Kerjasama Distributor Sembako, Begini Caranya !
Kerjasama Distributor Sembako – Dewasa ini, semakin banyak orang yang berusaha untuk menjalin kerjasama distributor sembako. Meski secara sekilas usaha sembako tampak sepele, tetapi fakta di lapangan justru membuktikan yang sebaliknya.Â
Berjualan sembako mempunyai potensi perkembangan yang sangat menggiurkan. Hal ini dikarenakan sembako merupakan kebutuhan pokok manusia, sehingga permintaannya cenderung tinggi dan stabil. Peluang usaha yang satu ini bisa laku setiap hari karena memang selalu dibutuhkan.
Keuntungan Kerjasama Distributor Sembako
Saat akan membuka usaha sembako, maka keberadaan distributor menjadi salah satu bagian yang sangat penting. Sebagai tempat kulakan, distributor sembako akan memberikan berbagai keuntungan, seperti:
1. Barang Pesanan Lebih Beragam
Sebagai pihak resmi yang terhubung langsung dengan pabrik, tentu distributor mempunyai barang lebih lengkap. Kebutuhan mereka akan lebih diutamakan oleh pabrik, terutama dalam hal stock.
Dengan menjalin kerjasama dengan distributor, maka kesempatan warung untuk berkembang juga lebih besar. Bagaimanapun pembeli akan lebih menyukai warung yang menyediakan stok lengkap, karena tidak perlu pergi ke tempat lain.Â
2. Kemudahan Mendapat Barang
Saat stok di pasaran menipis atau langka, di sinilah akan sangat terasa manfaat kerjasama distributor sembako. Pemilik warung tidak harus berdesakan atau bersusah-payah untuk mencari barang, karena distributor akan dropping.
3. Pemesanan Lebih Cepat
Dibandingkan dengan pengecer, distributor pasti akan memprioritaskan agen langganannya terlebih dahulu. Keuntungannya, durasi pemesanan dan pengantaran barang pun bisa menjadi lebih cepat.
Apalagi kini sudah ada kemajuan teknologi, pemesanan barang bisa dilakukan hanya melalui ponsel saja. Begitu stok barang sudah menipis, pemilik warung bisa langsung memesan tanpa perlu menunggu sales dari pihak distributor datang.Â
4. Harga Lebih Murah Dengan Kerjasama Distributor Sembako
Saat kerjasama distributor sembako, maka agen akan bertindak sebagai tangan kedua. Alurnya, pihak distributor mendapatkan barang dari pabrik, kemudian langsung mengirimkan ke agen, tanpa ada perantara lagi.Â
Maka dari itu, rata-rata distributor akan mematok harga barang yang terbilang sangat murah. Di sini, agen akan langsung mendapatkan harga dari distributor tersebut, tanpa ada biaya tambahan.
5. Keuntungan Meningkat
Bayangkan, apabila agen mendapat harga kulakan atau pembelian yang murah, tentu harga jualnya pun menjadi lebih terjangkau. Hal ini akan menjadi magnet tersendiri, sehingga semakin banyak pembeli yang datang untuk berbelanja.
Jika sudah demikian, keuntungan agen pun akan terus mengalami peningkatan. Kondisi tersebut juga sangat baik untuk perkembangan agen, baik dalam jangka pendek maupun panjang.Â
Cara Kerjasama Distributor Sembako
Dengan melihat berbagai keuntungan yang bisa diperoleh di atas, tertarik untuk membuka usaha sembako? Agar tidak salah pilih, berikut panduan untuk kerjasama distributor sembako yang terpercaya:
1. Cari Kontak Partner Untuk kerjasama Distributor Sembako
Langkah pertama untuk menjalin kerjasama tentu saja harus mempunyai nomor telepon pihak distributor terlebih dahulu. Biasanya, mereka rutin kunjungan ke agen-agen atau bertanyalah kepada driver yang mengirim barang. Sekaran ini juga ada google yang memudahkan kita dalam mencari informasi tersebut.
2. Cek Rekam Jejak
Untuk mendapatkan distributor yang terpercaya, jangan lupa menelusuri rekam jejaknya. Apakah mereka mengirim barang tepat waktu atau tidak, bagaimana dengan komunikasinya, dan lain-lain.Â
Cara paling mudah, yakni dengan bertanya kepada para agen yang juga bekerjasama dengan distributor sembako tersebut. Review seperti ini biasanya murni atas pengalaman di lapangan secara langsung.Â
3. Hubungi Pihak Distributor
Setelah melakukan dua langkah di atas, carilah distributor yang paling memenuhi kualifikasi. Selanjutnya, hubungi dan tanyakan informasi mengenai persyaratan untuk kerjasama distributor sembako.
Jika memungkinkan, bicarakan kerjasama tersebut secara tatap muka atau datang langsung ke tempat distributor. Langkah ini bertujuan agar tidak ada kesalahpahaman, baik mengenai minimum order maupun pembayaran.
Pasalnya, setiap distributor memiliki kebijakan dan peraturan berbeda, termasuk mengenai ketentuan retur. Hal seperti ini tidak boleh sampai terlewatkan, karena memengaruhi keberlangsungan agen.Â
4. Pertimbangkan Konsistensi Distributor
Meski distributor bisa memenuhi pesanan dengan baik, tetapi jangan sampai terbuai dan akhirnya lalai. Agen tetap harus mengevaluasi secara rutin, terutama dalam hal konsistensi pihak distributor.Â
Dalam dunia bisnis, kondisi naik dan turun adalah hal yang biasa dan lumrah terjadi. Namun, apabila sudah terjadi sampai berulang kali dan tidak ada perbaikan, tentu akan menimbulkan kerugian juga, bukan?
5. Cek Kualitas Sembako
Pengecekan kualitas barang tidak dilakukan saat awal akan kerjasama distributor sembako saja, tetapi secara kontinyu. Dengan begitu, agen akan mendapatkan barang berkualitas bagus setiap saat.
Apa gunanya memperoleh harga murah, tetapi kualitas barang masih saja dipertanyakan, bukan? Pembeli pun pasti akan kecewa dan akhirnya pindah ke tempat lain, karena kualitas yang tidak terjaga.
6. Perhatikan Pelayanannya
Carilah distributor yang menawarkan pelayanan jempolan. Bukan hanya dari segi kualitas dan konsistensi, tetapi juga komunikasi. Jika komunikasi lancar, permasalahan bisa teratasi dengan baik.
Misal, agen memesan suatu barang, tetapi stok sedang sulit. Distributor yang profesional akan berinisiatif untuk memberitahukan kepada agen mengenai kondisi tersebut. Bukan hanya sekadar janji, tetapi barang tidak kunjung datang.Â
Dengan menerapkan keenam langkah di atas, kerjasama distributor sembako akan lebih mudah terjalin. Selanjutnya, tinggal menjaga hubungan tersebut, agar bisa berjalan dengan baik dan saling menguntungkan. Terima kasih untuk sobat yang sudah berkunjung di prayoga.id.