7 Tips Membeli Laptop Baru Bagi Pemula, Wajib Kamu Ketahui!

Tips Membeli Laptop Baru Bagi Pemula – Laptop merupakan alat canggih yang bisa berguna untuk membantu melakukan suatu pekerjaan yang dapat mudah dibawa. Dan bisa dapat dioperasionalkan kapan saja dan dimana saja, laptop hampir sama seperti komputer akan tetapi komputer tidak bisa dibawa.

Dengan kemudahan dalam peningkatan kinerja dalam suatu pekerjaan ini bisa sangat terbantu dengan adanya teknologi yang satu ini. laptop juga sudah menjadi alat yang esensial di zaman digital seperti sekarang ini. 

Tips Membeli Laptop Baru Bagi Pemula

tips membeli laptop baru bagi pemula
tips membeli laptop baru bagi pemula

Sebelum kita masuk pada tips membeli laptop baru bagi pemula. Sobat perlu tahu, banyak sekali hal yang perlu anda ketahui, bahwa banyak sekali jenis laptop dengan harga serta spesifikasi yang berbeda beda. Hal tersebut bisa membuat anda bingung ketika akan membeli dan memilih laptop yang seperti apa. 

Laptop kini menjadi salah satu perangkat yang sangat penting, dan banyak orang yang ingin terburu-buru membeli laptop tanpa pikir panjang. Padahal ada beberapa tips ketika anda membeli laptop baru yang perlu diketahui agar tidak salah dalam memilih laptop.

Lalu, yuk simak bagaimana cara memilih laptop baru untuk anda yang pertama kali akan membeli laptop. Agar anda tidak salah dalam pemilihan, antara lain sebagai berikut :

1. Tentukan sistem operasi / OS 

Tips membeli laptop baru bagi pemula yang pertama adalah memperhatikan OS nya. Saat ini laptop hadir dengan beberapa OS yang sangat populer yakni, Windows, MacOS, dan chrome. Ketika kamu akan membeli laptop patika terlebih dahulu sistem yang terbaik sesuai dengan kebutuhan yang anda perlukan. 

Baca juga:  5 Tips Menjadi Model Pemula Good Looking & Good Attitude

Windows merupakan OS yang paling populer serta fleksibel. Dan laptop dengan OS windows ini memiliki berbagai macam harga mulai dari yang termurah hingga yang termahal. 

Windows MacOS adalah windows yang menawarkan fungsionalitas yang hampir sama dengan windows. Namun windows ini terbatas hanya bisa diakses dari Macbook saja. Lalu Chrome OS, chrome OS merupakan sistem operasional yang paling aman dan sederhana.

Hal ini menunjukan bahwa untuk anda yang menyukai sebuah kesederhanaan dan portabilitas yang lebih baik, kebanyakan windows ini digunakan pada pelajar.

2. Pilih jenis prosesor

Ketika anda akan membeli laptop, anda juga perlu bisa memilih prosesor yang sesuai dengan yang anda butuhkan. Jika anda membeli dengan tidak memperhatikan hal ini maka kamu tidak akan bisa menggunakan laptop untuk aktifitas yang berat di kemudian hari.  Jika kamu memaksa maka laptop tersebut akan lemot dan panas.

Maka, sangat direkomendasikan untuk memilih jenis prosesor dengan spesifikasi berikut ini :

  • Jika anda memilih produk intel, pilihlah produk prosesor yang generasi intel core i3. Jika anda menggunakannya untuk aktivitas yang berat. Yakni seperti bermain game maka, anda perlu memilih produk prosesor generasi intel core i5 atau i7.

Dengan pemilihan jenis prosesor tersebut, anda akan dapat merasakan kinerja laptop lebih cepat dari biasanya. Namun, jika bicara tentang harga prosesor tersebut ada di kisaran 3 juta hingga 4 juta rupiah dan untuk i5 biasanya diatas 5 juta.

Tentu saja, kebutuhanmu ketika membeli laptop ini hanya sekedar untuk menggunakan ms word, browsing, menonton film, mendengarkan musik atau aktifitas lainnya. Tentu spek ini juga perlu anda perhatikan saat akan membeli laptop. 

3. Kapasitas RAM

Tips selanjutnya adalah hal yang tak kalah penting dalam pemilihan laptop baru. Anda perlu mempertimbangkan kapasitas RAM yang ada, walaupun sederhana hal ini wajib sekali anda perhatikan.

Baca juga:  5 Tips Agar Kue Lapis Tidak Cepat Basi, Perlu Kamu Ketahui!

Walaupun laptop ini hanya berguna untuk pekerjaan seperti mengetik, browsing, menonton film, atau yang lainnya. Sangat direkomendasikan untuk memilih laptop dengan spesifikasi RAM minimal 4GB. Dengan laptop RAM 4gb tersebut sudah cukup ngebut untuk menjalankan sistem operasi windows 10 versi terbaru. Dan office versi 2019 ataupun 2021, dan software seperti adobe photoshop cs8 dan sebagainya.

4. Memilih GPU Grafis atau Card Graphic (VGA) Yang Terbaik

Dan tips yang ini juga bagi anda seorang pelajar, mahasiswa maupun karyawan kantoran. Ketika anda menggunakan laptop pada umumnya tidak ada aktivitas yang begitu berat.

Untuk anda yang memiliki laptop dengan spesifikasi processor minimal intel i3 ataupun AMD Ryzen 3 dan RAM 4gb DD4 sudah bisa dikatakan mampu guna untuk menunjang berbagai macam aktivitas ringan tersebut.

Walaupun memilih laptop dengan kelengkapan GPU atau Card Grafis tentu saja akan jauh lebih baik ketimbang tidak ada sama sekali. Atau bisa juga paling tidak memerlukan spesifikasi minimal VGA yang tertanam pada laptop tersebut sebesar 1GB DDR4 128 bit. Adapun tujuan dari pemilihan card grafis ini adalah untuk mendapatkan kualitas sebuah gambar dan video yang jernih.

Serta memiliki akses kelancaran kinerja laptop yang begitu cepat ketika anda membuka aplikasi yang membutuhkan sistem requirement yang tinggi. Akan tetapi jika anda menggunakannya untuk bermain game maka perlulah anda memilih spesifikasi GPU minim 2GB DDR4 256 bit.

5. Media penyimpanan data

Jika anda memiliki laptop dengan penggunaan yang proses loading lemot, dan transfer data yang lambat ataupun sebagainya. Maka, solusi guna untuk menyelesaikan masalah hal seperti tersebut adalah gunakanlah media penyimpanan SSD di laptop. 

Baca juga:  Perhatikan 5 Tips Belanja Di Pasar Klewer Solo Agar Dapat Barang Bagus Dan Murah

Penggunaan SSD pada laptop sangat direkomendasikan untuk pengguna windows 10 atau versi terbaru lainnya. Dengan adanya penggunaan SSD proses transfer data dan kinerja sebuah laptop akan lebih cepat 10x lipat daripada menggunakan hardisk.

Akan tetapi, harga dari barang tersebut 2x hingga 3 x lipat lebih mahal dibandingkan hardisk. Jadi ketika anda menginginkan kinerja laptop yang cepat, maka sangat direkomendasikan lebih baik anda menggunakan SSD sebesar 256 MB saja. Guna sebagai media penyimpanan. 

6. Pilihlah kapasitas Baterai Yang Besar

Tips yang satu ini tentu saja hal terpenting yang perlu anda perhatikan dalam pemilihan laptop. Yakni pemilihan kapasitas daya baterai yang tersedia, pilihlah baterai yang mampu bertahan selama 7 hingga 8 jam untuk pemakaian yang normal. 

Dan jika anda sering melakukan bepergian atau bekerja diluar, sebaiknya pilih laptop yang mampu bertahan hingga 8 jam. Walaupun ketahanan baterai laptop tergantung dari pemakaian. 

7. Pilih Desain Laptop Yang Bagus

Jika anda telah mengikuti tips diatas, tips yang terakhir ini sebenarnya tidak terlalu penting. Akan tetapi terkadang banyak orang juga yang banyak memilih model laptop yang dirasa bagus, terutama design yang elegan dan mudah dibawa kemanapun. 

Jika anda ingin membeli laptop usahakan pilih laptop dengan design yang slim serta minimalis. Yang memiliki ukuran layar tidak terlalu lebar antara 11 hingga 13 inchi. Dan selalu perhatikan ventilasi udara yang ada di laptop guna menghindari panas yang sangat berlebihan.

Nah, demikian beberapa tips cara memilih laptop baru untuk kamu yang pertama kali akan membeli laptop. Semoga tips diatas dapat bermanfaat dan salam sukses dari admin prayoga.id.

Tinggalkan komentar