Cryptocurrency

Cara Trading Di Indodax Untuk Pemula DARI 0

Cara Trading Di Indodax Untuk Pemula – Dunia crypto menjadi salah satu pilihan untuk kita melakukan investasi. Dan untuk sobat yang masih bingung mengenai cara jual beli crypto jangan khawatir. Kita akan bahas selengkapnya pada kesempatan kali ini yakni cara jual beli crypto di aplikasi Indodax.

Untuk membeli crypto sobat harus tahu kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Yakni antara profit dan juga resiko yang akan diterima. Meskipun bisa menghasilkan profit besar, namun investasi crypto beresiko sampai dengan kehilangan semua aset kita, jadi sobat harus paham hal ini.

Sebelumnya pernah kita bahas mengenai sisi gelap dunia crypto dan juga belajari crypto dari nol. Saya anggap sobat sudah paham mengenai apa itu crypto dan juga sisi positif dan negatifnya.

Cara Trading Di Indodax

cara trading di indodax
cara trading di indodax

Sebelum kita membahas cara trading di indodax untuk pemula. Sobat harus tahu terlebih dahulu apa itu aplikasi Indodax? Dan apakah aman menggunakan aplikasi indodax?

Indodax adalah salah satu exchange crypto asal Indonesia, yang bisa digunakan jual beli aset crypto. Aplikasi ini disediakan oleh PT Indodax Nasional Indonesia. Perusahaan ini beralamatkan di Gedung Millennium Centennial Center Lt.2, Jl. Jend. Sudirman No. Kav 25, Kuningan, Jakarta Selatan 12920.

Apakah aman menggunakan aplikasi Indodax? Jawabannya adalah aman. Karena aplikasi ini telah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) serta merupakan perusahaan marketplace aset kripto pertama di Indonesia yang mendapatkan dua sertifikasi internasional sekaligus pada tahun 2019, yaitu ISO 9001:2015 dan 27001:2013. Kemudian, pada Juli 2021, INDODAX kembali mendapatkan satu sertifikasi internasional, yaitu ISO 27017:2015, sehingga kini INDODAX telah memiliki 3 sertifikat ISO.

Aman disini adalah lancar dan dijamin bisa melakukan penyimpanan dan penarikan dana secara aman. Akan tetapi soal untung atau rugi itu tergantung dari kenaikan atau penurunan harga aset crypto yang kita perdagangkan.

Baca juga:  6 Aplikasi Investasi Emas Terdaftar Di OJK

Apakah bisa menuntut Indodax jika mengalami kerugian? Jawabannya adalah tidak. Karena indodax hanya menyediakan pasar saja. Sedangkan untuk produk crypto disediakan oleh developer crypto itu sendiri. Selain itu naik atau turun, untung ataupun rugi tergantung dari aset crypto dan tidak ada hubungannya dengan aplikasi Indodax.

Bagaimana Cara Trading Di Indodax Untuk Pemula

Untuk bisa paham bagaimana cara trading di indodax untuk pemula. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Yakni mulai dari melakukan pendaftaran atau pembukaan akun didalam aplikasi. Setelah itu melakukan deposit, jual beli sampai dengan penarikan. Satu persatu akan saya jelaskan untuk sobat sebagai berikut :

Cara Daftar di Aplikasi Indodax

Sebelum kita masuk pada cara trading di Indodax, sobat harus tahu cara daftarnya terlebih dahulu. Untuk melakukan pendaftaran ini sobat perlu siapkan beberapa hal :

  • Handphone
  • Email
  • Nomer Handphone
  • KTP / Identitas Nasional

Jika ke 4 hal diatas sudah siap kita akan jelaskan cara daftar di aplikasi Indodax, langkah-langkahnya antara lain sebagai berikut :

  1. Download Aplikasi Indodax
  2. Kemudian sobat membuka aplikasinya
  3. Klik pada menu “Daftar”
  4. Masukkan nama sesuai dengan KTP
  5. Masukkan email dan nomer handphone
  6. Membuka pasword login
  7. Membuat kata sandi aplikasi
  8. Kemudian lakukan verifikasi email dan nomer handphone
  9. Lalu login kedalam aplikasi

Ketika sobat berhasil login maka berhasil mendaftar di aplikasi Indodax. Pastikan sobat mendaftarkan nomer handphone dan email yang selalu aktif. Karena akan digunakan dalam proses login, deposit dan penarikan untuk konfirmasi dalam sehari-hari menggunakan indodax.

Cara Deposit Di Aplikasi Indodax

Selajutnya untuk cara trading di indodax adalah melakukan deposit akun terlebih dahulu. Sebelum itu sobat perlu melakukan verifikasi akun agar bisa deposit. Caranya :

  1. Klik menu “Verifikasi di beranda”
  2. Jika tidak ada masuk ke menu “Pengaturan”
  3. Kemudian cari menu verifikasi akun
  4. Lakukan verifikasi menggunakan KTP dan melengkapi data diri

Proses verifikasi akun paling lama membutuhkan 2 hari kerja. Dan jika akun sobat sudah terverifikasi baru bisa melakukan deposit. Untuk cara deposit di Indodax antara lain sebagai berikut :

  1. Login ke dalam aplikasi Indodax
  2. Masuk ke menu “Fund” atau “Pendanaan”
  3. Klik pada “Dompet IDR”
  4. Pilih menu “Deposit” atau “Penyetoran”
  5. Masukkan jumlah
  6. Kemudian pilih metode deposit
  7. Deposit bisa menggunakan rekening bank atau ewallet
  8. Dapatkan nomer rekening yang hendak di transfer
  9. Atau kode QR jika menggunakan ewallet
  10. Setelah itu sobat tinggal bayar sesuai dengan nominal
  11. Saldo deposit akan masuk kedalam akun
Baca juga:  Apa Itu NFT Dinamis? Penggunaan Hingga Perbedaannya Dengan NFT Statis

Proses deposit ini biasanya di proses secara instan dalam beberapa menit. Namun sobat juga perlu simpan bukti deposit untuk klaim apabila terjadi keterlambatan dan sejenisnya.

Untuk melakukan deposit di aplikasi Indodax ini memang sangat beragam metodenya. Sobat bisa menggunakan bank lokal Indonesia seperti BRI, BCA, Mandiri dan bisa juga dengan ewallet seperti Dana, Shopeepay, OVO dan juga Gopay.

Berapa minimal deposit di aplikasi Indodax? Jawabannya adalah mulai dari Rp10.000,-. Namun jika sobat deposit menggunakan beda bank atau transfer antar bank akan terkena biaya transfer.

Cara Beli Crypto Di Aplikasi Indodax

Cara trading di indodax yang selanjutnya adalah cara beli crypto itu sendiri. Ketika sobat sudah berhasil melakukan deposit maka sobat bisa membeli crypto di aplikasi Indodax.

Ada beberapa hal yang perlu sobat perhatikan dalam membeli crypto di Indodax. Yang pertama adalah pasangan crypto itu sendiri. Jika pasangan crypto adalah BIDR, maka sobat bisa membeli langsung menggunakan saldo IDR yang ada.

Namun apabila crypto yang ingin dibeli menggunakan pasangan USDT atau BUSD. Maka sobat bisa menukarkan BIDR ke USDT terlebih dahulu.

Cara membeli crypto atau cara menukarkan crypto sama saja. Intinya adalah mengubah aset crypto satu ke yang lainnya. Sebagai contoh dari IDR ke bitcoin, atau dari USDT ke BITCOIN atau dari BIDR ke USDT. Untuk langkah-langkahnya antara lain :

  1. Masuk ke menu market
  2. Atau bisa dari beranda
  3. Cari aset crypto yang dibeli atau ditukarkan
  4. Klik pada pasangan crypto yang ingin dibeli
  5. Klik menu “Beli”
  6. Setting harga beli
  7. Tentukan jumlah pembelian
  8. Klik “Beli”

Setelah sobat sudah melakukan order maka pembelian akan di proses. Jika sobat membeli tepat di barisan harga penjual maka akan langsung dapat aset cryptonya.

Baca juga:  FUD Crypto Adalah : Pengertian Dan Cara Menyikapinya

Namun sobat juga bisa menempatkan harga yang lebih murah misalkan. Namun harus menunggu antrian harga penjual sampai diharga tersebut baru bisa mendapatlan aset cryptonya.

Cara Jual Crypto Di Aplikasi Indodax

Cara trading di indodax yang selanjutnya adalah menjual aset crypto yang dimiliki. Untuk sobat yang sudah beli bisa melihat asetnya di menu “Fund”. Disitu akan ada aset crypto apa saja dan harga terbarunya milik sobat.

Nah, untuk menjual crypto kembali ke rupiah atau kembali ke usdt caranya hampir sama saat membeli tadi, hanya saja kebalikannya.

Langkah-langkah cara jual crypto di aplikasi Indodax antara lain :

  1. Mencari pasangan crypto yang ingin dijual
  2. Misalkan ingin menjual BTC ke Rupiah, maka masuk di BTC/IDR
  3. Kemudian buka di pasangan crypto tersebut
  4. Klik menu “Jual”
  5. Tentukan harga jual
  6. Isikan jumlah crypto yang ingin dijual
  7. Klik “Jual”
  8. Dan penjualan akan di proses

Sampai disini sobat sudah selesai menjual aset crypto dari crypto asal ke tujuan. Dan tentu saja jika sudah kembali ke IDR maka sobat bisa melakukan withdraw aset IDR sobat ke rekening.

Cara Withdraw Dari Aplikasi Indodax

Cara trading crypto di indodax yang terakhir adalah melakukan withdraw. Inilah yang ditunggu oleh banyak trader dan juga investor. Yakni melakukan withdraw dan memetik hasil dari trading yang dilakukan.

Untuk melakukan withdraw di aplikasi Indodax ini bisa dengan banyak cara. Baik itu menggunakan bank lokal Indonesia dan bahkan bisa menggunakan ewallet seperti Dana, OVO, Gopay dan juga Shopeepay. Untuk langkah-langkah cara withdraw di aplikasi Indodax antara lain :

  1. Pastikan sobat sudah menjual crypto menjadi IDR
  2. Masuk ke menu “Fund”
  3. Klik pada menu “Dompet IDR”
  4. Pilih menu “Penarikan”
  5. Masukkan jumlah saldo yang ingin di withdraw
  6. Pilih metode pembayaran
  7. Klik “kirim OTP”
  8. Masukkan kode yang dikirimkan melalui sms
  9. Lalu klik “Penarikan”
  10. Selesai

Sampai disini sobat sudah berhasil melakukan penarikan dari aplikasi Indodax. Dan proses penarikan ini akan cair ke rekening bank dalam waktu 5 menit berdasarkan pengalaman. Namun apabila terjadi penundaan maksimal akan dikirim dalam waktu 1 x 24 jam.

Begitulah sobat untuk cara trading di indodax untuk seorang pemula. Mulai dari cara melakukan pendaftaran aplikasi, deposit, jual beli sampai dengan penarikan. Semoga informasi ini memberikan manfaat dan salam sukses untuk sobat dari prayoga.id.

 

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button