Bisnis

Budidaya dan Cara Menanam Singkong agar Hasil Melimpah Ruah Bagi Pemula, Simak

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui tata cara menanam singkong agar hasil melimpah ruah. Singkong termasuk salah satu jenis umbi yang banyak dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Tak hanya bagus untuk orang dewasa, singkong juga baik untuk anak-anak.

Bila Anda memiliki lahan yang cukup luas, tak ada salahnya mengembangkan hobi bertani dengan menanam singkong tanah. Bila hasilnya melimpah ruah, tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri. Anda bisa menjualnya untuk mendapatkan cuan tambahan, di samping itu dapat membagikannya kepada sanak famili atau tetangga terdekat. cara menanam singkong agar hasil melimpah

cara menanam singkong agar hasil melimpah

Inilah Tata Cara Tanam Singkong yang Benar

Tata Cara Menanam Singkong agar Hasil Melimpah Ruah:

Tahap Persiapan Lahan

Tahapan awal dalam rangkaian penanaman singkong yang benar adalah menyiapkan lahan. Ada beberapa syarat ciri tanah yang baik agar singkong dapat tumbuh secara optimal.

  • Tanah lahan memiliki kandungan unsur hara dan organik yang tinggi
  • Tanahnya subur, gembur, tidak terlalu liat, cukup pasir
  • Memiliki tingkat keasaman pH yang normal antara 6,5 sampai 7,5
  • Lokasi lahan tanam mendapatkan sinar matahari yang cukup
  • Berada pada lokasi dengan curah hujan antara 1500-2500 mm per tahun
  • Kelembaban tanah berada pada angka 60 sampai 65%

Setelah mengerti tentang syarat tanah yang baik untuk budidaya singkong, berikut ini akan dijabarkan langkah-langkah dalam proses persiapan lahannya.

Baca juga:  15 Cara Memulai Bisnis Rempah-rempah yang Cepat Sukses, Simak Yuk!

Proses Pembersihan Tanah

Sebelum memulai untuk penanaman, permukaan tanah harus dibersihkan terlebih dahulu dari sisa tanaman seperti rumput liar dan gulma. Hal ini perlu dilakukan agar tanah terbebas dari beberapa faktor yang bisa menyebabkan gagal tumbuhnya benih singkong yang akan ditanam.

Proses Pemberian Campuran Kapur

Ketika tanah sudah bersih, Anda dapat mulai menambahkan beberapa kantong kapur pertanian. Pencampuran tanah lahan dengan kapur pertanian bertujuan untuk menjaga kondisi lahan tetap stabil sebelum dilakukan penaburan benih singkong. Tahap ini diperlukan untuk dapat menaikkan pH tanah sesuai dengan standar penanaman yang baik. cara menanam singkong agar hasil melimpah

Dalam prosesnya, tahapan pengapuran ini sebaiknya dilakukan 2 atau 3 bulan sebelum masa penanaman dimulai. Hal ini dibutuhkan untuk mengkondisikan tanah yang sehat dan layak dijadikan sebagai lahan tanam pembibitan singkong. cara menanam singkong agar hasil melimpah

Memilih Waktu yang Tepat untuk Sebar Benih

Meski singkong termasuk tanaman yang mudah beradaptasi, Anda tetap harus memikirkan waktu yang tepat untuk menanam benih. Menanam benih singkong di musim kemarau cukup baik karena singkong tak mudah lepas dari stek batangnya. Hanya saja, saat udara cukup kering, Anda harus rajin memberikan air untuk mencegahnya mati karena kurang hidrasi.

Menanam singkong di musim hujan juga baik dilakukan karena tanah tetap lembab dan mudah ditanami. Meski begitu, Anda tetap harus selalu melakukan pengecekan lahan dan benih saat mengikuti langkah dan cara menanam singkong agar hasil melimpah ruah seperti espektasi.

Persiapan Lahan dengan Membajak Tanah

Sebelum proses penanaman singkong, ada baiknya Anda membajak lahan yang akan ditanami. Anda dapat mencangkulnya sebanyak 1 sampai 2 kali sebelum proses tanam dilakukan. Pastikan kedalaman cangkul sekitar 20 sentimeter, kemudian ratakan kembali.

Setelah pembajakan selesai Anda dapat membuat bedengan untuk penanaman singkong. Ukuran bedeng disesuaikan dengan lahan dan jarak yang memungkinkan singkong tidak berdempetan. Setelah bedeng dibuat, Anda bisa menutupnya dengan membuat pagar di antara tepi lahan dengan ukuran 1x25x40 centimeter. cara menanam singkong agar hasil melimpah

Baca juga:  Panduan Bisnis Mainan Serba Seribu Untung Jutaan

Pinggiran lahan yang akan ditanam sebaiknya juga dibajak secara keseluruhan agar dapat dijadikan tempat pembuangan air. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada genangan air saat musim hujan tiba. Genangan air  saat proses pertumbuhan tidak akan baik untuk tanaman singkong.

Proses Pembuatan Lubang Tanam

Persiapan lahan telah selesai, saatnya Anda membuat lubang tanah pada media tanam yang ada. Tata cara menanam singkong agar hasil melimpah ruah ini perlu dilakukan sesuai tahapan. Lubang tanam untuk stek batang singkong sebaiknya diberi jarak 1×1 meter untuk batang singkong yang berjumlah 60 ikat. Anda bisa lanjutkan sesuai dengan kelipatan benih singkong yang akan ditanam.

Tahap Menaburkan Herbisida

Salah satu obat tanaman untuk singkong adalah herbisida. Tambahkan pada pupuk agar tanaman singkong terhindar dari gulma dan rumput  pengganggu. Proses tabur herbisida ini dapat dilakukan setelah 3 hari dari proses tanam batang singkong selesai dilakukan.

Tahap Pemilihan Bibit Singkong

Proses pra tanam persiapan lahan sudah selesai, kini saatnya memilih bibit singkong untuk ditanam. Ada beberapa ciri-ciri yang bisa Anda jadikan patokan untuk memilih bibit unggulan singkong.

  • Bibit berasal dari indukan yang sudah cukup tua, berusia antara 10-12 bulan
  • Memiliki batang yang besar dan mata tunas yang rapat
  • Kondisi batangnya sehat dan kuat, tidak pernah terserang penyakit atau hama
  • Batang singkong berkayu dan berdiameter antar 1,5 sampai 2 centimeter
  • Tidak ada pertumbuhan tunas baru dalam batang yang akan dijadikan benih tanaman
  • Langkah yang bisa Anda ikuti untuk memilih bibit singkong unggulan antara lain sebagai berikut.
  • Pilih batang singkong yang tepat dengan memotong bagian bawah hingga tengah untuk stek singkong baru
  • Potong batang untuk stek dalam kisaran ukuran 20-30 centimeter
  • Anda bisa mengikatnya  per 20-30 batang stek sesuai dengan kebutuhan
  • Anda dapat membawanya secara bertahap ke ladang yang sudah siap ditanami oleh bibit stek singkong yang baru. cara menanam singkong agar hasil melimpah
Baca juga:  Cara Buat Akun Bisnis WhatsApp Terbaru Tahun 2023, Simak Lengkapnya Disini!

Tahap Penanaman Singkong dengan Teknik Stek Batang

Proses dalam penananam singkong perlu dilakukan dengan telaten dan tekun agar hasilnya tidak mengecewakan. Anda dapat memulainya dengan mengikuti beberapa instruksi di bawah ini.

Proses Menyayat Batang Stek

Sebelum ditanam, batang stek singkong perlu disayat terlebih dulu. Hal ini dilakukan untuk merangsang pertumbuhan akar di dalam tanah. Sayatan yang dibutuhkan sebanyak tiga buah. Buat agak memanjang dan merata pada ujung batang stek yang akan masuk ke dalam tanah.

Proses Memasukkan Batang Stek

Anda dapat langsung memasukkan batang stek singkong ke dalam tanah yang menjadi lahan tanam sedalam 5 centimeter. Sebaiknya penanaman setiap batang stek dilakukan pada 2 sisi di tepi gundukannya. Dengan demikian, dalam satu gundukan akan diisi oleh 2 batang stek aktif.

Proses Pengaturan Jarak Tanam

Jarak tanam sangat penting untuk pertumbuhan singkong yang maksimal. Dekatnya  jarak tanam akan membuat pertumbuhannya terhambat karena terlalu berdesakan di dalam tanah. Secara umum, jarak yang ideal untuk penanaman singkong berkisar 100-125 centimeter.

Selain pengaturan jarak, ada baiknya Anda menanam singkong dengan bentuk silang agar pertumbuhannya lebih cepat. Hal ini juga akan mempermudah sinar matahari sampai pada tanaman singkong. Tak hanya itu saja, proses tanam dalam lahan silang akan membantu untuk menjaga lubang tanah tetap stabil. cara menanam singkong agar hasil melimpah

Tahapan Pemanenan Tanaman Singkong

Bagaimana ciri-ciri tanaman singkong yang siap panen?

  1. Proses pertumbuhan daun bagian bawah sudah mulai menurun
  2. Warna daun singkong mulai menguning
  3. Banyaknya daun singkong yang rontok
  4. Intensitas pertumbuhan daun bagian bawah mulai menurun
  5. Untuk varietas Genjah, usia tanam sudah menginjak 6-8 bulan
  6. Untuk varietas Dalam, usia tanam sudah mencapai 9-12 bulan

Itulah beberapa cara menanam singkong agar hasil melimpah ruah serta cara memanennya. Selamat mencoba..

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button