Youtube

Apa Itu VTuber, Platform dan Cara Menjadi Vtuber Bagi Pemula, Simak!

Mungkin banyak yang bertanya-tanya tentang apa itu vtuber dan cara menjadi Vtuber bagi pemula. Dalam beberapa tahun terakhir, industri hiburan virtual semakin berkembang pesat. Salah satu tren yang menarik perhatian adalah kehadiran Virtual YouTubers atau VTubers.

VTuber adalah karakter virtual yang diperankan oleh manusia yang menggunakan teknologi motion capture atau animasi 3D untuk berinteraksi dengan penonton melalui platform seperti YouTube atau Twitch.

cara menjadi Vtuber bagi pemula

Apa itu VTuber?

VTuber merupakan singkatan dari Virtual YouTuber. Mereka adalah karakter virtual yang dibuat dengan menggunakan teknologi motion capture atau animasi 3D yang diperankan oleh seorang manusia di balik layar. VTuber sering kali memiliki desain yang unik dan menarik, serta kepribadian yang menonjol. Mereka berinteraksi dengan penonton melalui streaming langsung, video rekaman, atau media sosial.

Setelah jelas mengenai apa itu vtuber, kita akan bahas dulu tentang platform atau software pembuat vtubing sebelum membahas cara menjadi Vtuber bagi pemula.

Platform untuk Membuat Vtubing

Ada beberapa perangkat lunak (software) dan platform yang dapat Anda gunakan untuk membuat VTubing. Berikut adalah beberapa contoh populer:

Live2D

Live2D adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat karakter 2D yang dapat dihidupkan dengan animasi. Anda dapat membuat ekspresi wajah, gerakan tubuh, dan lip sync dengan menggunakan Live2D. Beberapa VTuber populer menggunakan Live2D untuk membuat karakter virtual mereka.

FaceRig

FaceRig adalah perangkat lunak yang menggunakan teknologi motion capture untuk melacak gerakan wajah Anda dan mengaplikasikan gerakan tersebut pada karakter VTuber. Dengan menggunakan kamera, FaceRig akan menangkap ekspresi wajah Anda secara real-time dan menganimasikan karakter VTuber sesuai dengan gerakan tersebut.

VSeeFace

VSeeFace adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk VTubing. Ini memungkinkan Anda untuk membuat karakter VTuber 3D dan mengendalikannya menggunakan motion capture. VSeeFace juga mendukung pelacakan wajah, pengaturan ekspresi, dan fitur-fitur lainnya yang berguna dalam menciptakan konten VTubing.

Baca juga:  7 Cara Membuka Youtube Yang Dikunci Server, Wajib Tahu Ini!

VRoid Studio

VRoid Studio adalah perangkat lunak yang dikembangkan oleh Pixiv untuk membuat karakter 3D yang dapat digunakan dalam VTubing. Anda dapat mendesain penampilan karakter, termasuk rambut, pakaian, dan aksesori, dan kemudian mengekspor karakter ke format yang dapat digunakan dalam perangkat lunak VTubing lainnya.

Blender

Blender adalah perangkat lunak animasi 3D yang komprehensif. Meskipun tidak secara khusus dibuat untuk VTubing, Anda dapat menggunakan Blender untuk membuat karakter 3D, melakukan animasi, dan membuat lingkungan virtual untuk digunakan dalam VTubing.

MocapX

MocapX adalah plugin untuk perangkat lunak Blender yang memungkinkan Anda melakukan motion capture menggunakan perangkat smartphone yang kompatibel. Dengan menggunakan MocapX, Anda dapat merekam gerakan tubuh dan wajah Anda dengan smartphone dan mengaplikasikannya pada karakter VTuber di Blender.

Setiap perangkat lunak memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, serta tuntutan teknis yang berbeda. Pilihlah perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan Anda, tingkat keahlian, dan gaya VTubing yang ingin Anda ciptakan.

Cara Menjadi Vtuber bagi Pemula

Untuk menjadi VTuber, langkah-langkah yang perlu Anda ikuti bervariasi tergantung pada platform atau agensi VTubing yang Anda pilih. Namun, berikut ini adalah cara menjadi Vtuber bagi pemula yang dapat Anda ikuti:

Tentukan Platform atau Agensi VTubing

Cara menjadi Vtuber bagi pemula Pertama, tentukan platform VTubing yang ingin Anda gunakan atau apakah Anda ingin bekerja dengan agensi VTubing. Platform VTubing populer termasuk YouTube, Twitch, atau platform spesifik VTubing seperti Nijisanji, Hololive, atau VShojo. Jika Anda memilih bekerja dengan agensi, lakukan penelitian tentang agensi VTubing yang ada dan persyaratan yang mereka miliki.

Persiapkan Portofolio atau Audisi

Selanjutnya, cara menjadi Vtuber bagi pemula adalah persiapkan portfolio. Beberapa platform atau agensi VTubing mungkin mengharuskan Anda mengajukan portofolio atau mengikuti audisi. Portofolio biasanya berisi informasi tentang diri Anda, contoh konten VTubing yang telah Anda buat, dan alasan Anda ingin menjadi VTuber. Jika ada audisi, ikuti petunjuk yang diberikan dan siapkan materi atau presentasi yang diminta.

Baca juga:  101 Ide Konten Youtube Lengkap Bagi Pemula : Untuk Introvert, Tanpa Wajah, Modal HP

Buat Karakter VTuber

Desain dan buat karakter VTuber yang akan mewakili diri Anda dalam dunia virtual adalah cara menjadi Vtuber bagi pemula selanjutnya. Berikan perhatian khusus pada penampilan visual, kepribadian, dan keterkaitan dengan target audiens yang Anda inginkan. Pastikan karakter tersebut sesuai dengan konsep dan kepribadian yang Anda tentukan sebelumnya.

Siapkan Peralatan dan Perangkat Lunak

Pastikan Anda memiliki peralatan dan perangkat lunak yang diperlukan untuk VTubing. Ini termasuk kamera untuk merekam gerakan tubuh (motion capture) dan mikrofon berkualitas baik untuk merekam suara. Selain itu, pilih dan pelajari perangkat lunak VTubing yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti Live2D, FaceRig, atau VSeeFace.

Daftarkan Akun

Kunjungi situs web platform atau agensi VTubing yang Anda pilih dan ikuti cara menjadi vtuber bagi pemula yang ditentukan. Biasanya, Anda akan diminta untuk membuat akun dengan mengisi formulir pendaftaran dan memberikan informasi pribadi, seperti nama, alamat email, dan detail lainnya yang diminta.

Ikuti Panduan atau Pelatihan

Setelah mendaftar, Anda mungkin akan diberikan panduan atau pelatihan tentang cara menggunakan perangkat lunak VTubing yang terkait dengan platform atau agensi. Ikuti panduan ini dengan cermat untuk memahami cara menggunakan alat-alat yang tersedia dan menyesuaikan diri dengan persyaratan platform atau agensi.

Mulai Membuat Konten VTuber

Setelah semua persiapan selesai, mulailah membuat konten VTuber Anda. Buat video rekaman atau mulai melakukan streaming langsung sesuai dengan konsep dan kepribadian karakter VTuber Anda. Pastikan Anda menyertakan elemen interaksi dengan penonton, seperti membaca dan merespons komentar atau pertanyaan mereka. cara menjadi vtuber bagi pemula

Ingatlah bahwa persyaratan dan langkah-langkah yang tepat dapat berbeda tergantung pada platform atau agensi VTubing yang Anda pilih. Oleh karena itu, penting untuk merujuk ke panduan resmi platform atau agensi yang Anda pilih untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci tentang persyaratan dan proses pendaftaran yang spesifik.

Cara Kerja Vtuber

Setelah membahas cara menjadi Vtuber bagi pemula, kita bahas juga cara kerja vtuber. Vtuber melibatkan penggunaan teknologi untuk menciptakan karakter virtual yang dapat dihidupkan dan berinteraksi dengan penonton melalui platform seperti YouTube atau Twitch. Berikut adalah penjelasan tentang cara kerja Vtuber:

Baca juga:  19 Aplikasi Dan Cara Nonton Youtube Dapat Uang, Dibayar Sampai 250 ribu

Pembuatan Karakter

Tahap pertama dalam VTubing adalah membuat karakter virtual. Ini melibatkan desain karakter, termasuk penampilan visual, seperti penampilan wajah, rambut, pakaian, dan aksesori. Karakter dapat menjadi 2D atau 3D tergantung pada preferensi dan kemampuan teknis VTuber.

Motion Capture

Setelah karakter selesai dirancang, langkah selanjutnya adalah merekam gerakan tubuh VTuber. Ada beberapa metode yang dapat digunakan, termasuk penggunaan teknologi motion capture yang melibatkan penggunaan sensor khusus atau kamera yang melacak gerakan tubuh VTuber secara real-time. Metode lain yang populer adalah penggunaan teknologi face tracking untuk merekam gerakan wajah VTuber.

Animasi Karakter

Setelah gerakan tubuh dan wajah VTuber direkam, data tersebut diterapkan pada karakter virtual. Perangkat lunak VTubing yang digunakan akan mengolah data motion capture dan menganimasikan karakter sesuai dengan gerakan yang direkam. Ini mencakup gerakan tubuh, ekspresi wajah, lip sync, dan lainnya. Beberapa perangkat lunak VTubing memiliki fitur-fitur khusus untuk menyesuaikan dan mengatur animasi karakter. cara menjadi vtuber bagi pemula

Streaming dan Rekaman

Setelah karakter VTuber dihidupkan, VTuber dapat melakukan streaming langsung melalui platform seperti YouTube atau Twitch, atau merekam video yang akan diunggah kemudian. VTuber akan menggunakan perangkat lunak VTubing untuk mengendalikan karakter dan berinteraksi dengan penonton. Ini termasuk berbicara, bergerak, mengekspresikan emosi, dan menjawab komentar atau pertanyaan penonton.

Interaksi dengan Penonton

Salah satu aspek penting dalam VTubing adalah interaksi dengan penonton. VTuber akan membaca komentar atau pesan dari penonton dan meresponsnya secara langsung. Ini dapat melibatkan percakapan, memberikan saran, memainkan permainan, menyanyikan lagu, atau melakukan tindakan lainnya yang melibatkan karakter VTuber. cara menjadi vtuber bagi pemula

Pengembangan Konten

Seiring waktu, VTuber akan mengembangkan konten yang beragam untuk menarik penggemar dan mempertahankan basis penggemar yang ada. Ini dapat mencakup berbagai jenis video, streaming khusus, acara atau pertunjukan langsung, kolaborasi dengan VTuber lain, serta pembuatan merchandise dan produk terkait.

Penghasilan dan Monetisasi

VTuber dapat menghasilkan uang melalui berbagai cara, termasuk iklan di platform, donasi dari penonton, sponsorship dan endorsement, penjualan merchandise, dan keanggotaan berbayar. Dalam beberapa kasus, VTuber dapat menandatangani kontrak dengan perusahaan atau agensi yang mengelola karir dan kesepakatan komersial mereka.

Itulah pembahasan tentang apa itu Vtuber sampai cara menjadi vtuber bagi pemula yang mudah dan cepat menghasilkan uang.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button