Ragam Manfaat

5 Cara Memakai Jas yang Benar dan Menampilkan Kesan Elegan Berkelas

Bagi pria terutama para ekskutif harus tahu cara memakai jas yang benar agar nampak elegan. Pakaian merupakan salah satu cara untuk mengekspresikan diri dan menciptakan kesan yang baik dalam berbagai kesempatan. Dalam dunia profesional, jas merupakan salah satu pilihan pakaian yang sering digunakan untuk menciptakan kesan elegan dan berwibawa.

Namun, tidak sedikit orang yang masih bingung tentang cara memakai jas yang benar. Artikel ini akan mengulas secara lengkap mengenai cara memakai jas yang benar agar Anda dapat tampil dengan percaya diri dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

cara memakai jas yang benar

Inilah Cara Memakai Jasa yang Benar

Berikut adalah beberapa cara yang harus Anda perhatikan saat memakai jas:

Memilih Jas yang Sesuai

Sebelum mempelajari cara memakai jas yang benar, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah memilih jas yang sesuai dengan bentuk tubuh dan acara yang akan dihadiri. Pilihlah jas dengan ukuran yang pas, tidak terlalu longgar atau terlalu ketat. Pilihlah juga bahan yang berkualitas agar jas terlihat lebih baik saat dikenakan.

Memilih Warna dan Model Jas

Warna dan model jas juga memiliki peranan penting dalam menciptakan tampilan yang sempurna. Pilihlah warna yang sesuai dengan warna kulit dan rambut Anda. Untuk acara formal, warna hitam atau abu-abu gelap umumnya menjadi pilihan yang aman.

Sedangkan untuk acara semi-formal atau casual, Anda dapat memilih warna-warna yang lebih cerah atau motif yang berbeda. Pilihlah juga model jas yang sesuai dengan bentuk tubuh Anda. Jas single-breasted cocok untuk tubuh yang ramping, sedangkan jas double-breasted cocok untuk tubuh yang lebih berisi. cara memakai jas yang benar

Baca juga:  Wajib Diketahui! FWB Adalah Jenis Hubungan Yang Beresiko

Memilih Kemeja dan Dasi yang Cocok

Setelah memilih jas, langkah selanjutnya adalah memilih kemeja dan dasi yang cocok. Pilihlah kemeja dengan warna yang kontras dengan warna jas Anda. Kemeja putih merupakan pilihan yang aman, namun Anda juga bisa memilih warna-warna cerah atau motif yang sederhana.

Pastikan kemeja Anda dalam keadaan bersih dan terliron dengan baik sebelum mengenakannya. Selain itu, pilihlah dasi yang sesuai dengan warna jas dan kemeja Anda. Pastikan dasi Anda diikat dengan rapi dan tidak terlalu longgar atau terlalu ketat.

Memakai Celana dan Sepatu yang Tepat

Selain jas, kemeja, dan dasi, celana dan sepatu juga merupakan bagian penting dalam tampilan yang elegan. Pilihlah celana yang serasi dengan jas Anda. Untuk jas formal, celana panjang dengan warna yang sama atau serupa dengan jas merupakan pilihan yang tepat. Jangan lupa untuk memakai ikat pinggang yang cocok dengan sepatu yang Anda kenakan. Pilihlah sepatu formal yang sesuai dengan warna dan gaya jas yang Anda pilih.

Perhatikan Detail Lainnya

Selain elemen-elemen utama seperti jas, kemeja, dasi, celana, dan sepatu, terdapat juga beberapa detail lain yang perlu diperhatikan dalam cara memakai jas yang benar. Beberapa detail tersebut antara lain:

Kerapihan

Pastikan semua pakaian yang Anda kenakan terlihat rapi dan terjaga. Periksa apakah jas, kemeja, dan dasi sudah terliron dengan baik, bebas dari kerutan atau noda. Pastikan juga semua kancing jas terpasang dengan benar dan kancing manset pada kemeja tertutup.

Panjang Lengan Jas

Panjang lengan jas memainkan peranan penting dalam tampilan yang proporsional. Pastikan lengan jas mencapai tulang pergelangan tangan dan menyisakan sedikit ruang untuk memperlihatkan manset kemeja.

Baca juga:  7 Tips Foto Di Pantai Yang Keren Dan Instagramable

Postur Tubuh

Perhatikan postur tubuh Anda saat mengenakan jas. Berdirilah tegap dengan bahu yang rata dan punggung yang lurus. Hindari membungkuk atau melipat tangan di dalam jas. Postur tubuh yang baik akan memberikan kesan percaya diri dan elegan. cara memakai jas yang benar

Aksesori Tambahan

Beberapa aksesori tambahan seperti dasi kupu-kupu, sapu tangan jas, atau pin jas dapat menjadi sentuhan yang menarik dalam penampilan Anda. Namun, perlu diingat untuk tidak berlebihan dalam penggunaannya. Gunakan aksesori dengan bijak dan sesuai dengan kesempatan yang Anda hadiri.

Cara memakai jas yang benar adalah langkah penting untuk menciptakan tampilan yang elegan dan berwibawa. Memilih jas yang sesuai dengan bentuk tubuh, memperhatikan warna, model, dan padanan dengan kemeja, dasi, celana, dan sepatu yang tepat adalah hal yang perlu diperhatikan. Selain itu, detail-detail seperti kerapihan, panjang lengan jas, postur tubuh yang baik, dan aksesori tambahan juga turut berperan dalam menciptakan kesan yang maksimal.

Gaya Memakai Jas yang Menawan untuk Tampilan yang Memukau

Jas adalah pakaian yang sering dihubungkan dengan kesan formal dan berkelas. Namun, jas juga dapat digunakan dalam berbagai gaya dan situasi yang berbeda. Dalam artikel ini, kami akan mengungkapkan lima gaya memakai jas yang bagus untuk menciptakan tampilan yang memukau dan bergaya. Dengan mempelajari gaya-gaya ini, Anda dapat menemukan variasi baru dalam memakai jas dan mengekspresikan kepribadian serta gaya pribadi Anda dengan percaya diri.

Gaya Klasik Formal

Gaya klasik formal adalah pilihan yang sempurna untuk acara-acara resmi seperti pernikahan, konferensi, atau acara black-tie. Padukan jas single-breasted dengan kemeja putih yang bersih dan dasi hitam yang elegan. Pilih celana panjang dengan potongan lurus dan sepatu oxford hitam. Tambahkan sentuhan akhir dengan sapu tangan jas putih dan pin jas yang sesuai.

Gaya Semi-Formal yang Santai

Untuk acara-acara semi-formal yang lebih santai seperti cocktail party atau acara malam, Anda dapat menggabungkan jas dengan gaya yang lebih santai. Pilih jas double-breasted dengan warna yang berbeda seperti biru navy atau cokelat. Padankan dengan kemeja polos atau motif ringan, dan lepaskan dasi untuk menciptakan tampilan yang lebih santai. Anda dapat memilih celana chino atau celana katun dengan sepatu loafers atau brogue yang sesuai.

Baca juga:  Cara Memakai Eyeliner untuk Mata Sipit ala Korea: Panduan Lengkap untuk Tampil Menawan

Gaya Kasual yang Trendi

Jas tidak hanya cocok untuk acara formal, tetapi juga dapat menjadi pilihan yang trendi untuk gaya kasual yang santai. Coba kenakan jas single-breasted dengan potongan yang lebih slim dan padukan dengan kemeja chambray atau polo shirt. Kombinasikan dengan celana jeans yang bagus dan sepatu suede atau sneakers yang stylish. Gaya ini sempurna untuk acara-acara santai seperti pertemuan teman atau acara malam yang kasual namun tetap terlihat berkelas.

Gaya Retro yang Berani

Jika Anda ingin tampil berbeda dan berani, cobalah gaya retro dengan jas yang memiliki potongan klasik namun warna yang mencolok. Pilih jas dengan warna cerah seperti merah, kuning, atau ungu. Padankan dengan kemeja berwarna netral atau motif retro yang berani. Lengkapi dengan celana yang serasi dan sepatu kulit dengan desain vintage. Gaya retro ini akan membuat Anda menjadi pusat perhatian dalam acara-acara tema atau pesta kostum.

Gaya Formal Modern

Terakhir, gaya formal modern adalah kombinasi dari kesan formal yang klasik dengan sentuhan gaya yang lebih kontemporer. Pilih jas dengan potongan slim-fit atau tailored-fit yang sesuai dengan bentuk tubuh Anda. Padukan dengan kemeja dengan warna atau motif yang sedikit berbeda untuk memberikan sentuhan modern.

Anda juga dapat mencoba dasi dengan warna atau pola yang mencolok untuk menambahkan accent yang menarik. Pilih celana dengan potongan yang ramping dan modern, seperti celana slim-fit atau celana cropped. Lengkapi tampilan Anda dengan sepatu formal yang stylish, seperti sepatu oxford atau sepatu monk strap.

Dengan mengikuti panduan-panduan tersebut, Anda dapat tampil dengan percaya diri dan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam berbagai kesempatan. Ingatlah bahwa penampilan yang rapi dan proporsional akan memberikan kesan yang baik kepada orang lain dan meningkatkan rasa percaya diri Anda sendiri. Jadi, mulailah praktikkan cara memakai jas yang benar dan nikmati hasilnya dalam penampilan yang elegan dan berkelas.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button