Cryptocurrency

Apa Itu Bitcoin? Kenali Lebih Jauh Cara Kerjanya.

Sebelumnya kita sudah bahas mengenai belajar crypto dari nol. Dan sekarang kita akan lanjut bahas apa itu bitcoin? Karena untuk sobat yang terjun ke crypto tentu harus kenal yang namanya bitcoin?

Biasanya orang-orang yang masih awam akan menyebut bitcoin ini dengan banyak nama.

Ada yang bilang bitcoin adalah alat judi. Ada pula yang menyebutkan mata uang. Selain itu ada juga alat pembayaran. Dan masih banyak yang lainnya.

Jangan salah dalam menilai bitcoin, karena pembelajaran yang salah akan memberikan dampak yang tidak bagus. Oke langsung saja kita mulai pembahasannya…

Apa Itu Bitcoin?

Apa Itu Bitcoin? Bitcoin adalah sebuah mata uang elektronik atau sebuah aset digital dalam jaringan kriptografi yang dibuat tahun 2009. Bitcoin dibuat oleh seorang yang bernama Satoshi Nakamoto pada saat itu.

Menurut Wikipedia, Nama tersebut juga dikaitkan dengan perangkat lunak sumber terbuka yang dia rancang, dan juga menggunakan jaringan peer-to-peer tanpa penyimpanan terpusat atau administrator tunggal di mana Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebut bitcoin sebuah mata uang yang terdesentralisasi.

Bitcoin saat ini menjadi pemimpin semua aset crypto yang ada di dunia. Sobat bisa lihat gambar dibawah ini :

apa itu bitcoin
dominasi bitcoin

Pada gambar diatas sobat bisa melihat bahwa bitcoin mendominasi pasar sebanyak 39.5% dari total marketcap seluruh crypto di dunia. Data hari ini tanggal 22 September saat artikel dibuat.

Bitcoin menjadi satu aset crypto terbesar di dunia. Dengan diikuti oleh 21.000 aset crypto lainnya. Memiliki total pasokan sebanyak 21.000 bitcoin diseluruh dunia dengan kapitalisasi pasar sebesar 354 Milyar USD.

Baca juga:  Apa Itu Crypto Undervalue? Yuk Kenali Ciri-cirinya

Mengenal Sejarah Bitcoin

Setelah tahu apa itu bitcoin, sekarang kita akan mengenal sejarah daripada Bitcoin. Transaksi bitcoin pertama kali dilakukan pada tanggal 12 Januari 2009. Waktu itu Satoshi Nakamoto mengirimkan sebanyak 10 Bitcoin (BTC) ke Hal Finnecy (Seorang Kriptografer).

Itu adalah transaksi pertama kali bitcoin yang dipelopori oleh Bitcoin SV. Kemudian digunakan untuk jual beli pertama oleh Lazlo Hanyecz. Dirinya menggunakan 10.000 ribu BTC untuk membeli 2 loyang Pizza.

Kalau dihitung bitcoin saat itu belum ada harganya. 10.000 BTC yang sekarang harganya triliunan rupiah hanya dapat 2 loyang pizza saat itu.

Bitcoin mulai memiliki harga pada tahun 2010 yakni senilai 0.09$. Yang saat itu nilainya belum ada 1000 rupiah haraga BTC. Ketertarikan banyak investor mulai menaikkan harga bitcoin sampai dengan 1$ pada tahun 2011. Bahkan sempat naik sampai dengan 29$ pada kala itu.

Pada tahun 2013 mulailah bitcoin semakin terkenal. Waktu itu semakin banyak minat dunia terhadap bitcoin yang membuatnya naik sampai dengan harga 68$. Ini sudah kenaikan fantastis dari yang tadinya tidak ada 1$ untuk setiap bitcoin.

Tidak berhenti sampai disitu saja, pada tahun 2014 semakin ramai crypto exchange berdiri di dunia. Sehingga mengerek harga bitcoin sampai dengan 315$ setiap BTC. Setelah itu di tahun-tahun selanjutnya bitcoin sudah mulai banyak diterima banyak kalangan.

Di tahun 2017 Bitcoin melambung tinggi sampai dengan 19.000 $. Dan menyetuh harga tertingginya di tahun 2021 kemarin yakni menyentuh harga 67.566$. Harga bitcoin tertinggi sepanjang masa.

harga bitcoin
harga bitcoin

Sobat bisa lihat pada gambar diatas, dimana bitcoin terus melambung dari tahun 2014 sampai dengan 2021 kemarin. Dan untuk hari tanggal 22 September 2022 bitcoin berada dikisaran 18.000$.

Baca juga:  Cara Trading Di Bybit Dari 0 Sampai Profit !

Seperti itulah sobat sejarah bitcoin yang mengalami kenaikan luar biasar dari harga kurang dari 1 dollar mencapai puluhan ribu dollar.

Mengenal Cara Kerja Bitcoin

Oke sobat setelah tahu apa itu bitcoin, sekarang kita lanjut untuk mengenal cara kerja dari bitcoin itu sendiri. Saat ini bitcoin bisa di gunakan untuk 2 fungsi utama. Yakni untuk pembayaran atau alat tukar dan untuk instrumen investasi.

Bitcoin Untuk Pembayaran

Bitcoin digunakan untuk pembayaran, itu adalah fungsi pertama. Sudah banyak perusahaan yang menerima alat tukar dengan bitcoin. Seperti Amazon, Paypal, Microsoft, Apple dan banyak lagi yang lainnya.

Secara teknis adalah mengirimkan BTC dari wallet 1 ke wallet yang lainnya. Disini kita memindahkan aset kita untuk membayar sebuah produk atau jasa tertentu.

Namun di Indonesia, bitcoin belum diterima sebagai pembayaran. Pembayaran hanya diperbolehkan menggunakan uang rupiah dan mata uang dunia lainnya.

Bitcoin Sebagai Sarana Investasi

Fungsi yang selanjutnya adalah Bitcoin sebagai sarana atau aset untuk investasi. Disini kita hanya perlu menyimpan bitcoin saja. Membeli sekarang dan menjual kembali di masa depan ketika sudah mengalami kenaikan harga.

Saat ini banyak orang yang mulai melirik bitcoin kembali sebagai alat investasi. Karena harganya sudah mengalami penurunan yang cukup dalam bahkan lebih dari 50% dari harga tertingginya di tahun lalu.

Oke sobat, sampai disini pasti sudah jelas mengenai apa itu bitcoin dan bagaimana bitcoin digunakan. Selanjutnya akan admin bahas banyak hal di blog ini untuk sobat semuanya. Antara lain :

  • Cara membeli bitcoin, sobat bisa simak pembahasan berikut :
    • Di aplikasi tokocrypto
    • Di aplikasi indodax
  • Pelajari juga cara memilih crypto yang bagus
  • Kemudian jangan lupa simak tips investasi crypto untuk pemula
Baca juga:  Cara Trading Di Indodax Untuk Pemula DARI 0

Oke sobatku, sekian dulu sharing informasi dari saya mengenai apa itu bitcoin. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat dan salam sukses dari admin blog prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button