7 Tips Memulai Budidaya Tanaman Hias Untuk Pemula

Tips Memulai Budidaya Tanaman Hias – Merawat dan membudidayakan tanaman hias adalah suatu hobi yang sangat digemari oleh para kalangan. Pada dasarnya juga merawat tanaman hias juga merupakan salah satu hal yang menyenangkan.

Aktivitas merawat tanaman hias ini juga sangat mudah untuk anda lakukan dirumah, apalagi anda membudidayakan tanaman hias ini. tentu saja bisa menjadikan peluang usaha yang cukup menjanjikan hasilnya. Untuk membudidayakan tanam hias ini juga anda tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu banyak. Dan usaha membudidayakan ini bisa anda mulai dari menanam, menyiram tanaman hias, membersihkan daunnya, mengatur pola tumbuh kembang tanaman hias ini. 

Tips Memulai Budidaya Tanaman Hias

Tips Memulai Budidaya Tanaman Hias
Tips Memulai Budidaya Tanaman Hias

Sebelum kita bahas tips memulai budaya tanaman hias yang benar. Dalam usaha membudidayakan tanaman hias ini juga memiliki banyak hal yang bisa anda tawarkan kepada para pelanggan atau para pecinta tanaman hias. Yang bisa anda tawarkan yakni mulai dari bibit tanaman hias, akar tanaman hias, hingga tanaman hias sendiri yang meliputi bunga, daunya, hingga batangnya. 

Apalagi seperti berkembang pesatnya teknologi digital seperti sekarang ini. Anda juga bisa mempromosikan tanaman hias yang anda miliki lewat sosial media yang anda miliki. Memulai bisnis tanaman hias ini sangat cocok sekali untuk anda yang belum pernah menjalankan sebuah bisnis, bahwasannya usaha yang satu ini tidaklah hal yang rumit.

Jika anda ingin memulai bisnis tanaman hias semakin lancar. berikut ini ada beberapa tips memulai budidaya tanaman hias berikut ini :

Baca juga:  5 Cara Membuka Usaha Toko Kelontong Kecil Kecilan (Untuk Pemula)

1. Perhatikan Memilih Jenis Tanaman Hias

Tips memulai budidaya tanaman hias yang pertama , saat anda akan menjalankan suatu bisnis tanaman hias ini. Yaitu anda perlu memilih jenis tanaman hias yang akan anda jadikan sebuah produk dagangan. 

Tanaman hias ini juga memiliki banyak jenisnya yang bisa anda pilih, yaitu ada jenis tanaman berdaun atau tanaman yang berbunga. Kedua jenis tanaman hias ini tentu saja sangat menguntungkan untuk anda yang ingin memulai bisnis usaha tanaman hias. 

Berikut ini jenis tanaman yang bisa kamu jual nanti, antara lain :

  • Bunga Anggrek
  • Janda Bolong
  • Lidah Mertua
  • Bunga Mawar
  • Sirih Gading
  • Bonsai
  • Palem Bambu
  • Kaktus
  • Bunga Melati

Nah, itulah beberapa jenis tanaman hias yang bisa anda gunakan ketika hendak memulai bisnis usaha tanaman hias ini. Atau anda bisa belajar dengan para ahli tanaman hias ataupun bisa juga anda mempelajari tentang tanaman hias ini melalui internet.

2. Kenali Kebutuhan Tanaman Hias yang Akan Dijual

Tips memulai budidaya tanaman hias yang kedua, anda perlu mempelajari apa saja yang akan dibutuhkan dan digunakan ketika hendak merawat tanaman hias. Dengan kebutuhan tanaman hias terpenuhi hal tersebut akan bisa membantumu guna untuk mengontrol proses budidaya tanaman tersebut.

Jadi jika anda melakukan perawatan yang benar dan tepat. Hal tersebut akan bisa mengurangi resiko kerusakan tanaman yang menyebabkan tanaman tidak layak untuk diperjual belikan. Maka, dari itu anda perlu belajar memahami, serta mengetahui tentang membudidayakan tanaman hias tersebut. 

3. Menyiapkan Modal

Jika anda memulai suatu usaha bisnis entah itu bisnis budidaya tanaman hias atau yang lainnya, tentu saja anda memerlukan modal. Modal yang akan anda keluarkan dalam bisnis usaha ini pun tidak begitu besar, anda hanya perlu menyediakan uang kisaran Rp. 2.000.000,-.

Baca juga:  Rincian Modal Ternak Puyuh Petelur 100 Ekor Untuk Pemula!

Modal awal budidaya tanaman hias ini kisaran Rp.1.000.000,- dan membeli peralatan sekitar Rp.1.000.000,-. Anda pun bisa memulainya dengan membeli peralatan secara bertahap jadi anda tidak langsung mengeluarkan uang yang banyak.

Untuk awal memulai bisnis usaha ini perlu anda mulai dengan memperjualkan tanaman hias ini pada media sosial yang anda miliki. Jika pelanggan online anda sudah banyak segera lakukan pemilihan lokasi yang strategis untuk berjualan tanaman hias.

4. Pilih Lokasi Berjualan yang Strategis

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa kunci utama kesuksesan dalam berbisnis tanaman hias adalah menentukan lokasi berjualan yang tepat. pilihlah lokasi yang ramai dan mudah dijangkau oleh calon pembeli. 

Jika anda belum bisa menentukan lokasi yang strategis atau tidak dapat tempat yang tepat. Anda bisa menggunakan tempat seadannya terlebih dahulu untuk anda jadikan sebagai lokasi penjualan sementara. Akan tetapi, anda juga harus bisa memperhatikan luas lahan yang akan digunakan untuk kegiatan usaha bisnis tanaman hias ini. karena, berbisnis tanaman hias memerlukan lahan yang cukup luas.

5. Membuat Strategi Pemasaran 

Setelah anda siap menawarkan produk tanaman hias ini dengan membuka toko jika anda sudah memiliki tempat yang strategis untuk berjualan. Pemasaran yang tepat mengenai tanaman hias yang perlu anda ketahui ialah anda bisa mempromosikan secara online.

Atau cobalah gabung dalam grup komunitas pecinta tanaman hias, agar anda juga dapat terlibat di lingkup orang yang minat atau pecinta tanaman hias. Atau cobalah pasang iklan di beberapa marketplace yang ada.

6. Ikuti Perkembangan Tanaman Hias

Pada nyatanya tak hanya memulai bisnis busana saja yang perlu mengikuti tren. Bisnis usaha tanaman hias ini juga perlu mengikuti tren tanaman hias sedang populer dikalangan para pecinta tanaman hias ini. sehingga anda dapat menyediakan  banyak tanaman hias yang sedang tren, sebab jika persaingan dalam berdagang tanaman hias ini tinggi. Akan tetapi permintaan minat dipasaran pasti juga akan meningkat, jadi anda perlu pintar pintar untuk mempromosikan tanaman hias ini.

Baca juga:  Barang Booming di Online Shop! Berikut 4 Contohnya

Tanaman hias yang sedang banyak disukai orang saat ini yakni antara lain sebagai berikut :

  • Monstera
  • Lidah mertua
  • Anthurium
  • Palem kuning
  • Cycads
  • Siklok
  • Peperomia Obtusifolia

Dan ingatlah pada saat proses penjualan anda perlu menjual produk yang sudah dewasa. Atau bisa juga anda menjual tanaman hias yang masih bibit selera para pembeli masing masing.

7. Coba Budidayakan Tanaman Hias Langka

Ada beberapa jenis tanaman hias yang tergolong langka yang bisa untuk anda budidayakan di Indonesia dan bisa anda jual dengan harga yang cukup tinggi, contohnya :

  • Anggrek Hitam Papua
  • Asoka Varigata
  • Bonsai
  • Sansevieria Ehrenbergii
  • Kadaka
  • Sansevieria Bagamoyensis
  • Star Sansevieria Kirkii

Jadi jangan ragu untuk membudidayakan tanaman hias langka ini. Meski membutuhkan perawatan khusus namun dengan harga jual yang tinggi pasti akan menguntungkan.

Jadi, untuk melakukan budidaya tanaman hias ini setidaknya ada beberapa tips dan hal yang harus Anda lakukan dan perlu anda perhatikan. Dan lokasi yang strategis untuk penjualan, mengikuti tren tanaman hias, membudidayakan tanaman hias langka, ataupun mempersiapkan modal yang cukup

Hal yang sudah tersebut diatas tentu saja wajib anda lakukan dan anda penuhi, bahwasannya akan mempengaruhi proses budidaya tanaman hias. Jika anda mencukupi semuanya tentu saja usaha yang sedang anda jalankan akan berjalan lancar dan dapat mencapai keuntungan yang menjanjikan. 

Demikianlah penjelasan tips membudidayakan tanaman hias yang tepat dan benar. Semoga artikel ini dapat bisa membantumu ketika akan memulai menjalankan usaha bisnis tanaman hias ini. Salam sukses dari admin blog prayoga.id.

Tinggalkan komentar