Perhatikan 5 Tips Belanja Di Pasar Klewer Solo Agar Dapat Barang Bagus Dan Murah

Tips Belanja Di Pasar KlewerPasar Klewer merupakan pasar yang sudah menjadi pusat perbelanjaan yang sangat terkenal dan populer dikalangan masyarakat indonesia. Pasar klewer ini berlokasi di solo jawa tengah, pasar ini sudah menjadi tempat para wisatawan untuk membeli oleh oleh khas solo. 

Pasar tradisional ini terletak bersebelahan dengan Keraton Surakarta dan lebih tepatnya berada di pusat kota. Sehingga membuat para wisatawan mampir ketempat ini untuk membeli oleh oleh yang akan dibawa ke kota asal para pelancong wisata. Pasar klewer sudah sangat terkenal dengan penjualan barang barang yang dijual dengan harga yang murah. Maka, hal tersebut selalu ramai dikunjungi baik masyarakat sekitar maupun para pelancong wisata.

Tips Berbelanja Di Pasar Klewer Solo Jawa Tengah

Tips Berbelanja Di Pasar Klewer
Tips Berbelanja Di Pasar Klewer gambar : orami.co.id

Sebelum kita masuk pada tips belajar di pasar klewer. Perlu sobat ketahui, Pasar klewer memiliki 2 lantai dan mampu menampung ada lebih dari 1.300 pedagang, dengan jumlah kios yang tersedia mencapai 2 ribu kios. Pasar klewer ini tidak hanya sebagai pusat perekonomian untuk masyarakat sekitar, tetapi juga menjadi objek wisata yang ada di kota solo.

Barang yang dijual di pasar klewer ini meliputi kain batik, kerajinan tangan dan ada juga berbagai macam jenis oleh oleh khas jawa tengah.  Nah, untuk anda yang ingin berkunjung ke pasar klewer ini, sebelum anda pergi sebaiknya ketahui beberapa tips belanja di pasar klewer solo sebagai berikut : 

Baca juga:  10 Tips Agar Makeup Menempel Sempurna, Wajib Kamu Pahami!

1. Tips Tawar Menawar Jika Akan Membeli Produk

Jika anda sedang berkunjung di pasar klewer, hal yang perlu anda perhatikan adalah ketika akan membeli barang atau produk yang ada. Yaitu dengan tawar menawar kepada para pedagang.

Lakukan penawaran produk dengan setengah harga, dan lakukanlah negosiasi kepada pedagang dengan ramah. Apabila pedagang menolak penawaran anda yang setengah harga, anda bisa menaikan harga secara perlahan. Dan jangan lakukan penawaran secara ragu ragu. Patikan harga yang anda tawar telah disetujui oleh pedagang dalam target yang anda inginkan.

2. Gunakan Bahasa Jawa Halus Jika Bisa

Secara umum, masyarakat solo mayoritas menggunakan bahasa jawa untuk berkomunikasi sehari hari. Dan untuk anda jika menjadi pelancong wisata ke pasar klewer ini, tidak ada salahnya jika anda mempelajari bahasa jawa terlebih dahulu. 

Tidak perlu yang susah susah, hanya bahasa jawa yang sekiranya digunakan pada saat bertransaksi seperti : 

  • Pinten : Berapa
  • Mboten : Tidak
  • Nggih : iya

Kata tersebut biasanya sering digunakan untuk berkomunikasi saat berbelanja di pasar klewer.

3. Sedikit Jual Mahal Dengan Pedagang Di Pasar

Tips yang satu ini biasanya mudah sekali untuk menarik perhatian dan hati para pedagang. Tunjukan sikap yang terdengar angkuh padahal tidak hehe.. contoh halnya menunjukan sikap seolah olah pengunjung tidak tertarik dengan tawaran harga yang tinggi dari pedagang. 

Cobalah untuk sedikit menjauh ketika tawaran harga yang anda inginkan tidak disetujui. Atau tinggalkan ketika tawaran anda tidak disetujui oleh pedagang tersebut. biasanya para pedagang akan memikir ulang perihal harga yang telah anda tawar. Dan memanggil kembali pengunjung untuk kesepakatan harga yang telah ditentukan.

4. Berkenalan dengan Warga Kota Solo

Tips yang ini juga bisa anda manfaatkan ketika hendak berkunjung ke pasar klewer. Jika anda pengunjung yang berasal dari luar kota tidak ada salahnya juga jika anda berkenalan dengan warga lokal atau asli kota solo. 

Baca juga:  5 Tips Memakai Foundation Kryolan, Agar Makeup Lebih Sempurna!

Hal yang satu ini bisa membuat pengunjung mengenal beberapa tempat yang berada di kota solo. Dan dengan berkenalan dengan warga asli setempat juga bisa membantu menawar harga kepada pedagang saat anda berbelanja di pasar klewer. 

Nilai plusnya lagi jika anda memiliki keluarga yang singgah atau menetap di kota solo. Hal ini juga bisa mempermudah anda untuk berbelanja atau mengunjungi tempat tempat yang ada di kota solo. 

5. Perhatikan Banyak Produk Dan Spot Menarik

Lalu, Apa Saja Sih Tempat Yang Perlu Dikunjungi Ketika Kita berada di Solo?? Dan Ada Apa Saja Yang Di Jual Di Pasar Klewer ??

Nah, saking banyaknya barang atau produk yang dijual di pasar klewer. Yuk kita ulas beberapa produk yang ada di pasar klewer yakni sebagai berikut :

  • Kain Batik

Di Pasar klewer ini memiliki banyak produk yang terkadang membuat kita menjadi bingung. Mau beli apa?? Memilih yang mana?? Hmmmm

Tentu saja khas yang banyak kita temui saat berkunjung ke pasar klewer ini adalah kain batik. Kain batik ini mudah sekali anda temukan di pasar klewer baik batik solo maupun batik batik yang ada di seluruh indonesia. 

Bahan pada batik batik ini juga bervariasi, yani seperti katun, satin, sutra maupun yang lainnya. Salah satu produk yang sangat menarik perhatian ketika berada di pasar klewer ini adalah batik motif tulis, batik keraton solo. Dan ada pula batik motif cap, batik batik ini sangat mudah anda temui ketika berada di pasar klewer. Jadi tak perlu lagi ya untuk memiliki motif batik yang bagaimana. 

  • Aksesoris Pengrajin Dari Daerah Setempat

Aksesoris yang satu ini biasanya banyak menarik perhatian oleh ibu ibu rumah tangga yang sedang berkunjung. Bahwasannya aksesoris yang sering dibuat oleh pengrajin daerah setempat adalah pernak pernik serta peralatan dapur.

Baca juga:  5 Tips Agar Kue Lapis Tidak Cepat Basi, Perlu Kamu Ketahui!

Barang barang yang ditawarkan biasanya merupakan kerajinan khas yang dibuat oleh penduduk kota asli solo jawa tengah. 

  • Aneka Jenis Pakaian

Tak kalah jauh dengan batik, pasar klewer juga menjual berbagai jenis pakaian baik untuk anak anak, remaja, maupun dewasa. Mulai akai bati yang sudah jadi, baju OOTD bagi remaja, serta pakai tradisional khas dari jawa tengah.

Ada Pula beberapa kios yang menjual pakaian sekolah anak anak. Pada intinya semua jenis baju atau model baju bisa anda cari di pasar klewer ini.

  • Kemegahan Masjid Agung Surakarta

Tak kalah ramainya dengan pasar klewer, masjid agung ini juga menjadi tempat wisata yang sering dikunjungi oleh para pelancong wisata. Masjid agung surakarta ini terbilang begitu mewah serta kokoh letaknya pun tepat berada di depan pasar klewer tersebut. 

Jadi setelah anda berbelanja anda bisa melakukan ibadah di masjid ini ketika sudah tiba waktunya untuk sholat. Masjid ini juga bisa dibilang sebagai salah satu tempat yang bersejarah yang ada di kota solo. Masjid agung ini terbuka untuk umum kok. Baik untuk melakukan wisata maupun hanya sekedar berwisata religi.

  • Keraton Solo

Selanjutnya setelah masjid agung dan pasar klewer, keraton solo juga tempat yang perlu anda ketahui ketika berada di solo. Tempat yang satu ini sering sekali digunakan untuk acara kebudayaan, pada pasalnya keraton solo merupakan tempat yang bisa dibilang paling populer di kota solo.

Di Dalam keraton solo juga terdapat beberapa pusaka peninggalan masa lalu pada era penjajahan. Khas dari keraton solo ini adalah sekeliling bangunannya memiliki ukiran yang sangat indah dengan balutan cat yang berwarna putih.

Demikian lah beberapa tips berbelanja di pasar klewer solo yang perlu sobat ketahui dengan baik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan salam sukses dari blog prayoga.id.

Tinggalkan komentar