Bisnis

Ini Dia 8 Jenis Usaha cocok untuk pemula di desa

Usaha cocok untuk pemula di desa – Tidak sedikit yang mengira kalau bekerja di pedesaan tidak akan berhasil. Padahal, jika melihat potensinya akan ada banyak peluang usaha yang bisa dikembangkan. Bahkan ada juga usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan yang potensinya juga tidak bisa dipandang sebelah mata. 

Bagi pemula yang baru datang dan ingin membuka usaha di pedesaan, akan merasakan kesulitan ketika  mendirikan usaha dan jasa. Tapi, jika jeli melihat sedikit peluang,  akan ada banyak jenis usaha yang bisa memberikan keuntungan yang melimpah. Apakah jenis usaha tersebut? Berikut ulasannya. 

Usaha Cocok untuk Pemula di Desa

Usaha cocok untuk pemula di desa
Usaha cocok untuk pemula di desa

Memang tempatnya ada di desa, namun jangan salah! Pedesaan menyimpan potensi keuntungan besar yang tersembunyi. Ada berbagai macam usaha yang bisa dijalankan di desa. Berikut contoh jenis usaha tersebut yang bisa dicoba ketika berada di desa. 

1. Usaha Membuka Warung 

Warung merupakan salah satu usaha cocok untuk pemula di desa. Usaha ini sangat tepat bagi pemula. Namun, sebelum memulainya sebaiknya mengetahui beberapa hal yang harus dilaksanakan terkait dalam membuka warung. 

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan agar usaha warung ini berjalan. Selama masih bisa menjaga kesimbangan antara harga dan kualitas, maka konsumen tidak akan pergi ke warung lain. 

Bukan hanya itu saja yang harus dilakukan. Ada hal lain yang harus diketahui, misalnya mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen, memberikan pelayanan yang baik, dan memberikan harga yang kompetitif. 

Baca juga:  Ketahui 10 Cara Kerja Bisnis Herbalife Ini Agar Untung Banyak

2. Usaha Warteg Atau Kedai Makan

Jenis usaha ini sudah menjamur di seluruh penjuru, sehingga bisa ditemukan dimana saja. Bukan rahasia lagi kalau setiap orang sangat suka makanan enak, lauk  banyak dengan harga yang murah. 

Warteg termasuk salah satu usaha cocok untuk pemula di desa yang menjanjikan yang akan memberikan keuntungan yang besar. Asalkan kedai makan tersebut mempunyai cita rasa makanan yang enak dan sesuai dengan lidah masyarakat sekitar. 

Pastikan saja memilih lokasi yang strategis dan membuat menu makanan yang menarik. Sehingga bisa menarik banyak pelanggan. Jangan lupa untuk memakai bahan baku yang segar agar bisa menghasilkan masakan yang enak dan lezat. 

3. Usaha Peternakan 

Peternakan merupakan salah satu usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Usaha ini bisa dimulai dengan peternakan hewan kecil, misalnya saja ayam. Alasannya adalah harga ayam masih terjangkau dibandingkan dengan kambing atau sapi. 

usaha ini juga termasuk usaha menjanjikan. Mengingat harga telur ayam kampung lebih mahal dibandingkan dengan telur ayam ras. Bahkan ada banyak orang yang lebih memilih daging ayam kampung dibandingkan dengan ayam ras. 

4. Usaha Pangkas Rambut

Pangkas rambut termasuk usaha yang cocok untuk anak muda, meskipun termasuk pemula di pedesaan. Perlu diketahui kalau sebagian besar orang desa tidak memiliki keahlian dalam memangkas rambut. 

Sebelum memulai untuk membuka usaha ini, lakukan penyelidikan kecil-kecilan untuk mengetahui seberapa banyak usaha pangkas rambut di desa tersebut. jika saingannya tidak terlalu banyak, maka akan terdapat peluang besar untuk membuka usaha potong rambut. 

5. Membuka Usaha Servis Peralatan Elektronik

Kebanyakan setiap rumah di pedesaan memiliki alat elektronik. Minimal mereka mempunyai televisi, kulkas, dan rice cooker. Tidak semua orang di pedesaan mahir dalam memperbaiki barang elektronik yang rusak. 

Baca juga:  6 Cara Ternak Ayam Modal 1 Juta, Cocok Untuk Pemula!

Oleh karena itu, membuka servis elektronik termasuk usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Pastinya usaha rumahan ini mempunyai potensi luas untuk memberikan keuntungan yang lebih besar. 

6. Perkebunan Hidroponik 

Berbeda dengan  kota yang mempunyai lahan yang terbatas, lahan di desa masih mempunyai halaman yang luas. Bahkan udaranya masih sejuk dan asri. Keadaan seperti itu bisa memberikan peluang untuk membuka usaha perkebunan hidroponik. 

Usaha ini tidak memerlukan modal yang besar, hanya perlu siapkan pipa yang dilubangi dan air. hasil dari perkebunan tersebut bisa dijual di perkotaan, dimana konsumennya rela membayar lebih mahal untuk tanaman tersebut. 

7. Usaha Produk Elektronik Dan Penjualan Pulsa 

Bukan hanya di perkotaan saja, masyarakat di pedesaan juga mulai banyak yang melek akan teknologi. Internet juga mulai masuk di pedesaan, sehingga meningkatkan penggunaan alat elektronik, misalnya smartphone. 

Pastinya mereka akan membutuhkan pulsa agar bisa terhubung dengan internet. Tenang saja, bisnis ini termasuk usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan karena tidak perlu keahlian khusus ketika membukanya. 

8. Membuka Jasa Jahit Baju 

Sedikit demi sedikit masyarakat di desa semakin bertambah seiring berjalannya waktu. Kebutuhan akan adanya pakaian juga akan semakin tinggi. Tidak ada salahnya membuka usaha jahit pakaian, karena usaha ini cukup menjanjikan. 

Apalagi mempunyai selera pakaian yang modern dan modis, yang lebih banyak disukai oleh kaum hawa. Adanya peralatan jahit yang tinggi akan membantu dalam menyelesaikan pesanan lebih cepat dan sesuai dengan kebutuhan konsumen. 

Sekarang tidak perlu takut lagi ketika tinggal di pedesaan. Apalagi ada referensi usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Ada banyak ragam jenis usaha lainnya yang bisa dicoba. Intinya jangan pernah takut untuk memulai usaha dan jangan takut rugi. Sehingga usaha tersebut bisa berjalan lancar.  Salam sukses dari blog cara menghasilkan uang dari internet.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button