5 Tips Agar Kue Lapis Tidak Cepat Basi, Perlu Kamu Ketahui!

Tips Agar Kue Lapis Tidak Cepat Basi – Tahukah anda makanan tradisional yang bernama lapis ini? ya! Makanan yang satu ini merupakan makanan kue basah yang dibuat melalui beberapa tahap. Makanan ini sudah sangat populer sekali di kalangan masyarakat indonesia terutama orang jawa. 

Akan tetapi, kue basah ini merupakan salah satu kue tradisional yang tidak mempunyai daya simpan cukup lama. Karena kue yang satu ini pembuatannya menggunakan bahan yang masih baru dan fresh. Lalu, biasanya kue ini pun dalam proses pembuatannya tidak menggunakan bahan pengawet sehingga kue yang dihasilkan lebih cepat basi. 

Nah, pada ulasan yang satu ini kita akan membahas beberapa tips yang bisa anda coba untuk membuat kue basah lapis ini. Dan beberapa tips  membuat kue basah lapis agar tidak mudah basi, apa saja tipsnya?? Simak yuk berikut ini.

Cara Membuat Kue Lapis Yang Mudah

cara membuat kue lapis
cara membuat kue lapis gambar : cookpad

Sebelum kita membahas beberapa tips agar kue lapis tidak mudah basi. Sobat bisa menyimak beberapa langkah dalam pembuatan kue lapis terlebih dahulu, antara lain sebagai berikut :

Resep dan Bahan : 

  • 500 ml Santan Kelapa 
  • 200 gram Gula Pasir 
  • 300 ml Air mendidih 
  • 250 gram Tepung Tapioka 
  • 30 gram Tepung Beras 
  • 1/2 Sendok Teh Garam 
  • 1 sendok Teh Pandan Essence
  • Pewarna makanan sesuai selera anda

Cara Membuat :

  1. Langkah pertama, Tuang Santan dan Gula pasir kedalam baskom, aduk sampai merata.
  2. Langkah kedua, tuangkan Air mendidih,Garam dan pandan Essence secukupnya kedalam adonan lalu aduk lagi hingga tercampur merata. Lalu sisihkan.
  3. Langkah ketiga, campur Tepung Tapioka bersamaan dengan Tepung beras lalu tuang kedalam adonan secara bertahap.
  4. Langkah keempat, tuangkan santan kelapa sedikit demi sedikit sambil diaduk supaya adonan tidak menggumpal. 
  5. Langkah kelima, guna menghasilkan adonan yang terbaik,setelah adonan dirasa sudah tercampur merata, saring adonan menggunakan saringan.
  6. Langkah keenam, jika anda menginginkan kue lapis dengan beberapa warna, bagi adonan kedalam beberapa wadah disesuaikan warnanya.
  7. Kemudian panaskan kukusan panci dan letakkan cetakan loyang lalu biarkan sampai mendidih.
  8. Kemudian tuang 1 irus adonan putih kedalam cetakan yang sudah panas, tutup kukusan, biarkan selama kurang lebih 5 menit. Setelah 5 menit, tuang kembali adonan yang sudah diberi warna dan tutup kukusan, lalu biarkan selama 5 menit. 
  9. Lakukan secara berulang sesuaikan dengan warna telah anda inginkan. Setelah itu angkat, dan keluarkan dari kukusan dan biarkan dingin dalam wadah, setelah dingin keluarkan dari wadah.
Baca juga:  9 Tips Memilih Warna Tenda Pernikahan Yang Cantik Untuk Momen Spesial

Nah, diatas merupakan resep membuat kue lapis yang simple dan mudah untuk anda coba. Namun, ada beberapa hal yang perlu anda ingat sebelum anda memasukan loyang dalam kukusan, oleskan terlebih dahulu minyak pada loyang. Guna agar lapis tidak lengket pada loyang.

Tips Agar Kue Lapis Tidak Cepat Basi

Tips Agar Kue Lapis Tidak Cepat Basi
Tips Agar Kue Lapis Tidak Cepat Basi gambar : cookpad

Setelah sobat selesai membuat kue lapis yang sempurna, ada beberapa tips agar kue lapis tidak cepat basi, antara lain sebagai berikut :

1. Menyimpan Kue Lapis Dengan Cara Yang Tepat

Tips yang pertama adalah anda perlu memperhatikan proses dalam penyimpanannya. Karena hal ini sangat mempengaruhi terhadap ketahanan pada kue lapis, anda bisa menyimpan kue lapis di dalam suhu ruangan yang tepat.

Perlu anda ketahui juga jangan pernah sekali menyimpan kue lapis ini pada kulkas atau lemari pendingin. Penyimpanan kue lapis ini didalam kulkas akan lebih cepat membuat kue lapis cepat basi. Hal ini dikarenakan saat kue lapis masuk kedalam kulkas akan membuat kue lapis mengeras. 

2. Memperhatikan Jenis Bahan

Dalam pembuatan kue lapis ini, tentu saja anda perlu menggunakan bahan bahan yang mempunyai kualitas terbaik. Apabila anda menggunakan bahan yang tidak berkualitas, bahan tersebut akan mempengaruhi dalam segi rasa, hasil adonan, serta daya tahan penyimpanan yang benar.

Sehingga dalam pembuatan kue lapis ini perlu sekali anda memperhatikan berbagai macam jenis bahan yang berkualitas. Jangan pernah anda menggunakan jenis bahan yang tidak seharusnya digunakan dalam pembuatan kue lapis.

3. Lakukan Pengadukan yang Benar dan tepat

Hal sepele yang satu ini juga sangat perlu anda perhatikan bahwasannya teknik pengadukan dalam pembuatan kue memerlukan teknik yang benar. Contoh halnya anda menggunakan bantuan alat pengaduk seperti mixer, spatula, atau mengaduk menggunakan tangan. 

Baca juga:  9 Tips Memilih Keramik Dinding Dapur Terbaik Agar Tidak Menyesal

Beberapa teknik perlu anda lakukan dan terapkan sesuai dengan jenis olahan kue yang anda buat. Dan tentu saja, proses pembuatan kue lapis atau kue kue lainnya memiliki cara pengadukan yang berbeda beda. Terkadang pembuatan kue ada yang memerlukan pengadukan yang over, dan ada juga yang tidak.

Jadi dalam hal pengadukan saat pembuatan kue lapis atau kue lainnya sangat perlu sekali anda perhatikan. Setiap teknik pengadukan akan mempengaruhi pada hasil adonan kue lapis atau kue yang lainnya. Sehingga jika anda menggunakan teknik yang salah, hasil dari kue akan cenderung lebih cepat basi atau bantat.

4. Kebersihan Alat

Kebersihan pada alat adalah merupakan hal utama yang perlu anda perhatikan. Karena dengan alat yang kotor akan menumbuhkan banyak bakteri atau jamur yang berkembang. Oleh karena itu, ketika alat yang akan anda gunakan tidak bersih, maka kue yang akan anda hasilkan juga akan cepat basi.

Maka, selalu perhatikan kebersihan yang ada disekitarmu terutama alat alat yang akan anda gunakan untuk membuat kue lapis atau kue kue yang lainnya.

5. Proses Pematangan Kue Lapis Yang Pas

Tips yang terakhir ketika membuat kue basah lapis ini agar tidak mudah basi adalah dalam proses pengukusan. Jika anda membuat kue lapis atau kue basah lainnya anda perlu memperhatikan proses pematangan pada kue tersebut. 

Pada proses pematangan yang tepat mempunyai manfaat yang dapat memberikan ketahanan kue basah yang tahan lama dan lebih baik. Karena hal tersebut akan mengakibatkan bakteri yang hinggap pada adonan mati. Secara umum, bakteri dan jamur tidak akan tahan dengan adanya suhu panas.

Maka, kematangan pada kue yang anda buat harus benar benar matang. Agar tidak adanya bakteri atau jamur yang hinggap dan tidak memudahkan kue cepat mudah basi.

Baca juga:  5 Tips Agar Labu Berbuah Banyak, Ini Yang Harus Dilakukan

Kue tradisional basah yang satu ini merupakan makanan yang tidak mudah dilupakan. Bahwasannya terkadang kue lapis ini hanya ada di orang punya hajat ataupun di pasaran. Dan untuk penyimpanan yang tepat seperti disebut di atas anda perlu memperhatikan nya.

Karena kebanyakan orang lebih simpel membeli yang sudah jadi ketimbang membuat sendiri. Akan tetapi jika anda membeli yang sudah jadi untuk segi rasa tentu saja berbeda. Nah, bisa anda coba resep simpel serta sederhana seperti yang sudah dicantumkan diatas. 

Jika anda membeli yang sudah jadi. Anda bisa melakukan penyimpanan dengan suhu ruang yang tepat ditempat yang tepat juga guna menghindari kue lapis cepat basi.

Demikianlah beberapa tips agar kue lapis tidak mudah basi, semoga artikel diatas dapat bermanfaat. Salam sukses dari blog prayoga.id.

Tinggalkan komentar