Cryptocurrency

5 Penyebab Kegagalan Investasi Crypto Pemula Yang Sering Terjadi

Kali ini kita akan membahas hal apa saja yang menjadi penyebab kegagalan investasi crypto. Agar sobat bisa menghindari hal tersebut di masa depan.

Banyak orang yang terjun ke dunia crypto karena tergiur keuntungan yang sangat besar. Sebagian berfikir bahwa inilah jalan untuk jadi cepat kaya.

Namun kenyataannya, sedikit sekali orang yang bisa sukses dari dunia crypto. Sebagian besar merugi dan bahkan banyak yang kehilangan seluruh aset mereka.

Kenapa bisa seperti itu?

Karena nvestasi crypto memiliki resiko yang sangat tinggi. Selain itu harus menggunakan strategi yang jitu dalam melakukannya. Jika tidak maka kita hanya akan membuang-buang uang saja tanpa menghasilkan apapun.

Penyebab Kegagalan Investasi Crypto

Kali ini kita akan membahas beberapa hal sering menjadi penyebab kegagalan investasi crypto. Hal tersebut antara lain sebagai berikut :

Tidak Melakukan Riset Sebelum Membeli Crypto

Hal pertama adalah tidak melakukan riset sebelum membeli sebuah aset crypto. Atau bisa juga sudah melakukan riset, namun tidak tahu cara memilih crypto yang bagus.

Ini sering terjadi di kalangan sobat kita investor crypto pemula. Mereka tidak sedikit yang asal beli karena tergiur berita dan juga iklan yang ada.

Tahu bagaimana cara riset aset crypto adalah modal utama yang harus dikuasai. Karena hanya dengan inilah kita bisa mendapatkan crypto potensial dan mendapatkan keuntungan.

Sobat bisa pelajari materi fundamental crypto yang sebelumnya pernah saya buat. Disitu ada 11 point penting dalam memilih crypto agar sobat bisa cuan di masa depan.

Baca juga:  Inskripsi Ordinal Bitcoin Melampaui 10 Juta, Membuat Ledakan Pada Adopsi NFT dan Token

Investasi Crypto Dengan Modal Uang Panas

Banyak sekali orang yang gagal dalam investasi crypto karena menggunakan uang panas. Yakni uang yang seharusnya digunakan keperluan lain namun digunakan untuk membeli crypto.

Misalkan saja, Anda memiliki uang 10 juta yang harusnya digunakan untuk melunasi hutang. Namun uang tersebut dibelikan aset crypto terlebih dahulu. Tujuan agar cuan secara cepat dan mendapatkan uang lebih.

Cara-cara seperti ini akan sangat mengganggu psikologi trading kita. Yang menjadikan kita gugup dan ingin segera jual crypto. Padahal investasi crypto tidak bisa kita paksa untuk segera cuan.

Menggunakan uang panas dalam investasi juga akan merugikan kehidupan sehari-hari. Misalkan saja uang kebutuhan dibelikan crypto terlebih dahulu. Kebayangkan apabila rugi atau rugpull akan berantakan urusan kita yang lainnya.

Salah Dalam Alokasi Dana

Strategi alokasi dana dalam investasi crypto menjadi sangat penting. Ini bertujuan untuk meminimalisir resiko dan memaksimalkan profit di masa depan.

Gunakanlah sebuah konsep yang bernama “jangan menaruh telur dalam satu keranjang”. Artinya jangan cuma terfokus dalam satu aset crypto saja. Namun bagilah dana Anda ke beberapa aset crypto yang terbaik.

Kesalahan alokasi dana yang lain adalah dalam cara beli. Yakni jangan menghabiskan uang dalam satu pembelian atau all in. Gunakan sistem cicil dengan membeli sedikit demi sedikit.

Menggunakan sistem cicil dalam crypto, misalkan bulan ini beli sedikit dan bulan depan beli lagi seperti itu. Sistem ini akan meminimalisir resiko dan untuk mendapatkan harga lebih murah ketika market turun.

Terkena Fud Dan Fomo

Salah satu penyebab kegagalan investasi crypto yang sering terjadi. Yakni terkena berita FUD, sebuah berita negatif yang membuat banyak orang menjual aset crypto mereka.

Baca juga:  Apa Itu Crypto Undervalue? Yuk Kenali Ciri-cirinya

FUD ini biasanya dibuat agar orang buru-buru menjual aset mereka. Dan sisi lain akan ada para whales yang siap membeli dalam jumlah besar dengan harga yang lebih murah.

Selain terkena fud, penyebab kegagalan investasi crypto yang lain adalah terkena Fomo. Yakni sebuah berita yang melebih-lebihkan aset crypto tertentu agar orang buru-buru beli.

Sobat harus bisa menyikapi dengan baik ketika menemukan FUD dan Fomo. Agar tidak terjebak dalam berita tersebut dan tetap melakukan analisa dengan baik.

Psikologi Trading Yang Buruk

Penyebab kegagalan investasi crypto yang lain adalah psikologi trading yang buruk. Misalkan saja memiliki sifat yang emosional ketika trading, tidak sabaran, ingin cepat untung dalam waktu singkat, tidak tenang dan sejenisnya.

Trading crypto pelu dilakukan dengan cermat dan juga hati-hati. Maka dari itulah diperlukan bagi kita untuk memiliki psikologi trading yang bagus.

Selain itu, investasi crypto membutuhkan waktu, makanya kita harus memiliki kesabaran yang lebih. Asalkan kita memiliki aset bagus dan sabar melakukan hold dalam beberapa tahun pasti akan membuahkan hasil.

Dengan menghindari beberapa hal diatas, Anda akan melakukan investasi crypto dengan lebih baik lagi mulai dari sekarang.

Baiklah sobat, sekian informasi yang dapat admin sampaikan kali ini mengenai beberapa penyebab kegagalan dalam investasi crypto. Semoga bisa memberikan manfaat dan salam sukses dari admin prayoga.id

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button