7 Tips Memakai Softlens Untuk Mata Minus, Jangan Sampai Salah

Tips Memakai Softlens Untuk Mata MinusMata yang minus merupakan gangguan yang ada dan dapat mempengaruhi aktivitas penglihatan seseorang. Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan guna untuk menyembuhkan mata minus ini. Akan tetapi sebagian orang hanya mengetahui untuk penyembuhan mata minus dengan adanya melakukan operasi lasik. 

Operasi lasik juga akan membutuhkan banyak biaya. Dan tidak semua orang juga berani untuk melakukan operasi lasik ini. untuk membantu penglihatan seseorang dengan adanya mata minus, biasanya menggunakan bantuan dengan kacamata, ataupun softlens. 

Tips Memakai Softlens Untuk Mata Minus

Tips Memakai Softlens Untuk Mata Minus
Tips Memakai Softlens Untuk Mata Minus gambar : alodokter

Sebelum kita membahas tips memakai softlens untuk mata minus. Sudah tahukah anda apa itu kontak lensa?? Kontak lensa biasanya digunakan juga sebagai alat alternatif aktivitas bantu untuk mata yang minus. Namun, kontak lensa ini juga bisa digunakan untuk mata yang tidak minus. 

Akan tetapi berikut ini kita akan ulas penjelasan yang lebih jelas tentang tips memakai softlens untuk mata yang minus. Pemakaian softlens ini sendiri bisa dianggap lebih praktis dan lebih mudah, softlens ini juga memiliki banyak warna serta diameter yang berbeda. 

Meskipun lensa kontak memiliki kemudahan dan kenyamanan ketika digunakan anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut sebelum menggunakannya. 

Sebelum anda mulai menggunakan kontak lensa ini, anda perlu memperhatikan beberapa hal yang perlu anda pahami. Agar tidak keliru saat menggunakannya, meskipun menggunakan kontak lens terbilang mudah tetapi ada beberapa yang perlu diperhatikan. Antara lain : 

  • Anda perlu menentukan jenis kontak lensa yang tepat dan baik
  • Tentukan ukuran minus mata pada kontak lensa 
  • Tentukan juga kadar air pada kontak lensa
  • Ukuran diameter kontak lensa juga perlu anda perhatikan
  • Ketahui posisi kontak lensa yang tepat
Baca juga:  Ini Dia 5 Tips Jitu Agar Sapi Mau Minum Komboran

Selain anda memilih kontak lensa yang baik dan tepat, anda juga perlu mengetahui cara memakai dan memasang softlens yang tepat. berikut ini tips dan langkah memakai kontak lens atau softlens yang tepat.

1. Mencuci tangan Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang perlu anda perhatikan ketika akan memakai softlens adalah sebaiknya cuci tanganlah terlebih dahulu sampai bersih. Pastikan kondisi tangan yang akan anda gunakan untuk menyentuh softlens selalu bersih. 

Jika tangan yang anda gunakan kotor tentu saja akan menyebabkan iritasi pada mata. Karena kuman serta kotoran yang menempel pada softlens akan membuat perih pada mata. Dan pastikan hindari penggunaan body lotion, sisa minyak, maupun kosmetik yang akan membuat kotoran atau debu yang berpindah ke softlens. Yang berikutnya akan membuat mata perih dan menjadi iritasi pada mata. 

2. Ambil Softlens dengan Perlahan dan hati-hati

Berikutnya ketika anda hendak mengambil softlens, sebaiknya lakukan dengan perlahan dan hati hati. Sebelum anda menyentuhnya biarkan softlens berada didalam wadah yang tertutup lalu kocok tempat wadah tersebut secara perlahan. Setelah anda kocok bukalah dan ambil secara perlahan dan hati hati menggunakan ujung jari anda.

3. Bilas Lensa Dengan Cairan Khusus Softlens

Langkah berikutnya, lakukan pembilasan softlens menggunakan cairan khusus softlens, agar dalam penggunaan selalu steril serta aman. Dan perlu anda ingat hindarilah untuk membilas softlens menggunakan air biasa, baik air putih botol, maupun air kran.

4. Periksa Keadaan Softlens Sebelum Anda Gunakan

Langkah yang keempat ini anda bisa mengecek terlebih dahulu softlens yang akan anda gunakan. Ambilah softlens menggunakan ujung jari telunjuk anda kemudian, perhatikan apa softlens tersebut sobek atau tidak. 

Baca juga:  10 Tips Agar Makeup Menempel Sempurna, Wajib Kamu Pahami!

Pastikan benar benar utuh tidak ada yang sobek, serta pastikan juga bahwa softlens tersebut tidak terbalik saat digunakan. Pastikan posisi softlens melengkung kebawah yang hampir menyerupai mangkok.

5. Mulai Memasang Atau Memakai Softlens

Langkah yang terakhir waktunya anda memasang softlens. Tekanlah kelopak mata bagian atas dan bawah menggunakan jari, dan lihatlah ke cermin. Gunakanlah jari tengah untuk membantu karena jari tengah tidak digunakan untuk memegang softlens. 

Kemudian, pasang softlens pada permukaan bola mata dengan melihat lurus ke atas ketika anda memasang softlens tersebut. yang kemudian tutuplah mata anda secara perlahan , putarlah bola mata anda guna memastikan lensa tersebut telah terpasang dengan sempurna. Jika anda tidak bisa menggunakannya menggunakan jari anda bisa menggunakan bantuan dengan alat pemakai softlens.

6. Hindari Tempat Yang Berdebu

Sebisa mungkin anda perlu untuk menghindari tempat yang berdebu. Karena debu sangat mudah sekali menempel pada softlens, yang pada akhirnya nanti akan menyebabkan mata perih serta iritasi pada bola mata. Jika terpaksa pastikan anda menggunakan pelindung seperti kacamata yang tidak minus.

7. Selalu Pastikan Mata Dalam Keadaan Lembab

Setelah anda menggunakan softlens di mata, pastikan anda perlu mempunyai cairan mata yang khusus. Beda ya dari cairan untuk membersihkan softlens, lalu jika mata terasa kering anda bisa meneteskan cairan tersebut sebanyak dua kali agar mata tetap lembab. Dan lakukan tetesan pada mata setiap 2 jam sekali.

Itulah beberapa tips yang bisa anda coba ketika akan memakai kontak lensa pada mata. 

Kenali Efek Menggunakan Softlens Bagi Pemula?

Sebenarnya pemakaian softlens sangat aman dan nyaman ketika anda mengikuti petunjuk pemakaian dengan benar dan selalu menjaga kebersihan softlens tersebut. namun, ada beberapa resiko yang terjadi ketika asal menggunakan softlens tanpa memperhatikan aturannya. Yakni berikut ini :

  • Mata Menjadi Kering

Pemakaian softlens juga tidak baik jika digunakan dalam waktu yang panjang. Karena dapat menyebabkan mata kering, kondisi mata kering akan menimbulkan rasa sakit, panas, terbakar, dan mengganjal seperti ada sesuatu yang masuk. 

Baca juga:  Cara Menjadi Penulis Lepas Dan Menghasilkan Banyak Uang

Nah inilah buktinya, bahwasannya softlens dapat menyerap sebagian air mata alami yang dihasilkan oleh mata anda sendiri. Maka, perlu anda sediakan cairan tetes khusus softlens.

  • Mata Menjadi Merah

Mata menjadi merah juga hampir sama penyebabnya dengan mata kering. Pada normalnya softlens bisa digunakan saat selama 8 hingga 12 jam saja tergantung softlens yang anda beli. Mata menjadi merah ketika menggunakan softlens biasanya dianggap sepele. Padahal jika mata merah tidak segera ditangani biasanya akan menimbulkan sakit yang lebih serius. 

  • Kekurangan Oksigen

Kekurangan oksigen ini juga bisa berpengaruh pada lapisan air mata, softlens bisa sangat mengganggu kornea mata. Maka, dari itu softlens digunakan pada posisi di permukaan bola mata dan dapat menutupi kornea. 

Sehingga jumlah oksigen yang telah sampai mata bisa berkurang. Karena pasokan oksigen pada sangatlah penting untuk kesehatan mata.

  • Alergi dan Infeksi Mata

Penggunaan softlens lebih lama akan menimbulkan beberapa efek seperti yang sudah dijelaskan diatas. Dan sama juga dengan infeksi mata,  hal ini terjadi karena adanya abrasi pada kornea mata atau reaksi dari bahan kimia yang terkandung dalam cairan lensa. Maka, jika anda memiliki mata minus sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter spesialis mata yang ada di daerahmu. 

Demikianlah penjelasan tentang tips memakai softlens yang benar dan tepat untuk mata yang bisa kamu coba. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Salam sukses dari blog prayoga.id.

Tinggalkan komentar