Bisnis

6 Cara Usaha Warung Kopi Sachet Modal Kecil Untung Besar

Kali ini kita akan membahas cara usaha warung kopi sachet dengan modal kecil bisa mendapatkan untung besar. Bagi sobat yang kebetulan ingin mulai usaha warkop, silahkan simak pembahasan kali ini sampai dengan selesai.

Kopi adalah sebuah minuman legendaris, yang semua masyarakat Indonesia tahu. Bahkan hampir semua orang di dunia tahu apa itu kopi. Sobat juga pasti sering mendengar beberapa kata berikut ini :

Ngopi yuk,

Ntar malem ngopi dimana kita?

Mumpung libur nih, ayo ngopi-ngopi,

Pagi-pagi gini enaknya minum kopi dulu nih.

Ada jutaan orang yang setiap harinya mimum kopi, bahkan sudah menjadi hobi. Gimana kalau Anda mampu melayani 1000 orang saja, atau gak 100 orang saja setiap hari. Berapa keuntungan bisnis kopi yang didapatkan? Bisa jutaan rupiah setiap harinya.

Bisnis kopi merupakan salah satu peluang usaha menjanjikan saat ini. Namun untuk memulai bisnis kopi tidak bisa sembarangan, harus dengan metode yang tepat agar membuahkan hasil yang maksimal.

Cara Memulai Usaha Warung Kopi Sachet

cara memulai usaha warung kopi sachet
cara memulai usaha warung kopi sachet

Nah, kali ini kita akan membahas beberapa langkah atau cara memulai usaha warung kopi sachet. Yakni dengan modal yang relatif kecil namun berpeluang mendapatkan untung besar. Beberapa langkah tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Pilih Lokasi Warung Kopi Yang Strategis

Langkah awal yang mendukung suksesnya usaha warung kopi sachet adalah tempat yang strategis. Apalagi minum kopi ini identik dengan nongkrong dan bersantai.

Baca juga:  6 Cara Agar Video Tiktok FYP dan Banyak Like dan Rekomendasi Niche FYP, Simak Yuk!

Maka untuk memulai usaha warung kopi sachet. Anda perlu mencari lokasi untuk mendirikan warung kopi yang strategis, nyaman dan mudah dijangkau oleh banyak orang.

Lokasi-lokasi seperti dekat dengan alun-alun, atau tempat yang luas ditengah pusat keramaian menjadi solusi yang bagus. Apalagi warung kopi ini membutuhkan tempat untuk orang bisa lesehan, gelar tikar sambil nongkrong bareng teman-teman mereka.

Lalu, apakah usaha warung kopi bisa dilakukan dirumahan? Misalkan membuka warkop dirumah sendiri?

Jawabannya boleh-boleh saja, Asalkan Anda bisa mendesain warung kopi rumahan yang nyaman bagi para pengunjung. Membuat beberapa desain warung kopi minimalist dengan lampu-lampu yang menarik agar para pengunjung betah.

2. Persiapkan Modal Usaha Warung Kopi

Setelah Anda selesai memikirkan masalah tempat, Anda bisa mulai menyusun anggaran dana untuk memulai usaha warung kopi.

Berapa modal yang dibutuhkan untuk usaha warung kopi?

Sebenarnya usaha warkop ini bisa Anda mulai dengan modal kecil. Mulai dari 1 jutaan saja sudah bisa memulainya, apalagi jika Anda tidak perlu menyewa tempat untuk usaha.

Anda bisa perkirakan sendiri, harga kopi sachet cukuplah murah, rata-rata Rp1000,- sampai dengan Rp5000,- untuk 1 sahcet kopi.

Selain perhitungan modal membeli kopi, Anda juga harus memikirkan modal untuk membeli sarana dan prasarana yang diperlukan. Mulai dari gelas, piring, alat rebus air, kompor, gas dan yang lainnya.

Untuk modal alat diawal memang agak besar dana yang dibutuhkan. Namun setelah itu Anda hanya perlu modal untuk membeli bahan kopi dan juga makanan ringan saja.

3. Sajikan Rasa Kopi Terbaik

Jika Anda menemukan warung kopi yang selalu ramai pengunjung. Biasanya dikarenakan rasa sajian kopi di warung tersebut memang enak dan bikin ketagihan.

Baca juga:  8 Perbedaan Pemasaran Luring dan Bisnis Online, Wajib Tahu

Anda pasti bingung kan, padahal sama-sama membuat kopi. Hanya menyeduh kopi, namun membuat kopi sendiri dibandingkan dengan rasa kopi di warkop bisa jauh beda.

Inilah yang harus Anda cari, yakni rahasia menyeduh kopi yang enak untuk usaha warung kopi. Terutama gunakan air yang baru mendidih, lalu gunakan takaran kopi dan gula yang pas agar enak diminum.

Selain dari segi rasa, varian jenis kopi yang disediakan juga sangat penting. Anda bisa menyediakan berbagai jenis kopi berbagai merk, berbagai rasa, dan berbagai daerah asal kopi. Jika jenis sajian kopi di warung Anda lengkap, maka disitulah menjadi daya tarik tersendiri.

4. Memberikan Wifi Gratis Di Warung Kopi

Pernahkan Anda nongkrong di warung kopi dan mendapatkan fasilitas wifi gratis? Nah, disitu biasanya akan ada banyak anak muda yang sering mampir.

Ini adalah sebuah strategi pemasaran yang tidak boleh Anda tinggalkan. Yakni memberikan wifi gratis di warung kopi yang Anda jalankan.

Dengan adanya wifi gratis, banyak orang akan betah nongkrong di warkop Anda. Sebagian orang butuh wifi gratis saja, akan tetapi mereka tetap akan membeli kopi atau makanan di warkop Anda sebagai syarat bisa nongkrong dapat wifi gratis.

Untuk biaya wifi sendiri sekarang sudah banyak yang murah. 1 bulan seharga Rp300.000,- saja sudah mencukupi. Ibarat sehari Anda mengeluarkan modal Rp10.000,- untuk wifi namun bisa menarik banyak pengunjung.

5. Lengkapi Warung Kopi Dengan Makanan Ringan

Selain beberapa faktor diatas, faktor makanan ringan yang disediakan juga sangat penting. Jadi, Anda bisa melengkapi warung kopi tersebut dengan banyak jenis camilan.

Anda bisa menyediakan aneka camilan kerupuk, keripik, kemudian aneka gorengan yang masih hangat dan sejenisnya. Jika Anda mampu menyediakan banyak jenis camilan, selain menarik banyak pengunjung, juga memperbesar pemasukan warkop yang Anda kelola.

Baca juga:  14 Alasan Menjadi Pengusaha (Wirausaha) Yang Membuat Semakin Yakin

Jangan lupa juga kalau warung kopi ini sangat identik dengan yang namanya mie rebus. Jadi sediakan pula banyak varian mie rebus dan juga mie goreng untuk usaha warung kopi sachet yang Anda jalankan.

6. Lakukan Manajemen Keuangan Dengan Baik

Point terakhir ini menjadi poin paling penting yang tidak boleh Anda abaikan. Yakni lakukan pengelolaan keuangan dengan baik, karena inilah kunci kesuksesan usaha Anda.

Sebesar apapun usaha, seramai apapun usaha, kalau tidak bisa mengelola keuangan dengan baik maka tidak akan berkembang. Jadi Anda bisa mengatur keuangan sebaik mungkin mulai dari merapikan pemasukan dan pengeluaran.

Buatlah pembukuan keuangan, yang setiap hari mencatat pengeluaran, pemasukan, dan juga laba yang didapatkan. Jangan lupa untuk terus menyisihkan netto atau laba bersih usaha Anda. Guna mengembangkan usaha Anda lebih besar lagi kedepannya.

Oke sobatku, cukup sekian dulu sharing dari saya kali ini mengenai cara memulai usaha warung kopi sachet. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat dan salam sukses dari admin prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button