan keuntungan yang kita terima mutlak kita sendiri yang menanggungnya. Bagaimana, masih minat untuk berinvestasi di crypto? Jika masih tentu harus dilakukan secara hati-hati.

4. Whale akan mencari banyak orang dijadikan keset

Poin ke 4 ini mungkin agak kasar dan menyakitkan, apalagi untuk sobat yang sudah sangkut ketika membeli sebuah aset crypto.

Baca juga:  Junkineering Melakukan Demo Tertutup Mengenai Solusi Gaming Berbasis Web3

Yakni whale atau para paus yang beraset besar akan mencari keset atau alas kaki untuk membuang semua aset mereka dan demi mendapatkan keuntungan.

Mereka akan menyebarkan banyak berita positif agar banyak orang yang masuk ke pasar dan kemudian membeli crypto yang mereka pegang. Setelah itu, siapa yang peduli dengan yang terjadi selanjutnya? Tentu saja tidak ada.

Makanya sebagai investor kecil kalau mau untuk di dunia crypto harus tahu bagaimana whale bekerja, kapan mereka masuk dan kapan mereka keluar.

5. Banyak scammer projek baru palsu

Aset crypto di dunia mencapai puluhan ribu coin atau token. Namun apakah ada 1000 saja aset crypto yang bisa dipercaya? Tentu tidak, bahkan di 100 besar saja masih banyak yang hancur.

Ini menandakan bahwa sebagian besar project didalam crypto adalah palsu atau penipuan.

Banyak project-project baru yang muncul dan hanya menjual mimpi palsu yang tertulis dalam roadmap. Setelah investor beli maka roadmap hanya akan tinggal tulisan saja.

Kalau sobat liat di coinmarketcap atau presale-presale crypto baru. Maka diantara 10 hanya 1 yang sedikit bisa dipercaya, artinya tingkat penipuan project baru di crypto sangat tinggi.

Sangat miris sekali, makanya ketika membeli aset crypto harus melakukan DYOR secara teliti dan cermat. Sudah melakukan Dyor saja masih bisa kena jabakan batman, apalagi kalau asal-asalan membeli aset crypto.

6. Ancaman hacker Juga Termasuk Sisi Gelap Dunia Crypto

Sisi gelap yang selanjutnya adalah ancaman dari hacker crypto. Karena aset crypto ini disimpan di dunia maya, maka tentu musuhnya adalah penjahat di dunia maya yakni hacker salah satunya.

Banyak hacker di dunia yang selalu berusaha membobol dari sebuah wallet crypto. Entah itu milik perorangan atau bahkan milik sebuah exchange crypto sekaligus.

Baca juga:  Apa Itu Bitcoin? Kenali Lebih Jauh Cara Kerjanya.

Ini sebuah resiko yang terkadang tidak bisa kita hindari sama sekali. Kecuali sobat mau menyimpan aset cryptonya di sebuah hot wallet fisik.

Lalu semau exchange tentu saja akan berusaha mencegah hal ini terjadi. Makanya penting juga bagi sobat yang menaruh aset dalam sebuah exchange, untuk memilih exchange terpercaya dan bahkan belum pernah berhasil di bobol hacker.

7. Penyebaran berita palsu

Di dunia crypto yang namanya berita atau news akan selalu abu-abu. Sobat pasti pernah menemukan dimana banyak news jelek namun harga malah naik setelah itu. Namun sebaliknya, ketika banyak berita baik namun setelah itu harga malah turun.

Berita di dunia crypto bisa dibuat dan bisa dibeli di media besar sekalipun. Dan ini biasanya dilakukan oleh para pemain dengan dana besar demi keuntungan mereka.

Makanya ketika melihat sebuah berita tertentu haruslah tidak sepenuhnya percaya. Artinya adalah mungkin benar tapi juga bisa salah. Dengan ini juga sobat tidak akan mudah terkena fomo dan terjebak sangkut saat membeli crypto.

Oke sobat, itu tadi beberapa hal yang termasuk dalam sisi gelap dunia crypto atau bisa disebut juga dengan resiko melakukan investasi crypto. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat dan terima kasih sudah berkunjung di blog prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button