Bisnis

Usaha Potensial Di Desa Dengan Modal Minim

Usaha potensial di desa tak hanya ada satu macam saja. Ada banyak jenis usaha yang cocok meski lokasi tersebut adalah pedesaan yang notabene sangat terbatas akomodasinya.

Namun jangan salah, justru dengan memiliki usaha di desa, akan sangat membantu penyediaan kebutuhan masyarakat desa. Nah, ulasan ini akan membahas beberapa usaha yang memiliki potensi dan peluang yang bagus untuk masyarakat pedesaan.

Jenis Usaha Potensial Di Desa  

usaha potensial di desa
usaha potensial di desa

Desa merupakan definisi tempat yang masih asri serta dengan penduduk yang  ramah dan memiliki tingkat toleransi yang tinggi. Tak seperti di kota, para penduduk desa berasal dari sekolompok orang yang hidupnya mandiri dan tak bergantung pada teknologi tinggi.

Meskipun banyak desa yang maju teknologinya, tetap saja penduduknya membumi dan berpegang teguh pada tradisi serta budaya turun temurun.

Tak bisa dipungkiri lagi kalau desa memberikan kontribusi besar dalam menyanggah perekonomian nasional. Tambah lagi akhir-akhiri ini pemerintah mencanangkan program pembangunan desa. Hal ini adalah strategi perbaikan sektor ekonomi.

Bukan itu saja, para pemuda yang telah menyelesaikan pendidikannya di kota sekarang lebih memilih kembali ke desa. Kembalinya para sarjana ini mampu menggerakkan roda ekonomi di desa.

Pasalnya mereka membangun usaha berbekal ilmu yang sudah mereka pelajari. Mereka pun membidik usaha yang potensial di desa serta berpeluang besar. Beberapa peluang usaha tersebut seperti:

Baca juga:  7 Tips Memulai Budidaya Tanaman Hias Untuk Pemula

1. Usaha Potensial Di Desa Yakni Membuka Warung Sembako

Warung sembako merupakan usaha yang tak ada matinya apalagi di desa. Mengapa demikian, karena warung sembako bisa penyediaan bahan-bahan kebutuhan pokok. Hal ini membantu warga desa yang membutuhkan keperluan tersebut. Sehingga mereka tak perlu jauh-jauh ke kota terdekat untuk membelinya.

Hal yang harus Anda perhatikan dalam membuka warung adalah Anda harus pintar memilih kebutuhan yang benar-benar diperlukan warga desa. Selain itu perhatikan juga kualitas bahan sembakonya. Sebagai pengusaha Anda harus mengecek kesegaran dan kemasannya.

Membuka warung juga salah satu usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Karena tidak perlu pengalaman dan pendidikan yang tinggi. Yang penting Anda memiliki kemauan dan modal yang cukup. 

2. Jualan Pulsa 

Menjual pulsa juga termasuk salah satu usaha potensial di desa. Pasalnya usaha ini tidak memerlukan modal yang besar. Meski modal kecil jualan pulsa dapat memberikan keuntungan yang besar.

Apalagi agen atau distibutor pulsa berbagai operator sudah tersedia hampir di semua tempat. Sobat juga dengan mudah menemukan distributor pulsa termurah di google. Sehingga tidak akan sulit untuk menemukannya. Keuntungan membuka usaha ini adalah pasarnya luas mulai dari masyarakat kelas bawah hingga kelas atas.

3. Jasa Pengiriman Atau Penitipan Barang Ke Kota

Saat ini jasa pengiriman atau penitipan barang ke kota merupakan usaha yang berpeluang besar terutama di pedesaan. Mengapa, karena barang yang berasal dari desa sudah mulai banyak peminatnya. Terutama yang berkaitan dengan souvenir, kerajinan tangan bahkan sampai makanan khas daerah pedesaan.

Usaha jasa pengiriman atau pengiriman barang ke kota juga merupakan usaha jangka panjang di desa. Apalagi bila Anda bisa mengelolanya dengan baik. Bukan tak mungkin usaha ini bisa berkembang dan meraup keuntungan berlipat ganda.

Baca juga:  Ide Usaha Makanan di Bulan Ramadhan 2023 yang Pasti Untung, Yuk Simak!

4. Mini Pom Bensin Termasuk Usaha Potensial di Desa

Membuka pom bensin mini juga usaha pontensial di desa. Pasalnya pom bensin sangat jarang ada di sebuah pedesaan. Padahal bensin merupakan kebutuhan untuk transportasi yang paling utama. 

Karena itu bila ingin membuka usaha di desa, cobalah usaha mini pom bensin ini. Kebutuhan modal untuk usaha ini pun besar karena bisa bekerja sama dengan Pertamina. 

Sama seperti warung sembako, usaha mini pom bensin ini bisa membantu masyarakat dalam penyediaan kebutuhan akan bensin. Dengan demikian usaha ini benar-benar memiliki peluang besar di pedesaan. 

5. Usaha Jualan Kue Tradisional Atau Makanan Khas Pedesaan

Jualan kue tradisional atau makanan khas suatu daerah atau desa berpotensi besar mendapatkan untung besar. Apalagi jika usaha kue tradisional atau makanan khas tersebut bisa merambah kota-kota lain.

Anda bisa mencari ide jualan makanan di desa yang bisa Anda kembangkan melalui bantuan mesin pencari di  internet. Atau bisa juga bekerja sama dengan warga desa yang bisa membuat kue tradisional. Lalu Anda bertindak sebagai pemasar produk kue tradisional tersebut dengan sistem online.

6. Membuka Bimbingan Belajar Untuk Anak Sekolah

Usaha potensial di desa lainnya adalah membuka bimbingan belajar untuk anak-anak sekolah. Meskipun mungkin prospek keuntungannya tak begitu besar seperti di kota, tapi usaha bimbel ini bisa membantu menambah pemasukan. 

Selain itu mengajar anak-anak merupakan pekerjaan mulia karena bisa membantu anak-anak memahami pelajarannya. Tak hanya itu, membuka bimbel akan membantu otak Anda tetap bekerja dan mengingat pelajaran yang telah Anda pelajari sejak kecil.

Modal usaha ini hampir tidak ada. Anda tak memerlukan buku karena materi bisa Anda dapatkan dengan mengandalkan mesin pencari. Atau bisa menggunakan buku paket / pegangan milik murid bimbel Anda.

Baca juga:  Barang Yang Cepat Laku Dijual Online, 6 Contohnya

Demikianlah 6 usaha potensial di desa yang bisa Anda coba. Ingatlah bahwa sebuah usaha tidak bisa langsung berkembang instant. Anda perlu melakukannya langkah demi langkah dengan penuh kesabaran dan kerja keras. Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog cara menghasilkan uang dari internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button