Ragam Manfaat

Ini Dia 5 Tips Jitu Agar Sapi Mau Minum Komboran

Tips Jitu Agar Sapi Mau Minum Komboran – Jika kamu seorang peternak hewan apalagi sapi, tentu saja dalam melakukan usaha bisnis ataupun memelihara sendiri. Tentu saja kamu sering mengalami berbagai masalah ataupun kendala yang ada akhirnya menuntutmu untuk segera mengatasi permasalahan ini. 

Terkadang permasalahan atau kendala itu jika tidak langsung diselesaikan maka akan berakibat sesuatu hal yang akan memperumit dengan adanya penularan penularan penyakit contohnya atau yang lain. 

Untuk kamu yang memiliki usaha ternak ada baiknya juga kamu perlu mengetahui atau memahami cara beternak yang baik. Dan salah satu pendukung ketika kamu memiliki usaha ternak adalah pemberian pakan yang benar benar memiliki kualitas yang baik serta memiliki kandungan nutrisi yang cukup.

Jika tidak kamu ketahui terlebih dahulu terkadang banyak sekali penyebab yang akan terjadi. Seperti halnya kondisi pada hewan tersebut. Tentu saja akan mempengaruhi kondisi kesehatan atau perkembangan pada hewan ternak sapi tersebut.

Tips Jitu Agar Sapi Mau Minum Komboran

Tips Jitu Agar Sapi Mau Minum Komboran
Tips Jitu Agar Sapi Mau Minum Komboran

Jika kamu mengandalkan makanan sapi hanya dengan hasil mengarit rerumputan, memberikan pakan sapi komboran sangat perlu sekali dilakukan. Bahwasannya komboran memiliki banyak kandungan nutrisi yang penting akan tetapi perlu juga didukung dengan bahan yang lainya.

Salah satu kondisi yang akan mengganggu kesehatan atau perkembangan hewan ternak sapi ini adalah keadaan dimana hewan ternak sudah makan dan minum. Lalu bagaimana cara mengatasi jika hewan ternak sapi tidak mau makan atau minum?? 

Baca juga:  Trust Issue Adalah: Pengertian, Penyebab dan Dampak

Simak pembahasan berikut ini yang bisa dilakukan oleh para peternak sapi di Indonesia.

Cara Mengatasi Sapi Yang Susah Minum, Dan Makan

Hewan ternak sapi yang susah minum dan makan, sebagai peternak yang baik maka kamu perlu memahami penyebabnya. Sehingga hewan ternak tersebut bisa segera diatasi.

1. Perhatikan Penyebabnya

Jika hewan ternak yang kamu punya memiliki masalah seperti susah makan dan minum, kamu perlu mengetahui dan memahami penyebabnya terlebih dahulu. Sebelum mengatasi permasalahan tersebut.

Ketahuilah sapi tersebut seperti itu karena faktor apa?? Apakah faktor internal yang berasal dari tubuh sapi??? Maka kamu perlu  dan mengecek mulutnya. Apakah hewan tersebut mempunyai luka pada mulutnya atau sekitaran mulutnya?? Kemudian kamu juga perlu mengecek sekitar perut sapi. Apakah perut sapi tersebut kembung atau yang lainnya.

Faktor tersebut bisa juga menyebabkan sapi susah makan atau minum. Faktor suhu udara juga bisa menyebabkan sapi tidak mau minum, bahwasannya pada suhu udara dingin sapi dapat bertahan tidak minum hingga beberapa hari.

Atau bisa juga saat peternak memberikan air minum, air minum tersebut terkontaminasi jadi sapi bisa merasakan rasa yang tidak enak pada air tersebut. Sehingga sapi tidak mau lagi untuk minum.

2. Jika Ada Yang Luka Segera Obati

Jika kamu sudah mengetahui penyebab pada hewan ternak sapi tersebut. Dan sapi tersebut memiliki luka segeralah obati, untuk memberikan obat juga kamu tidak boleh asal kamu perlu menggunakan cara khusus dan menunggu luka itu sembuh. 

Lalu ketika sapi memiliki luka, bagaimana cara kamu memberikan minum?? Kamu bisa memberikan minum pada sapi dengan cara menuangkan air pada mulut sapi.

3. Sediakan Air Yang Bersih 

Selanjutnya mulut sapi terluka biasa nya sapi akan lama untuk bisa minum sendiri. Maka sediakanlah air di dekat sapi agar sapi bisa melatih sendiri untuk meminum air dengan sendiri.

Baca juga:  9 Tips Memilih Souvenir Pernikahan Unik Dan Murah

Dan selalu perhatikan gerak gerik sapi jika sapi sudah mau minum sendiri berarti sapi sudah sudah sembuh.

4. Berikan Obat-Obatan 

Untuk kamu yang memiliki hewan ternak sapi kamu juga perlu sekali menyediakan obat obatan untuk hewan ternak yang kamu miliki. 

Contoh halnya sapi sering kembung perutnya, maka kamu perlu menyediakan selalu obat kembung untuk hewan ternak tersebut. Akan tetapi jika kamu memiliki keuangan yang cukup alangkah baiknya kamu menghubungi dokter hewan atau mantri hewan terdekat.

5. Perhatikan Lingkungan Sekitar

Hal terakhir yang perlu kamu lakukan adalah menjaga kebersihan lingkungan sekitar kandang ternak. Setelah kamu melakukan pengobatan berikutnya hal kebersihan sekitar perlu sekali kamu perhatikan guna untuk mencegah penyakit penyakit yang lain hinggap. Dan bisa mencegah penularan penyakit kepada hewan yang lainnya.

Jadi selalu berikan makanan dan minuman yang bersih dan steril.

Cara Membuat Pakan komboran Untuk Sapi

Resep dan Bahan :

  1. Ampas Kedelai
  2. Bungkil Sawit
  3. Ampas Ketela
  4. Brand Pollard
  5. Pelet Sapi
  6. Dedak Padi
  7. Tetes Tebu
  8. Garam
  9. Air Bersih

Langkah Pembuatan :

  • Pertama, kamu perlu menyediakan wadah atau baskom yang berukuran besar.
  • Kedua, masukkan seluruh bahan kedalam baskom, kecuali garam, tetes tebu, dan juga air.
  • Ketiga, kemudian aduk seluruh bahan sampai tercampur rata.
  • Keempat, siapkan wadah berukuran kecil yang berisi air, dan lalu masukkan tetes tebu secukupnya, lalu aduk.
  • Kelima, jika sudah, campurkan tetes tebu pada bahan komboran, dan aduk hingga tercampur rata.
  • Keenam, diamkan komboran selama -+ 10 menit
  • Ketujuh, selanjutnya masukkan air bersih dengan takaran sesuai bahan komboran tersebut.
  • Kedelapan, Selesai! pakan komboran sapi sudah siap untuk diberikan.

Cara Agar Sapi Mau Minum Komboran

Cara ampuh agar bisa membuat sapi mau minum komboran adalah dengan memberikan minum pakan komboran seperti yang sudah dijelaskan. Bahan dan cara pembuatan komboran sudah jelas tersebut diatas. 

Baca juga:  4 Tips Jitu Agar Pohon Jambu Air Berbuah Lebat Lebih Cepat

Lakukan proses pembuatan dengan benar dan agar sapi mau untuk meminumnya. Setelah kamu membuat komboran maka sediakan tempat kayu yang berbentuk seperti mangkok besar, atau bisa juga membuat wadah dari ember plastik. Yang kemudian kamu menuangkan komboran pada tempat tersebut.

Dekatkan tempat pakan tersebut didepan sapi, nantinya sapi akan mau minum komboran sapi dengan sendirinya. Lakukan seperti halnya kamu memberikan pakan pada sapi. Lakukan secara rutin agar sapi terbiasa untuk minum komboran tersebut. 

Manfaat Komboran Untuk Sapi 

Manfaat pada komboran sapi ini juga banyak sekali, bukan semata mata hanya memberikan minum makan pada umumnya. Akan tetapi komboran ini juga merupakan hal yang penting untuk sapi guna untuk proses tumbuh kembangnya sapi tersebut. 

Jadi beberapa manfaat komboran untuk sapi antara lain sebagai berikut :

  1. Komboran sapi memiliki kandungan nutrisi yang begitu banyak, dan mudah sekali diserap oleh pencernaan tubuh sapi. Guna meningkatkan daya cerna pakan
  2. Komboran juga bisa menjadikan kotoran sapi tidak berbau
  3. Dengan pakan yang sama maka, akan dihasilkan produksi yang lebih banyak
  4. Kualitas produksi pada sapi akan meningkat
  5. Adanya perkumpulan mikroba yang dipercaya bisa membantu pencernaan pakan dalam tubuh hewan ternak. 
  6. Bisa meningkatkan pertumbuhan yang lebih cepat sehingga bisa memproduksi lebih banyak. 
  7. Biaya pakan ini juga akan menjadi murah ketika ADG feed convertion ratio meningkat.

Demikian penjelasan tentang tips ampuh dan jitu agar sapi mau minum komboran. Semoga artikel diatas dapat membantumu dan bisa bermanfaat. Salam sukses dari blog prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button