9 Tips Jualan Bakso Supaya Laris Manis Bagi Pemula!

Tips Jualan Bakso Supaya LarisBerjualan bakso merupakan suatu pekerja yang sudah banyak sekali yang menjalaninya. Membuka usaha bisnis berjualan bakso ini sudah menjadi salah satu bisnis yang memiliki penghasilan cukup menguntungkan.

Hal tersebut dikarenakan banyak sekali masyarakat yang menyukai makanan bakso ini. hampir seluruh usia dan kalangan menyukai makanan jenis bakso ini, dengan seluruh masyarakat menyukai makanan jenis ini. Bukan berarti anda tidak menggunakan strategi dalam menjalankan usaha bisnis bakso yang anda miliki. 

Tips Jualan Bakso Supaya Laris Untuk Pemula

tips jualan bakso supaya laris
tips jualan bakso supaya laris gambar : cookpad

Tips jualan bakso supaya laris, ini dibutuhkan oleh setiap pedagang yang baru mulai berjualan. Semua usaha bisnis apa saja tentunya akan membutuhkan strategi yang tepat guna menarik pelanggan. Yang kemudian akan mampir ke warung usaha yang anda miliki, jadi dalam usaha yang menyangkut makanan anda tetap perlu menjaga cita rasa yang khas. Agar pelanggan yang sudah anda dapatkan memiliki rasa ketagihan yang akan balik ke warung tempat anda berjualan. 

Untuk Membuka bisnis bakso ini tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Bahwasanya peralatan yang akan digunakan cukup sederhana, dengan proses pembuatan yang mudah, dan resiko kegagalan yang rendah. Maka, hal ini bisa dijalankan oleh siapa saja dengan mudah. Nah, beberapa tips jualan bakso supaya laris tersebut antara lain : 

1. Lakukan Riset Pasar 

Tips pertama yang perlu anda lakukan ketika akan berjualan adalah melakukan riset pada pasar. Anda perlu mengetahui target marketing yang akan anda jalankan, seperti halnya lokasi tempat berjualan. 

Baca juga:  Cara Ternak Bebek Petelur Kandang Kering, yuk Mari Simak!

Melihat juga kalangan yang ramai di lokasi tempat anda berjualan, melihat berbagai menu dalam pelayanan yang akan ditawarkan oleh sang penjual. Dengan adanya melakukan riset pasar anda akan bisa memiliki strategi penjualan yang lebih tepat dan bisa menentukan hal hal yang perlu anda butuhkan dan tidak anda butuhkan. 

2. Lokasi Yang Strategis Dan Tepat

Penentuan lokasi dalam penjualan juga perlu anda perhatikan, anda cukup memilih tempat berjualan yang strategis. Anda perlu menentukan lokasi dan tempat hasil riset yang telah anda lakukan, contohnya, seperti di perkantoran, pemukiman, serta lingkungan kampus. Pastikan anda mencari tempat yang ramai dikunjungi oleh masyarakat dan banyak kalangan.

3. Memasang Harga Yang Sudah Tepat

Setelah anda telah melakukan riset dan menentukan lokasi, pastikan juga anda memasang harga yang tepat yang tidak menguras kantong. Anda bisa menyesuaikan dengan melihat target pemasaran anda di lingkungan sekitar.

Dengan hal tersebut, anda akan lebih mudah untuk menentukan harga yang pasti yang sudah anda pasang atau tempelkan pada gerobak atau list menu. Hal ini berfungsi agar anda tidak rugi dalam proses penjualan.

4. Buat Bakso Yang Unik Berbeda

Tips yang keempat ini juga bisa menjadikan tips penjualan anda semakin laris. Buatlah bakso yang unik yang membuat orang ingin tau dan merasakannya. jika pembeli menyukai maka, para pembeli pun akan kembali untuk menikmatinya lagi.

Contoh halnya membuat bakso yang berbeda adalah buatlah bakso seperti bakso mangkok atau bakso beranak.  Ataupun bakso yang berbeda lainnya sehingga membuat para pembeli penasaran untuk mencobanya.

5. Memiliki Tawaran Yang Berkualitas 

Pada tips berikut ini kamu juga perlu memperhatikan menu yang berkualitas dan bahan yang anda gunakan juga tentunya harus berkualitas. Setelah itu seperti hal yang sudah dijelaskan pada nomor 4, buatlah menu yang unik agar para pembeli penasaran ingin mencoba. 

Baca juga:  7 Cara Menjadi Reseller Online, Hasilkan Uang Tanpa Modal

Lalu berfokuslah dengan jenis bakso yang anda jual, banyak sekarang yang menjual bakso unik dengan memiliki isian yang berbagai macam. Ada Pula ukuran bakso yang sangat bervariasi, setelah itu untuk menarik para pelanggan anda juga perlu memperhatikan kebersihan yang ada. Pastikan anda memberikan penawaran yang sangat berbeda dibanding penjual bakso lainnya. 

6. Gunakan Strategi Untuk Menarik Pelanggan 

Strategi untuk menarik pelanggan ini perlu anda lakukan. Anda perlu melakukan strategi sederhana terlebih dahulu, yakni memasang spanduk atau menulisi gerobak menggunakan stiker dengan nama warung bakso yang anda miliki.

Atau bisa juga anda memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan warung bakso ini. jika anda baru membuka bisnis ini anda juga bisa melakukan promosi dengan memberikan diskon kepada para pembeli. Lakukanlah strategi yang tepat agar bisnis usaha bakso anda bisa dikenal oleh masyarakat sekitar anda.

7. Pelayanan terbaik kepada pelanggan 

Dengan anda memiliki strategi yang tepat dan memiliki penawaran yang menarik pada menu tersebut. Apalagi jika anda baru awal membuka warung bakso ini, anda perlu bisa mendengar saran dan keluhan para pelanggan.

Dengan adanya anda menghargai pelanggan maka, para pelanggan akan juga menghargai anda. Pastikan anda terus melakukan strategi pemasaran yang baik agar usaha warung bakso yang anda miliki semakin berkembang. 

Selalu gunakan cara dan langkah yang tepat, jika anda melakukan perkembangan warung bakso yang anda miliki. Anda perlu juga mempekerjakan karyawan yang baik, ramah sehingga anda dapat memperkembangkan usaha warung bakso ini. 

8. Perdalam Komunikasi Kepada Para Pelanggan Dengan Ramah

Jika bakso yang anda jual sangat enak dan lezat, tetapi para pelanggan tidak ada yang kembali untuk membeli bakso lagi. Berarti hal itu biasanya terjadi saat anda melakukan pelayanan kepada para pembeli atau pelanggan.

Perlakukan pelanggan sebaik mungkin, ajaklah ngobrol dan berbicara seperti halnya anda sudah kenal. Kita juga ketika membeli sesuatu di warung makan, kita juga sangat suka dengan penjual yang ramah murah senyum daripada penjual yang pendiam.

Baca juga:  8 Bisnis Kerupuk Seribuan Beserta Cara Membuatnya

Jadi cara agar anda bisa menjadi pembeli sebagai pelanggan setia. Lakukan pelayanan secara ramah dan mudah diajak bersosialisasi. Pembeli juga akan merasa senang jika dilayani dengan ramah.

9. Lengkapi Warung Bakso Dengan Fasilitas

Tips yang terakhir ini juga perlu anda perhatikan, sebaiknya dalam warung bakso yang anda miliki memiliki fasilitas yang cukup. Seperti tempat cuci tangan, toilet, atau tisu diatas meja hal ini juga akan menambah daya tarik pelanggan dengan adanya fasilitas yang lengkap. Asal memiliki kebersihan serta kenyamanan yang baik.

Faktor Yang Membuat Usaha Bakso Tidak Laris

Banyak pula para penjual bakso yang akhirnya berhenti dan gulung tikar. Tentu saja karena penjualan mereka yang tidak laris. Nah, beberapa faktor penyebab jualan bakso tidak laris ini harus sobat hindari, antara lain :

Lokasi Penjualan Yang Kurang Tepat

Mungkin lokasi yang anda gunakan untuk berjualan tidak sesuai dengan strategi semestinya.

Rasa Bakso Kurang Pas

Saat anda melakukan proses pembuatan bakso anda perlu dicicipi terlebih dahulu rasa serta kuah bakso yang akan anda jual. Sehingga menghindari hal hal yang tidak diinginkan oleh pelanggan.

Harga Bakso Berlebihan Yang Mahal

Harga bakso yang berlebihan mahal juga tidak masalah jika rasa bakso yang anda jual enak dan pas. Maka, anda perlu berhati hati dalam proses pembuatan bakso tersebut.

Pelayanan Penjual kepada Pembeli

Jika pelayanan anda kepada pembeli buruk dalam melayani para pembeli maka, hal itu akan membuat mereka tak mau membeli kembali dagangan yang anda jual.

Nah, artikel diatas merupakan beberapa tips dan cara berjualan bakso agar cepat laris, dan beberapa faktor yang menyebabkan bakso yang anda jual tidak laris. 

Demikianlah penjelasan tentang tips berjualan bakso agar cepat laris dipasaran, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan salam sukses dari blog prayoga.id.

Tinggalkan komentar