Bisnis

Bisnis Agen Kuota Halal Atau Haram? Simak Penjelasannya!

Saya mendapatkan pertanyaan dari salah satu teman. Yakni bingung apakah bisnis agen kuota halal atau haram dalam islam? Kita akan coba bahas selengkapnya pada kesempatan kali ini.

Memang untuk menjalankan sebuah peluang usaha atau bisnis kita tidak boleh sembarangan. Terutama bagi kita yang muslim harus bisa memilih dan menjalankan bisnis yang halal. Agar rejeki kita berkah dan juga langgeng bisnis atau usaha yang kita jalankan.

Agen kuota menjadi salah satu pilihan bisnis menggiurkan. Apalagi internet sudah bisa diakses dari mana saja sampai daerah terpencil. Selain itu juga semua sudah serba online, jadi bisnis agen kuota bisa menghasilkan cuan yang besar.

Bisnis agen kuota ini menawarkan cuan atau keuntungan yang lumayan besar. Bahkan rata-rata adalah 10% persen dari harga modal atau harga grosir. Kalau kita sudah punya banyak pelanggan tentu saja bisa menghasilkan banyak uang dari bisnis yang satu ini.

Daftar Isi

Cara Bisnis Agen Kuota

Sebelum kita membahas bisnis agen kuota halal atau haram. Saya akan sedikit membagikan bagaimana cara menjadi seorang agen kuota agar menghasilkan uang. Barangkali diantara sobat ada yang berminat untuk mencobanya.

Caranya mudah sekali, sobat tinggal menjalin kerjasama dengan pihak tertentu. Kerjasama ini bisa dilakukan dengan pihak perusahaan operator langsung seperti telkomsel, indosat, three, xl dan yang lainnya.

Atau, sobat juga bisa menjalin kerjasama dengan beberapa distributor atau pedagang besar. Yang pasti carilah harga reseller pulsa yang miring agar bisa mendapatkan untung. Karena persaingan dalam bisnis agen pulsa ini sangat ketat sekali.

Baca juga:  Ini Dia 8 Jenis Usaha cocok untuk pemula di desa

Sobat bisa melakukan riset dari google mengenai harga kuota internet sekarang ini. Semuanya saling bersaing dari segi harga, kalau kalah murah ya kalah segalanya.

Setelah sobat mendapatkan mitra kerjasama barulah mulai melakukan bisnis agen kuota tersebut. Lakukan pemasaran sebaik mungkin agar memiliki banyak pelanggan.

Bisnis Agen Kuota Halal Atau Haram?

bisnis agen kuota halal atau haram
bisnis agen kuota halal atau haram

Oke, kita akan jelaskan mengenai bisnis agen kuota halal atau haram. Ini akan menjadi jawaban juga untuk sobat yang ingin mulai bisnis agen kuota.

Bisnis agen kuota adalah menjual kuota internet atau paket data dari berbagai operator di Indonesia. Dalam hal ini memanfaatkan selisih harga untuk mendapatkan keuntungan.

Bisnis ini bisa disebut halal karena beberapa hal, antara lain :

  • Bisnis agen kuota halal karena tidak melanggar undang-undang
  • Bisnis agen kuota halal karena tidak merugikan orang lain
  • Halal karena tidak melanggar peraturan agama islam
  • Halal karena produknya jelas
  • Halal karena fungsinya jelas
  • Halal karena nilainya jelas

Sampai disini sobat sudah ada gambaran kan mengenai bisnis agen kuota halal atau haram. Jadi jawabannya adalah halal selama kita lakukan dengan benar.

Ada beberapa orang yang mempertanyakan hal ini karena ragu dan takut kalau bisnis agen kuota adalah haram. Kenapa bisa begitu? Karena tidak berwujud atau tidak nampak fisik.

Meskipun tidak nampak secara fisik kuotanya segede apa. Namun nilainya jelas dan berbentuk digital. Jadi barangnya ada, namun didalam jaringan internet itu sendiri, meskipun tidak bisa dipegang secara fisik.

Sebagian mempertanyakan bisnis agen kuota ini halal atau haram karena menggunakan sistem downline didalamnya. Ya, melakukan markup harga kepada penjual dibawah kita. Sekilas mirip dengan MLM yang merugikan bahawannya.

Baca juga:  10 Cara Menjadi Blogger Pemula Gratis Dan Menghasilkan Uang

Namun jualan pulsa berbeda dengan MLM yang harus terus mencari penjual baru. Melainkan pulsa tersebut bisa dijual langsung kepada siapapun. Bukan bisnis ajak-ajak orang semata. Jadi menurut pendapat saya pribadi ini adalah halal. Lagi pula dalam agama memang diperbolehkan untuk melakukan mark up harga alias mengambil keuntungan dalam berdagang.

Tips Bisnis Agen Kuota Agar Halal

Namun didalam berbisnis kita juga harus menjalankan cara yang benar. Agar bisnis yang kita jalankan tidak menjadi haram dan dosa. Misalkan saja berbohong masalah harga, memanipulasi data dan kecurangan yang lainnya.

Kita harus berlaku jujur apa adanya agar lebih berkah dan halal. Bagaimana kalau kita tidak bisa jujur masalah harga beli dan harga jual? Ya bilang saja “ini rahasia perusahaan”, jangan mengarang-ngarang harga demi mendapatkan banyak keuntungan.

Meskipun jualan barang halal, kalau caranya salah bisa menjadi haram. Misalkan saja dengan menipu pelanggan dan sejenisnya.

Contoh di zaman sekarang ini banyak yang masih awam tentang teknologi dan dunia internet. Tidak sedikit juga ada oknum konter yang menipu para pelanggannya demi keuntungan mereka sendiri.

Nah, sampai disini sudah jelas kan mengenai bisnis agen kuota halal atau haram. Semoga sharing dari admin kali ini bisa memberikan manfaat dan salam sukses dari admin blog prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button